Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Dukung Gerakan #DiRumahAja Garena Sajikan 9 Kompetisi Esports

15 April 2020Akbar Priono

Mendukung kebijakan isolasi diri dari pemerintah, Garena sajikan 9 macam acara esports yang diselenggarakan mulai dari April hingga Mei 2020.

Sementara kebijakan isolasi diri untuk menahan laju penyebaran pandemi COVID-19 masih terus berlangsung, membuat hal tersebut berdampak kepada beberapa aspek kehidupan. Esports jadi salah satu yang terdampak, dengan pembatalan paksa terhadap beberapa turnamen LAN yang akan diselenggarakan. Beberapa penyelenggara sudah merasakan ini, ajang turnamen fighting game ternama seperti Combo Breaker misalnya, ataupun Intel World Open.

Namun, esports bisa dibilang memiliki rejekinya tersendiri, karena masih tetap bisa terselenggara dengan cara online. Ini membuat ekosistem olahraga tradisional sekalipun beralih ke esports untuk menjadi alternatif sajian hiburan kepada pemirsa yang sedang tetap berada di rumah. Dalam kancah lokal, publisher seperti Garena juga sudah mempersiapkan berbagai sajian untuk menghibur gamers ataupun pecinta esports Indonesia.

Selama April sampai Mei 2020, Garena sudah mempersiapkan 9 sajian kompetisi yang akan diselenggarakan secara online, dan ditayangkan lewat live-streaming melalui kanal YouTube resmi dari game yang diterbitkan Garena, yaitu Free Fire, Call of Duty Mobile, dan Arena of Valor.

Ada 6 sajian kompetisi untuk bulan April, yaitu AoV Star League Season 4 (7 April – November 2020), CODM Princess Cup (7 – 17 April 2020), Free Fire The One (12 – 26 April 2020), Call of Duty Mobile Weekly Cup (18 – 21 April 2020), Invitational Show Match (23 – 25 April 2020), dan Clan War Hard Point (27 April – 1 Mei 2020).

Sumber: Garena
Sumber: Garena

Dari jajaran tersebut, dua yang paling patut disimak mungkin adalah ASL Season 4 dan Invitational Show Match. ASL sendiri tentu saja karena merupakan liga kasta utama skena Arena of Valor Indonesia. Seperti musim sebelumnya, ajang ini juga menjadi gerbang bagi tim yang bertanding, untuk dapat melaju ke tingkat internasional lewat gelaran AOV World Cup 2020 dan AOV International Championship 2020.

Sementara itu pada sisi lain ada juga Invitational Show Match. Ini merupakan kompetisi COD Mobile, yang mempertandingkan juara Major Series Season 2 bertanding melawan perwakilan negara-negara Asia, yaitu Thailand dan Taiwan. Anda tentu penasaran ingin melihat apakah Bigetron Duty bisa menyusul prestasi sang kakak, Bigetron RA, dan menjadi raja di skena COD Mobile Asia.

Sementara itu pada bulan Mei menjadi ajang bagi komunitas untuk unjuk kemampuan kepada khalayak. Ada 3 kompetisi pada Mei 2020, yaitu Free Fire All Stars (2-17 Mei 2020), Solo Soldier – Gun Game (5-6 Mei 2020), dan Clan War Domination (18-22 Mei 2020). FF All Stars mungkin jadi yang paling menarik, karena merupakan pertandingan yang mempertemukan semua sosok depan layar di Free Fire, mulai dari player, caster, sampai influencer.

Sumber: Garena
Sumber: Garena

“Garena memahami pentingnya pembatasan sosial sebagai salah satu langkah menekan penyebaran pandemi, dan tentu saja esports menjadi salah satu upaya untuk bisa tetap menjaga semangat positif di masyarakat. Karena itu sesuai dengan komitmen kami untuk menemani masa ketika berada #DiRumah Aja, kami tetap mengadakan pertandingan esports dengan cara inovatif dan berbeda.” Ucap Wijaya Nugroho, Esports Manager Garena Indonesia.

“Setelah mengadakan turnamen esports dan acara-acara menarik sejak bulan maret, kami kembali mendukung dan mengadakan acara esports lagi di bulan berikutnya. Harapannya pertandingan ini bisa menghibur penonton. Kami juga berharap para pemain juga komunitas bisa berpartisipasi sembari mengisi waktunya saat berada di rumah.” Tutur Wijaya.

Jadi tidak perlu khawatir kehabisan tontonan selama masa isolasi diri masih berjalan. Tetap #DiRumahAja dan tonton acara esports kesukaan Anda.

Play video

3 June 2021

HY ESPORTS

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV