FaZe Clan Rekrut Atlet Esports Tuna Rungu Sekaligus Perempuan Pertama

Ia bernama Soleil Wheeler, alias Ewok, dan masih berusia 13 tahun.

FaZe Clan, organisasi esports yang terkenal dengan reputasi mereka di cabang-cabang game shooter kompetitif, baru saja mengumumkan perekrutan pemain baru yang cukup spesial. Pemain itu bernama Soleil Wheeler, alias Ewok, gadis berusia 13 tahun yang juga seorang tuna rungu. Ewok bergabung dengan FaZe Clan pada tanggal 28 Juli lalu, tak lama setelah final Fortnite World Cup kategori Duos selesai digelar.

Ewok bukan satu-satunya remaja muda yang direkrut FaZe Clan. Sebelumnya mereka juga merekrut H1ghSky1 yang berusia 12 tahun. Ewok juga menjadi atlet tuna rungu pertama sekaligus merupakan atlet perempuan pertama yang direkrut oleh FaZe Clan. Kehadirannya disambut gembira oleh para pemain FaZe Clan lainnya, salah satunya Ricky Banks (FaZe Banks) yang mengaku bahwa Ewok adalah pemain yang memberikan inspirasi.

Sebelum bergabung dengan FaZe Clan, Ewok telah bergabung sebagai Twitch Partner tuna rungu pertama. Ia tidak ikut bertanding dalam Fortnite World Cup, tapi dirinya sempat tampil dalam kompetisi amal Fortnite Celebrity Pro-Am di kota New York beberapa waktu lalu. Ewok berpasangan dengan penyanyi pop Jordan Fisher dalam acara tersebut dan berdua mereka berhasil mendapatkan hadiah senilai US$20.000 untuk disumbangkan ke lembaga amal yang mereka pilih. Karier Ewok di Twitch terhitung sukses, dengan lebih dari 200.000 follower. Ia juga pernah bermain dengan berbagai streamer besar, seperti Ben “DrLupo” Lupo, Tim “TimTheTatman” Betar, serta sang raja Twitch, Tyler “Ninja” Blevins. Ewok mulai melakukan streaming sejak kurang lebih 7 bulan lalu, dan salah satu video pertamanya adalah ketika ia berhasil mengeliminasi anggota tim Fortnite FaZe Clan, Thang “SpaceLyon” Phan. Kini mereka justru menjadi kawan satu organisasi.

Ewok (kiri) bersama Bugha, sang juara Fortnite World Cup | Sumber: Ewok

“Biasanya kami memberi kejutan pada para anggota baru, tapi malam ini kami mendapat kejutan berupa berita terbaik,” cuit FaZe Clan di akun Twitter resmi mereka, “Mari bergabung bersama kami menyambut perempuan pertama yang bergabung dengan FaZe Clan: Ewok.” Terlihat dalam video yang mereka unggah bahwa para anggota FaZe pun terkejut dengan kehadiran Ewok. Salah satu anggota FaZe menyebutnya sebagai pemain Fortnite perempuan terbaik yang ada di luar sana. Kemudian Ewok, melalui bantuan penerjemah bahasa isyarat, mengatakan, “Saya sangat gembira bergabung dengan FaZe. Kualitas orang-orang di dalam timnya, semuanya sangat mengagumkan di sini, jadi FaZe Up!”

Game bergenre battle royale seperti Fortnite sangat menuntut keahlian spasial yang tinggi, sebab perubahan visual atau audio sekecil apa pun bisa menjadi petunjuk akan keberadaan musuh di medan pertempuran yang begitu luas. Oleh karena itu kemampuan Ewok untuk tetap dapat bermain dengan baik meski tuna rungu benar-benar merupakan bakat yang spesial. Belum jelas apakah Ewok akan bergabung sebagai bagian dari tim kompetitif FaZe Clan ataukah sebagai streamer saja. Tapi yang mana pun hasilnya, Ewok adalah salah satu bukti bahwa pemain difabel pun punya kans bersaing di dunia battle royale.

Sumber: Ewok, FaZe Clan, Polygon