Dark
Light

Event Report: Roadshow Indigo Fellowship di Yogyakarta

1 min read
October 11, 2011

Minggu kemarin DailySocial menuliskan tentang akan diadakannya roadshow Indigo Fellowship. Roadshow berlangsung di Bandung pada tanggal 7 Oktober kemarin, di Yogyakarta tanggal 9 Oktober kemarin, dan di Jakarta (hari ini) tanggal 11 Oktober.

Kali ini DailySocial berkesempatan datang mengikuti roadshowIndigo Fellowship di Yogyakarta. Acara yang diselenggarakan hari Minggu kemarin tanggal 9 Oktober 2011 ini mengambil tempat di Dixie Café Jl. Affandi No. 40B Gejayan, Yogyakarta, 55281.Untuk roadshow di Yogyakarta, ada dua pembicara yang menjadi pemenang Indigo Fellowship pada tahun 2009 dan 2010. Mereka adalah Dibya Pradana – pendiri Ayofoto.com dan pemenang tahun 2009 serta Arief Widhiyasa – pendiri Agate Games Studio dan pemenang tahun 2010.

Keduanya memberikan beberapa tips yang sangat menarik ketika membangun sebuah startup. Dibya Pradana memberikan 6 tips ketika membangun startup yang didasarkan atas pengalamannya saat membangun dan mengembangkan Ayofoto.com. Tips dari Dibya adalah sebagai berikut:

  • Think fast – launch fast: yaitu berpikir cepat untuk mengeksekusi ide dan segera meluncurkan eksekusi dari ide tersebut secepatnya.
  • Listen to improve: setelah itu, tinggal menerima feedback dari para user yang memakai, lalu improvisasi dari feedback tersebut.
  • Mastery – automate system: disini Dibya menjelaskan, dalam hal operasional diusahakan harus bekerja otomatis atau dikerjakan oleh mesin, bukan manusia.
  • Creative marketing: salah satu strategi pemasaran supaya dikenal banyak orang, menurut Dibya adalah mengikuti berbagai kontes/kompetisi, nantinya pasti akan datang banyak media yang menyorot produk tersebut.
  • Build ecosystem: yaitu membuat sebuah ekosistem di startup (produk) kita, supaya nanti user dapat dimudahkan menggunakan layanan yang kita buat dan nantinya dapat dimonetisasi.
  • Show me the money.

Arif Widhiyasa juga memberikan langkah-langkah berdasarkan pengalaman dia membangun studio game yang berbasis di Bandung yaitu Agate. Disini Arif memilih bisnis di segmen game karena minat pasar yang sangat tinggi. Berikut beberapa langkah untuk para anak-anak muda yang ingin membangun startup di segmen game atau segmen lainnya:

  • Set your Vision/Dream (Why?)
  • Find the Team/the Path (How?)
  • Define your Goals (What?)
  • Build your Things! (Game?)
  • Receive (Win)

Dari deskripsinya Indigo Fellowship 2011 sendiri merupakan program apresiasi kepada individu atau kelompok yang dinilai berhasil membuat karya kreatif digital dan memberikan manfaat kepada masyarakat luas, serta mendorong tumbuhnya digitalpreneur baru dalam industri digital. Tema yang diusung Indigo Fellowship 2011 adalah ”Digital Creativepreneur for Nation Competitiveness”.

Nantinya kategori yang akan dinilai adalah Mobile Content & Application, Web Based Content & Application, Business Application, Animasi/Komik Digital. Untuk skema acara ini, registrasi dan abstraksi ditutup sampai tanggal 17 Oktober 2011, batas pengiriman full proposal beserta aplikasinya tanggal 3 November 2011, dan presentasi final beserta acara puncaknya diadakan tanggal 17 November 2011. Untuk informasi lebih lengkap dapat mengakses Fellowship.plasaindigo.com.

Semoga dengan banyaknya lomba/kompetisi startup seperti Indigo Fellowship, SparxUp 2011 dan lomba/kompetisi lainnya dapat menjadi penyemangat untuk startup di Indonesia. Maju terus startup Indonesia!

Previous Story

Segera Hadir: Aplikasi Android NgaturDuit.com

Next Story

Facebook app for iPad finally arrives, iPhone app gets a facelift

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Sambut Hari Gim Indonesia (HARGAI) 2024, Agate Akan Rilis Game Baru

Dalam rangka peringatan Hari Gim Indonesia (HARGAI) 2024, Agate International

Gelar TSA Game Fest, Agate Academy Gandeng Kominfo dan Disparbud Jabar

Agate International melalui Agate Academy bekerja sama dengan Digital Talent