Esports Ecosystem

ESL Umumkan Jadwal Turnamen CS:GO untuk Tahun 2021

23 Sep 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
ESL akan mengubah format turnamen, sehingga kompetisi akan berlangsung selama 2 minggu

Pandemi COVID-19 memaksa penyelengggara turnamen ESL untuk menunda berbagai turnamen esports yang hendak mereka adakan pada tahun ini, termasuk Intel Grand Slam. Faktanya, beberapa waktu lalu, ESL dan DreamHack mengumumkan bahwa mereka kaan menunda semua turnamen esports tahun ini ke 2021.

Sekarang, ESL dan DreamHack membuat pengumuman terkait jadwal turnamen Counter-Strike: Global Offensive pada 2021. Melalui Twitter, mereka juga memberikan penjelasan soal perubahan yang akan mereka implementasikan pada turnamen esports yang diselenggarakan di tahun depan.

Inilah jadwal turnamen CS:GO yang akan diadakan oleh ESL dan DreamHack pada 2021.

  • Intel Extreme Masters Katowice: 16-28 Februari, 2021
  • ESL Pro League S13: 10 Maret – 18 April, 2021
  • DreamHack Masters: 3-13, Juni 2021
  • ESL One Cologne powered by Intel: 6-18 Juli, 2021
  • Intel Extreme Masters Melbourne: 17-22 Agustus, 2021*
  • ESL Pro League S14: 1 September– 10 Oktober, 2021
  • Intel Extreme Masters: 14-24 Oktober,2021
  • Intel Extreme Masters: 2-12 Desember, 2021

Satu hal yang harus diingat, ESL bisa sewaktu-waktu mengubah tanggal dari semua turnamen mereka. Selain itu, jadwal dari Intel Extreme Masters Melbourne juga masih bersifat sementara. Pasalnya, waktu penyelenggaraan turnamen tersebut harus menyesuaikan jadwal istirahat para pemain profesional.

jadwal turnamen CS:GO 2021
ESL juga mengubah format pada turnamen buatan mereka. | Sumber: Win.gg

Pada 2021, ESL Pro Tour akan diawali dengan Intel Extreme Masters Katowice, yang akan diadakan pada Februari. ESL berencana untuk mengadakan turnamen tersebut secara offline. Untuk itu, mereka bahkan telah membangun studio khusus yang sudah memenuhi protokol kesehatan COVID-19. ESL mengklaim, studio tersebut telah menggunakan teknologi tercanggih untuk memberikan pengalaman terbaik, baik untuk para pemain profesional maupun penonton di seluruh dunia.

Selain jadwal turnamen CS:GO untuk 2021, ESL juga membahas tentang format baru yang akan mereka gunakan di ESL Pro Tour. Biasanya, setiap turnamen akan diselenggarakan selama 1 minggu. Namun, pada tahun depan, turnamen akan dilangsungkan selama 2 minggu. Harapannya, hal ini akan mengurangi waktu yang dihabiskan oleh para tim profesional di perjalanan. Memang, salah satu keluhan yang biasa dilontarkan oleh para pemain profesional CS:GO adalah lamanya waktu yang mereka habiskan untuk perjalanan.

Hanya saja, durasi turnamen ESL yang lebih lama berarti para tim esports profesional juga harus menghabiskan waktu lebih banyak untuk ikut serta ikut serta dalam kompetisi ESl. Hal ini dapat menyulitkan mereka untuk mengikuti turnamen CS:GO yang diadakan oleh penyelenggara lain, seperti Flashpoint dan BLAST.

Sumber: The Esports Observer, Win.gg