Dark
Light

Facebook: Gratis, Sampai Kapan Pun!

1 min read
July 15, 2010

Kabar bahwa Facebook akan menjadi layanan berbayar pernah dan sampai kini masih muncul di publik, sampai-sampai ada groups khusus di Facebook yang anggotanya ‘mengancam’ akan meninggalkan layanan social network ini sebagai protes jika Facebook akan menerapkan sistem berbayar.

Namun berita itu kini ditepis dengan tegas oleh Facebook dengan mencantumkan keterangan bahwa layanan mereka akan gratis sampai kapan pun. Notifikasi atau keterangan ini muncul ketika pengguna pertama kali login ke layanan Facebook.

Di kotak isian pendaftaran akan muncul kalimat: ‘Gratis (Sampai Kapan Pun)’ yang secara jelas mengindikasikan bahwa Facebook tidak akan pernah menjalankan sistem berbayar untuk layanan mereka.

Sepertinya dituliskan oleh InsideFacebook, sebetulnya Facebook pernah juga mengumumkan lewat blog mereka pada tahun 2007, bahwa mereka tidak akan mengambil bayaran dari pengguna mereka. Namun, ternyata kabar tentang Facebook berbayar masih terus beredar dipengguna mereka.

Salah satu contoh kasus perpindahan layanan gratis ke berbayar adalah Ning, yang beberapa waktu lalu mengumumkan merubah sistem layanan mereka menjadi berbayar. Di dunia internet yang kebanyakan social network disediakan gratis, sistem berbayar tentu akan memunculkan kontroversi.

Apalagi jika kita melihat pengguna Indonesia yang sangat senang dengan yang namanya gratisan, kemungkinan besar mereka akan bereaksi jika Facebook menjadi layanan berbayar. Indonesia merupakan salah satu pangsa terbesar Facebook, pertumbuhan penggunaan mobile untuk akses Facebook juga sangat besar.

Disisi lain, meskipun pengguna Facebook banyak yang fanatik, tapi entry barrier untuk jejaring social tidak begitu besar, terutama di Indonesia, orang dengan mudah beralih dari satu layanan ke layanan lain sesuai trend yang ada, dan ini bisa jadi problem besar kalau Facebook jadi layanan berbayar, dengan pengguna hampir 500 juta orang, jumlah pengguna adalah salah satu ‘alat’ untuk menarik pengiklan.

Tapi Facebook sepertinya sudah nyaman dengan beberapa model bisnis mereka, Facebook Credits, Game dengan virtual product-nya serta pertumbuhan pengguna yang terus naik akan menarik bagi pengiklan, bahkan Facebook sendiri dikabarkan masih belum mempunyai rencana untuk IPO, yang berarti mereka punya banyak dana untuk mem-backup jalannya perusahaan.

Well, kini pengguna Facebook Indonesia bisa duduk tenang dan kembali meng-update status mereka, layanan Facebok akan tetap gratis, kecuali Facebook tidak malu untuk menarik statement mereka yang telah gembar-gembor untuk menyediakan layanan gratis sampai kapan pun.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

13 Comments

  1. Untuk versi bahasa Ingris juga sama, mencantumkan 'pengumuman' sejenis, tapi entah kenapa gw lebih suka frasa dalam bahasa Indonesia, lebih nendang 😀

  2. wahaha ga pernah notice ini gue. btw “pengumuman” ini muncul di versi bahasa indonesia doang atau global ya?

  3. Gw yakin facebook akan tetap gratis. Jelas, sebagian besar penggunanya akan kabur klau sampai berbayar.

  4. Yes I am Indonesian and proud of it. Your point is? I didn't ask “why is it in Bahasa Indonesia,” I asked if the announcement only appears on the Bahasa Indonesia or in other languages as well.

  5. ? I'm not reply to you. I just reply about Wiku: He said, the phrase is heard better in Indonesian, more kickin'. And I said, he said that because he's Indonesian.
    What's the matter with you? [you weird]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Jamess, E-Reader Buatan Lokal Pertama Di Indonesia

Next Story

Prediksi Dampak ‘Google Game’ Bagi Developer Game Lokal

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut