Esports Ecosystem

Memperingati 10 Tahun Kepergian Antonio “cyx” Daniloski

29 Jul 2020 | Narendra Soejoedi
Antonio "cyx" Daniloski meninggalkan catatan yang baik dan kenangan manis bagi skena esports Counter-Strike di Eropa.

Sebuah laman donasi digagas oleh Jan Dominicus, menjadi sebuah aksi untuk mengenang kepergian salah satu talenta yang berbakat di disiplin esports Counter-Strike, Antonio “cyx” Daniloski. Saat cyx masih menjadi bagian dari tim Mousesports, banyak hal positif yang dibawanya akhirnya menjadi bagian organisasi dan tentu saja ke rekan setimnya.

Tidak sampai di situ saja, seperti apa yang dipercayai oleh cyx, tekad dan dedikasi bisa membawa tim Mousesports meraih gelar pertama Major mereka di gelaran turnamen Intel Extreme Masters IV. Skill bermain cyx dalam waktu yang cukup cepat mampu membawa namanya terus menanjak dan akhirnya menangkap perhatian tim Mousesports dan gamers CS lainnya.

Antonio "cyx" Daniloski | via: YouTube ESL Counter-Strike
Antonio “cyx” Daniloski | via: YouTube ESL Counter-Strike

Sepuluh tahun yang lalu, insiden kecelakaan menjadi akhir dari perjalanan Antonio “cyx” Daniloski. Padahal beberapa waktu sebelumnya, rekan setimnya sudah berangkat terlebih dulu dari Frankfurt, menuju Shanghai untuk berlaga di Intel Extreme Masters Season V Global Challenge. Cyx mengalami keterlambatan untuk berangkat dalam penerbangan yang sama dengan bersama rekan tim yang lain dan akhirnya dijemput oleh takdir di perjalanan kembali dari bandara ke rumah.

Perjalanan karier cyx selama paling tidak tiga tahun di Mousesports, cukup menjadi perhatian bagi skena kompetitif Counter-Strike 1.6 di region Eropa. Mousesports seolah menjadi tim yang hampir selalu bermain di babak final berbagai gelaran turnamen. Cyx sendiri juga pernah bergabung sebagai roster tim nasional Counter-Strike 1.6 dan hanya dapat dihentikan oleh dominasi roster tim nasional Counter-Strike dari Swedia di babak final gelaran turnamen European Nations Champions.

Selepas kepergian cyx, Mouseports mengalami pasang surut dan pergantian roster. Sekalipun sudah berpisah jalan, cyx meninggalkan kesan yang mendalam bagi rekan setimnya. Fatih “gob b” Dayik dalam sebuah video menceritakan kenangan yang sangat membekas bersama cyx. Kombinasi strategi yang diracik oleh gob b dan didukung aim tajam yang dimiliki cyx, membentuk momentum bagi Mousesports merajai gelaran turnamen EPS Germany hingga 5 kali berturut-turut.

Adapun ESL sebagai salah satu esports organizer yang sudah lama menyelenggarakan berbagai turnamen esports turut mengambil bagian dalam pengumpulan donasi untuk cyx. Rencananya dana yang terkumpul akan disumbangkan kepada ibu dari Antonio “cyx” Daniloski dan dialokasikan untuk perawatan makamnya.

Meskipun interaksi sesama gamers di ekosistem esports sering dinilai toxic, tetapi di waktu yang sama esports bisa menunjukkan juga sisi yang sangat humanis dengan memberikan dukungan kepada beberapa pro player yang telah wafat.