Dark
Light

Facebook Lakukan Uji Fitur ‘Unsubscribe’

1 min read
August 10, 2010

Facebook dikabarkan sedang melakukan uji fitur ‘unsubscribe’ yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pilihan opt-out notifikasi yang didapatkan dari pembaruan yang ada di halaman News Feed pengguna. Seperti yang dituliskan oleh AllFacebook, nantinya pengguna bisa berhenti untuk mendapatkan notifikasi dengan melakukan klik pada tautan teks ‘Unsubscribe’.

Jika sebelumnya pengguna yang memberikan komentar pada status relasi mereka atau menyukai konten tertentu dengan melakukan klik pada tombol ‘Like’ akan secara otomatis mendapatkan berbagai notifikasi dari status yang dikomentari atau dari konten yang Anda ‘Like’ tersebut, dengan pilihan ini, Anda bisa melakukan pilihan untuk berhenti mendapatkan notifikasi dari update yang terjadi pada status yang dikomentari atau dari konten yang Anda ‘Like’. Pilihan untuk ‘Unsubscribe’ ini akan muncul disamping tautan pilihan untuk ‘Comment’ atau ‘Like’.

Mendapatkan notifikasi dari berbagai konten yang disukai serta komentar dari status orang lain yang diberi komentar memang terkadang dibutuhkan, relasi ini membuat pengguna selalu update dan terikat akan berbagai informasi yang mungkin relevan dengan ketertarikan mereka atas suatu konten, ini pula yang menjadi salah satu kekuatan dari jejaring sosial seperti Facebook, yang membuat anggota didalamnya terikat satu dengan yang lain dengan mendapatkan notifikasi rutin, namun terkadang noise yang ditimbulkan oleh notifikasi seperti ini ada kalanya ingin diberhentikan juga.

Tidak semua pengguna mungkin akan senang jika fitur ini memang benar akan diterapkan Facebook, tapi bagi pengguna Facebook seperti saya, misalnya, akan cukup senang jika diberikan pilihan untuk memberhentikan notifikasi tertentu atas suatu update, apakah itu dari status atau halaman yang saya ‘Like’.

Sebagai contoh, misalnya ketika mengomentari status atau update dari relasi lain, terkadang tidak menyangka akan banyak juga yang berkomentar akan status tersebut, ketika terlanjur mengomentari konten tersebut maka notifikasi atas status ini akan selalu masuk akun Facebook kita, dan pilihan untuk berhenti dari notifikasi seperti ini adalah pilihan yang cukup menyenangkan, setidaknya bisa memberhentikan notifikasi dari koten yang kita ‘sesali’ telah diberi komentar atau kita sudah tidak memerlukan update lagi dari konten tersebut.

Fitur ‘Unsubscribe’ ini belum bisa digunakan oleh pengguna umum, tapi mari kita lihat apakah uji fitur ini akan meloloskan pilihan ‘Unsubscribe’ ini untuk bisa digunakan oleh pengguna umum. Bagaimana dengan pendapat Anda, apakah menurut Anda pilihan untuk menghentikan notifikasi ini adalah fitur yang berguna atau tidak?

Sumber: AllFacebook.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

‘Wajah’ dan Layanan Baru OgahRugi.com

Next Story

Desain Kaos Secara Online di Gravira.com

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut