Dark
Light

Event Report: Workshop Coding for Mobile Game Developer

1 min read
April 14, 2011

Hari Rabu kemarin, bertempat di Gedung Kompas Gramedia, Jl. Palmerah Barat No.29, Jakarta, diadakan acara yang bertajuk Workshop Coding for Mobile Game Developer. Acara ini juga menjadi bagian dari rangkaian acara Mobile Game Developer War yang acara puncaknya akan diadakan di Jakarta pada tanggal 31 Mei 2011.

Rangkaian acara yang disponsori oleh Nokia ini meliputi Mobile Game Developer Camp dan Mobile Game Developer War yang beberapa waktu lalu diadakan di Bandung, serta workshop yang diadakan di Yogyakarta dan Surabaya. Acara ini juga didukung beberapa pihak seperti CHIP serta Agate Studio.

Untuk acara workshop kali ini, CHIP menjadi tuan rumah dengan menyediakan ruangan yang tidak hanya dipenuhi oleh para peserta yang sebagian besar diisi oleh rekan-rekan mahasiswa dan mahasiswi, namun juga peserta dari kalangan perusahaan dan umum.

Meski saya sendiri terlambat hadir, namun dari materi yang saya dapatkan dari panitia, untuk workshop kali ini, para peserta diberikan materi studi kasus permainan sederhana, Pong Game untuk perangkat bergerak berbasis Java. Peserta diberikan materi yang disampaikan oleh Aditia Dwiperdana, Chief People Officer Agate Studio. Beberapa materi yang diberikan mulai dari pengenalan instalasi aplikasi, circle and drawing sequance, simple input and moving object sampai dengan game loop, simple collision detection and pong prototype serta pong with basic functionality. Workshop dibagi menjadi tiga sesi yang tentunya diselingi oleh makan siang dan coffee break.

Cukup menyenangkan melihat kurang lebih 123 orang yang menjadi peserta acara ini, yang sejauh saya lihat cukup antusias mengikuti rangkaian workshop sampai akhir acara, belum lagi jumlah peserta perempuan juga cukup banyak, hampir sama dengan kondisi yang saya lihat pada acara Mobile Game Developer Camp di Bandung beberapa waktu lalu, di acara kali ini, ketika Nokia membuka pendaftaran gratis untuk membuat akun di Ovi Store (Ovi Publisher Account), antusias peserta pun bisa terlihat, setidaknya dari antrian pendaftaran yang cukup panjang.

Masih ada beberapa rangkaian acara sebelum acara puncak akhir Mei nanti. Di Yogyakarta, Mobile Game Developer War yang akan diselenggarakan pada tanggal 19 April 2011 (info: jointsugm.com/JGE), Surabaya, tanggal 23-24 Mei 2011 berupa Mobile Game Developer Camp (info: suWec.com), Jakarta, tanggal 26-27 Mei 2011 berupa Mobile Game Developer Camp serta acara puncak, Mobile Game Developer Final War pada tanggal 31 Mei 2011 di Jakarta.

Setelah hadir di acara Game Developer War kemarin di Hotel Hilton Bandung, yang menghadirkan berbagai game berbasis Java yang sangat menarik (dikerjakan tidak lebih dari dua minggu), tentunya saya sendiri tidak sabar untuk menunggu acara puncak, yang menjadi final war para pemenang dari berbagai kota.

Mari kita tunggu rangkaian acara selanjutnya, bagi pembaca DailySocial yang tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, bisa menghubungi alamat kontak seperti yang tercantum di atas. Anda juga bisa menuju situs N.Ice untuk melihat liputan berbagai acara yang diadakan Nokia atau mencari informasi tambahan.

Disclosure: DailySocial adalah salah satu media partner acara ini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

3 Comments

  1. Awal mei di Jogja juga akan diselebggarakan Bootcamp Android di UGM.
    Namun saya belum dapat informasi resmi dari penyelenggara 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

PriceArea Kembangkan Layanan Pencarian Melalui Twitter

Next Story

PriceArea Develops Search Service Through Twitter

Latest from Blog

Don't Miss

Sambut Hari Gim Indonesia (HARGAI) 2024, Agate Akan Rilis Game Baru

Dalam rangka peringatan Hari Gim Indonesia (HARGAI) 2024, Agate International

Gelar TSA Game Fest, Agate Academy Gandeng Kominfo dan Disparbud Jabar

Agate International melalui Agate Academy bekerja sama dengan Digital Talent