Dark
Light

Event Report: HackathonBDG #1

1 min read
April 18, 2011

Ditengah hujan deras yang mengguyur kota Bandung hari Sabtu kemarin, bertempat di sebuah kafe bernama Potluck Kitchen, teman-teman dari HackerspaceBDG mengadakan acara hackathon yang diberi nama HackathonBDG.

Jika Jogja punya #YKode, meski dengan format berbeda, maka Bandung kini punya acara yang direncanakan menjadi agenda rutin ini, HackathonBDG mengajak siapapun untuk bergabung dan mengerjakan aplikasi atau project yang sedang dikembangkan.

Dari situs resmi mereka, dijelaskan bahwa HackathonBDG ini merupakan salah satu program yang dikembangkan oleh HackerspaceBDG dan diperuntukkan bagi siapapun yang ingin berkumpul dan bersama-sama mengembangkan, menyelesaikan atau membuat aplikasi / project pribadi. Peserta HackhatonBDG diharapkan mengerjakan aplikasi atau project yang bukan merupakan pekerjaan utama atau yang biasanya berasal dari klien tetapi aplikasi atau project yang merupakan project pribadi.

Peserta yang mengikuti acara ini juga harus menetapkan goal masing-masing yang berisi data apa saja target yang ingin dicapai hari itu, kemudian diakhir acara masing-masing peserta akan mempresentasikan (mempertanggungjawabkan) pencapaian target pada peserta lain, hal ini dimaksudkan agar project yang sering terbengkalai menjadi sebuah project yang berkembang tidak stagnan, memotivasi para peserta untuk menyelesaikan project yang telah atau akan dimulai.

Acara HackathonBDG yang pertama ini dihadiri oleh 4 peserta, dengan project serta target masing-masing, ada Yohan (HackerspaceBDG – Rserv.me), Diki (yang lebih dikenal dengan komik ayamnya), Daus (Pojok Pendidikan) serta Asep (Magikube). Masing-masing menetapkan target, dan pada akhir acara mempresentasikan hasil dari pencapaian kerja, tidak semuanya berhasil menyelesaikan target yang telah ditentukan diawal (dicatat di Google Docs), namun ada juga yang berhasil. Tetapi rata-rata peserta sepakat bahwa masing-masing termotivasi untuk menyelesaikan project-nya.

Masing-masing peserta juga diberi nilai berdasarkan jumlah goal serta durasi yang telah dicatat pada awal Hackathon, nantinya nilai ini akan disusun atas peringkat masing-masing, dan diumumkan di situs Hackerspaceid.org. Untuk hari pertama peringkat telah diumumkan, bisa dilihat di tautan ini.

Acara ini direncanakan akan digelar secara rutin, gratis dan terbuka untuk siapapun, acara akan dilaksanakan di HackerspaceBDG atau salah satu kafe di kota Bandung. Untuk informasi bisa melihatnya di Hackerspaceid.org atau follow @hackerspacebdg atau kontak langsung ke Yohan.

Meski pada Hackathon #1 ini peserta yang hadir hanya 4 orang, namun diharapkan pada pertemuan berikutnya jumlah peserta akan semakin bertambah. Berikut video suasana HackathonBDG #1, termasuk wawancara singkat dengan para peserta serta ‘bocoran’ dari aplikasi atau project yang sedang mereka kerjakan.

Disclosure: DailySocial cabang Bandung berkantor di HackerspaceBDG.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

JOBS: Enam Lowongan Pekerjaan Menarik Untuk Pembaca DailySocial

Next Story

Lebih Jauh dengan Yotomo, Dapatkan Berbagai Penawaran Lokal

Latest from Blog

Don't Miss

Niko Partners: Pertumbuhan Industri Game Indonesia di 2023 Melambat

Game menjadi salah satu industri yang justru tumbuh selama pandemi

Peran Developer Game di Metaverse

Metaverse jadi salah satu topik yang dibahas dalam Consumer Electronics