Esports Ecosystem

Esports Magic: The Gathering Buka Liga “Divisi 2” untuk Musim 2020 – 2021

20 Aug 2019 | Ayyub Mustofa
Rivals League jadi ajang kompetisi para pemain baru sebelum mereka naik ke Magic Pro League.

Tahun 2019 adalah tahun di mana Magic: The Gathering melakukan ekspansi serius ke dunia video game. Dengan diluncurkannya game Magic: The Gathering Arena (MTG Arena), franchise terbitan perusahaan Wizards of the Coast ini tidak hanya menyediakan lahan kompetisi di trading card game fisik (tabletop), namun juga esports.

Di tahun 2019 ini Wizards of the Coast sudah menggelar Magic Pro League dan MTG Arena Mythic Invitational. Namun untuk mendukung pertumbuhan lebih lanjut, mereka akan menerapkan beberapa program baru di musim kompetisi 2020 – 2021. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Perilisan MTG Arena di Epic Games Store

Dalam acara Gamescom 2019 di Cologne, Jerman, Wizards of the Coast mengumumkan bahwa MTG Arena akan tersedia di Epic Games Store untuk PC dan Mac. Client asli MTG Arena tetap bisa diunduh dari situs resmi Wizards of the Coast, namun penyediaan client dari pihak ketiga akan dipegang eksklusif oleh Epic Games.

Para pemain yang menggunakan client standalone dari Wizards of the Coast bisa bermain bersama pemain di client versi Epic Games Store.

Ekspansi Magic Pro League ke “Divisi 2”

Magic Pro League (MPL) tetap menjadi liga esports utama MTG Arena, akan tetapi musim depan akan muncul liga baru bernama Rivals League. Tujuannya adalah untuk melatih talenta-talenta esports dan mempersiapkan mereka untuk masuk ke Magic Pro League. Pemain Rivals League bisa naik ke Magic Pro League dengan menunjukkan performa yang baik sepanjang musim, atau dengan memenangkan turnamen baru di akhir musim bernama MPL Gauntlet.

Rivals League akan diikuti oleh 46 pemain, terdiri dari:

  • Peringkat 1 – 12 di digital rank yang belum pernah bermain di MPL
  • Peringkat 1 – 12 di tabletop rank yang belum pernah bermain di MPL
  • Peringkat 12 terbawah di MPL Gauntlet
  • Peringkat 4 terbawah di MPL musim sebelumnya
  • 6 pemain undangan khusus
Magic Rivals League 2020
Sumber: Magic Esports

Para pemain Rivals juga berkesempatan mendapat undangan ke berbagai event, seperti Players Tour dan Rivals Mythic Qualifier. Mereka bisa memperoleh appearance fee senilai hingga US$20.000, di samping hadiah-hadiah turnamen tentunya.

Sementara itu Magic Pro League akan diikuti oleh 24 pemain yang berkesempatan mendapat appearance fee hingga US$50.000 ditambah hadiah-hadiah turnamen. Para pemain MPL juga akan diundang ke turnamen Mythic Invitational serta semua event Tabletop Players Tour.

Magic Pro League 2020
Sumber: Magic Esports

MPL Gauntlet

Wizards of the Coast akan menggelar turnamen di akhir musim untuk mengangkat pemain-pemain Rivals League terbaik ke Magic Pro League, dan degradasi pemain-pemain terbawah Magic Pro League ke Rivals League. Berikut ini sistemnya:

  • Peringkat 16 teratas MPL otomatis maju ke MPL musim berikutnya
  • Peringkat 4 terbawah MPL akan terdegradasi ke Rivals League dan tidak bisa mengikuti MPL Gauntlet
  • Peringkat 2 teratas Rivals League di MTG Arena dan MTG tabletop akan langsung ditawarkan kontrak MPL dan tidak perlu mengikuti MPL Gauntlet
MPL Gauntlet 2020
Sumber: Magic Esports

Peserta MPL Gauntlet terdiri dari 16 pemain, yaitu:

  • Peringkat 17 – 20 di MPL
  • Peringkat 3 – 8 di Rivals League MTG Arena
  • Peringkat 3 – 8 di Rivals League MTG tabletop

Peraih peringkat 1 – 4 di MPL Gauntlet akan maju ke MPL season berikutnya.

Turnamen-turnamen besar musiman

Kompetisi Magic: The Gathering tiap tahunnya tetap memiliki turnamen-turnamen besar dengan hadiah fantastis. Salah satunya yaitu Mythic Invitationals yang digelar tiga kali dalam satu musim. Setiap Mythic Invitationals menawarkan hadiah hingga US$750.000. Wizards of the Coast menawarkan dua kali lipat slot kualifikasi supaya pemain dari berbagai belahan dunia semakin banyak yang bisa mengikuti Mythic Invitationals.

Magic World Championship 2020
Sumber: Magic Esports

Puncak kompetisi Magic: The Gathering dalam satu musim adalah turnamen Magic World Championship yang menawarkan penghargaan tertinggi serta hadiah senilai US$1.000.000. Secara keseluruhan, Magic: The Gathering kompetitif sepanjang musim 2020 – 2021 akan menggelontorkan total hadiah hingga US$10.000.000.

Untuk informasi lebih detail tentang sistem kompetisi, cara pendaftaran, sistem perolehan poin, dan sebagainya, Anda bisa mengunjungi situs resmi Magic: The Gathering di tautan berikut. Sementara untuk hal-hal teknis terkait masing-masing liga dan turnamen akan diumumkan menyusul. Bila Anda penggemar esports dan Magic: The Gathering, Anda juga bisa mengikuti akun Twitter resmi @MagicEsports untuk info-info terbaru.

Sumber: Wizards of the Coast, Magic Esports