Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Turnamen Dota 2 ESL One Mumbai Digelar April 2019, Hadiah US$300.000

17 January 2019Ayyub Mustofa

Menurut ESL, ini adalah pertama kalinya ada "big stadium esports event" di negara India

Meski bukan bagian dari Dota Pro Circuit, ESL One tetap merupakan salah satu seri kompetisi paling bergengsi di dunia. Akhir tahun 2018 lalu ESL One telah menyambangi kota Hamburg, Jerman, dalam turnamen yang akhirnya dimenangkan oleh Team Secret. Kemudian ESL juga telah mengumumkan keberadaan ESL One Katowice (Polandia) yang akan digelar pada bulan Februari 2019, serta ESL One Birmingham yang rencananya berlangsung akhir Mei 2019.

Kini ESL mengumumkan satu lagi kompetisi ESL One, yang secara cukup mengejutkan, ternyata hadir di negara India. Kompetisi itu bernama ESL One Mumbai 2019, dan akan berlangsung pada tanggal 19 – 21 April nanti. Ini adalah pertama kalinya ESL One hadir di India. Bahkan menurut ESL, inilah acara esports berskala stadion besar pertama di India.

ESL One - Crowds
Kemeriahan acara ESL One Genting | Sumber: ESL

ESL One Mumbai 2019 mempertandingkan 12 tim jagoan Dota 2 dari seluruh dunia untuk berebut hadiah uang senilai US$300.000 (setara dengan turnamen Dota 2 Minor). Dari 12 tim itu, tujuh di antaranya merupakan undangan, sementara lima sisanya masuk dari jalur kualifikasi. ESL membuka kualifikasi dari lima wilayah, yaitu Amerika Utara, Eropa/PNM, Tiongkok, Asia Tenggara, serta India. Saat ini belum ada pengumuman tentang siapa saja tim undangan tersebut.

Lokasi pertandingan yang dipilih adalah National Sports Club of India (NSCI) Dome di kota Mumbai. Gedung ini tidak hanya berfungsi sebagai gedung olahraga, tapi sudah sering dipakai untuk acara-acara konser musik, pertunjukan broadway, konferensi TEDx, hingga Miss India 2018. Meski India tidak dikenal sebagai wilayah dengan kompetisi Dota yang kuat, ESL One berjanji akan menghadirkan suasana khas ESL One seperti biasanya. Mulai dari pertandingan-pertandingan kelas dunia, sesi temu atlet dan tanda tangan, kontes cosplay, dan lain-lain.

ESL One - Signing
Pemain-pemain top dunia akan berkumpul di India | Sumber: ESL

ESL telah berkomitmen untuk mengembangkan iklim esports Dota 2 di seluruh dunia sejak tahun 2014. Dimulai dari ESL One Frankfurt 2014, kompetisi ini telah menyambangi begitu banyak negara, dari Amerika Serikat, Jerman, Filipina, hingga Malaysia. ESL One juga sempat masuk menjadi bagian dari Dota Pro Circuit dan menawarkan hadiah US$1.000.000. Akan tetapi sejak tahun 2018 kompetisi ini kembali berdiri independen.

Indonesia juga menjadi salah satu negara potensial yang dimasuki oleh ESL. Pada bulan September 2018, ESL telah menjalin kerja sama dengan Salim Group untuk mendirikan ESL Indonesia. Tujuannya, tentu mengembakan ekosistem esports yang sehat dan sustainable di negara ini. Dengan diadakannya ESL One Mumbai 2019, mudah-mudahan iklim esports di India juga bisa terpicu untuk maju, serta menambah variasi wilayah kompetisi Dota 2 di masa depan.

Sumber: ESL, GosuGamers

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV