30 September 2021

by Galih

Event Ulang Tahun Genshin Impact Dihujani Caci Maki

Para pemain merasa kecewa dengan event yang digelar miHoYo.

Event ulang tahun atau anniversary dari sebuah video game biasanya dirayakan dengan meriah oleh publisher dan developer-nya. Apalagi untuk game sepopuler Genshin Impact yang meroket popularitasnya selama setahun belakangan.

Sang developer miHoYo sebenarnya telah mengadakan berbagai acara untuk para pemain merayakan ulang tahun pertama game mereka tersebut. Namun sayangnya apa yang diberikan miHoYo kelihatannya tidak sesuai dengan harapan para pemain yang mengakibatkan rating dari game-nya anjlok di Google Play Store.

Rating buruk ini memang diberikan oleh para pemain Genshin Impact yang geram karena hadiah in-game yang diberikan miHoYo selama event ulang tahun ini tidak signifikan. Para pemain merasa bahwa mereka telah menginvestasikan banyak uang dan waktu ke dalam game-nya, sehingga sudah selayaknya developer miHoYo memberikan hadiah atau bahkan kompensasi untuk para pemain yang membuat mereka sukses.

Image credit: miHoYo

miHoYo memang memberikan hadiah untuk para pemain yang login setiap hari selama seminggu. Namun hadiah in-game tersebut dirasa kurang menarik karena terlalu sedikit. Sedangkan event lainnya dilakukan di luar game seperti lomba desain kartu ucapan ulang tahun untuk Genshin Impact ataupun lomba cosplay.

Para pemain yang merasa marah pun membombardir rating dan review Genshin Impact di Play Store yang membuat rating game-nya kini berada di 2,8 (saat artikel ini ditulis) dan bahkan sempat berada di 1,8/5.  Para pemain juga meluapkan kekecewaannya di dalam kolom review game-nya.

Tidak berhenti sampai di situ, para pemain juga menyerbu ke berbagai akun media sosial milik Mihoyo dan Genshin Impact. Mereka juga menyerbu forum Reddit hingga channel Discord resmi Genshin Impact. Bahkan serbuan tersebut membuat para moderatornya melakukan ban kepada para fans yang melakukan komplain di dalamnya.

Para fans juga mengutarakan keluh-kesahnya tersebut di berbagai media sosial seperti Facebook dan juga Twitter yang bahkan sempat membuat miHoYo trending hingga 350.000 cuitan yang hampir semuanya berisi komplain terhadap hadiah event tersebut.

Para pemain tersebut juga merasa bahwa loyalitas mereka terhadap Genshin Impact selama setahun ini hanya digunakan oleh miHoYo sebagai bahan marketing untuk mendapatkan lebih banyak pemain baru. Tanpa adanya bentuk apresiasi kepada para pemain yang mampu membuat Genshin Impact menjadi game gacha paling populer saat ini.

Event ulang tahun Genshin Impact

Berikut adalah daftar lengkap dari event ulang tahun Genshin Impact, yang saya kutip dari laman resminya.

 

Event Web "Perjalanan Tak Terlupakan"

Waktu Event: 28 September - 12 Oktober

Hadiah Event: Primogem, Mora, Mystic Enhancement Ore, dan Hero's Wit

★ Selama event, Traveler dapat menonton teater anniversary mereka sendiri dan mengenang kembali momen-momen perjalanan di Dunia Teyvat; Setelah menonton, Traveler tidak hanya menerima hadiah telah menonton, tetapi juga dapat saling menukar hadiah seperti Primogem dan Mora dengan teman-teman. Cara Ikut: Tekan link yang dipublikasikan akun resmi kami pada 28 September.

 

Event Web "Pesan dari Waktu"

Waktu Event: 29 September - 7 Oktober

Hadiah Event: Blessing of the Welkin Moon ×1 Peluang Mendapatkan Hadiah: 10%

Mora ×100.000 Peluang Mendapatkan Hadiah: 90%

★ Selama event, Traveler dapat membuat kartu anniversary mereka sendiri untuk mengikuti undian berhadiah; Setelah event berakhir, kami akan secara acak memilih 10% pemenang dari semua Traveler yang berhasil mengikuti event dan memberikan Blessing of the Welkin Moon ×1 kepada mereka; Sisa Traveler yang tidak terpilih akan mendapatkan Mora ×100.000. Cara Ikut: Tekan link yang dipublikasikan oleh akun resmi kami pada 29 September.

 

Event Berhadiah untuk Membagikan Gambar Anniversary

Waktu Event: 4 Oktober

Hadiah Event: HP iPhone 13 Pro Max, bagikan setiap hari untuk mengikuti undian hadiah

Platform: Twitter, Facebook Cara Akses Event: Facebook/Twitter Resmi Genshin Impact

 

Event Anniversary Genshin Impact: Isi Kenangan Anniversary-mu

Waktu Event: 28 September - 7 Oktober

Hadiah Event: Primogem ×100 (1.000 pemenang)

Platform: Twitter, Facebook, HoYoLAB Cara Akses Event: HoYoLAB

 

Event Anniversary Genshin Impact: Ayo Main Tebak Kata

Waktu Event: 7 Oktober - 13 Oktober

Hadiah Event: Primogem ×100 (1.000 pemenang)

Platform: Twitter, Facebook, HoYoLAB Cara Akses Event: Facebook/Twitter Resmi Genshin Impact

 

Event Pengumpulan Cosplay "Janji Pertemuan Duniawi"

Waktu Event: 22 September - 20 Oktober

Hadiah Event: Primogem, Apple AirPods, Mouse Razer DeathAdder V2, dan Merchandise Seri "Fateful Gift" (Karakter Acak)

Platform: HoYoLAB Cara Akses Event: HoYoLAB

 

Event Pengumpulan Foto "Janji Pertemuan Duniawi"

Waktu Event: 1 September - 11 Oktober

Hadiah Event: Primogem, Miniatur Tema Paimon & Makanan (Satu set), Merchandise Bertemakan Trick-or-Treat Party (Karakter Acak), dan Langganan Discord Nitro selama 1 bulan

Platform: HoYoLAB Cara Akses Event: https://www.hoyolab.com/contribution/53

 

Event Pengumpulan Gambar "Janji Pertemuan Duniawi"

Waktu Event: 16 September - 17 Oktober

Hadiah Event: Primogem, Apple iPad 10,2", Apple Airpods, dan Merchandise Bertemakan Trick-or-Treat Party (Karakter Acak)

Platform: HoYoLAB Cara Akses Event: https://www.hoyolab.com/contribution/54

 

Event Pengumpulan Video "Janji Pertemuan Duniawi"

Waktu Event: 16 September - 17 Oktober

Hadiah Event: Primogem, Apple AirPods, Mouse Razer DeathAdder V2, dan Merchandise Bertemakan Trick-or-Treat Party (Karakter Acak)

Platform: HoYoLAB Cara Akses Event: https://www.hoyolab.com/contribution/55