4 July 2022

by Glenn Kaonang

Facebook Mulai Uji Integrasi NFT, Dimulai dengan NFT di Ethereum dan Polygon

Di awal peluncurannya, Facebook hanya menerima NFT dari blockchain Ethereum dan Polygon, tapi dalam waktu dekat Solana dan Flow juga akan menyusul

Setelah dinanti-nanti, integrasi NFT di Facebook akhirnya datang juga. Product manager Meta, Navdeep Singh, menyampaikan kabar ini di Twitter, sekaligus memberikan bocoran tampilan fitur NFT di aplikasi mobile Facebook.

Seperti yang bisa dilihat, integrasi NFT ini menghadirkan tab baru berlabel "Digital collectibles" pada profil pengguna Facebook. Tampilannya secara keseluruhan tampak mirip seperti fitur NFT yang ada di Instagram, dan ini wajar mengingat Meta memang sengaja merancang agar pengguna bisa melakukan cross-posting NFT antara Facebook dan Instagram.

Untuk bisa memamerkan koleksi NFT-nya di Facebook, pengguna harus lebih dulu menyambungkan crypto wallet-nya masing-masing. Dari situ mereka bisa menambahkan NFT ke profilnya, atau membagikan NFT-nya sebagai posting standar yang dapat menerima reaksi, like dan komentar dari para pengguna lain. Untuk sekarang, fitur ini memang baru tersedia buat sebagian kecil kreator yang tinggal di Amerika Serikat saja, sama kasusnya seperti ketika integrasi NFT pertama datang ke Instagram.

Tampilan integrasi NFT di aplikasi Facebook / Meta

Persis seperti di Instagram, NFT yang dibagikan di Facebook akan secara otomatis menandai (tag) kolektor sekaligus kreator dari NFT-nya. Kalau mau, pengguna juga dapat membagikan koleksi NFT-nya sebagai stiker augmented reality (AR). Satu hal yang pasti, pengguna tidak akan ditarik biaya apa pun untuk membagikan NFT di Instagram maupun Facebook. Hal ini berbeda dari kebijakan yang dilakukan Twitter, yang mengharuskan pengguna menjadi pelanggan layanan berbayarnya jika ingin memamerkan koleksi NFT-nya sebagai foto profil.

Di awal peluncuran fitur NFT ini, Facebook hanya menerima NFT yang tersimpan di blockchain Ethereum dan Polygon saja. Kendati demikian, Facebook sudah berencana untuk segera menambahkan dua blockchain lain yang tak kalah populer di kalangan kreator dan kolektor NFT, yaitu Solana dan Flow (blockchain yang digunakan proyek NFT populer NBA Top Shot).

Integrasi NFT di Facebook ini tiba hanya sekitar dua minggu setelah bos besar Meta, Mark Zuckerberg, angkat bicara mengenai rencana-rencana ke depan Facebook dan Instagram seputar NFT dan ekosistem Web3 secara luas. Sayang sejauh ini belum ada informasi mengenai kapan integrasi NFT ini bakal tersedia untuk publik secara luas.

Sumber: Decrypt. Gambar header: Dima Solomin via Unsplash.