ESL One Los Angeles 2020 Jadi Salah Satu Kompetisi Dota 2 Major Musim Ini

Turnamen Dota 2 Major akhirnya hadir kembali di Amerika Serikat setelah tiga tahun lebih absen.

Kompetisi Dota 2 Major selama ini telah singgah di sejumlah negara berbeda, dari Jerman hingga Tiongkok, dari Malaysia hingga Swedia. Namun kompetisi ini sudah lama tidak diadakan di Amerika Serikat. Terakhir kali, Dota 2 Major hadir di kota Boston pada tahun 2016 lalu. Tapi setelahnya Amerika hanya menjadi tuan rumah untuk beberapa turnamen Dota 2 Minor, seperti Captains Draft 4.0 (2018) dan DOTA Summit 8 (2017).

Baru-baru ini ESL dengan bangga mengumumkan bahwa sekali lagi, Amerika Serikat akan jadi tuan rumah untuk Dota 2 Major. Kompetisi tersebut akan digelar dalam acara ESL One Los Angeles 2020, pada bulan Maret 2020 nanti. 16 tim Dota 2 terbaik dari seluruh dunia akan tampil di sini untuk memperebutkan 15.000 DPC Point serta uang hadiah senilai US$1.000.000 (sekitar Rp14 miliar).

“Los Angeles dikenal karena hiburan kelas dunia dan itulah yang ingin kami hadirkan lewat L.A. Major. Kami akhirnya membawa kompetisi flagship ESL Dota 2 ke US West Coast untuk pertama kalinya dan kami bangga bisa menghadirkan aksi Dota 2 kelas dunia ke komunitas lokal,” ujar Ulrich Schulze, SVP of Product di ESL, dilansir dari Esports Insider.

“Dengan ESL One Los Angeles, kami akan menancapkan pasak di tanah untuk merangkul komunitas Dota 2 di Amerika Serikat dan memperkenalkan turnamen paling ikonik kami ke lokasi baru: Shrine Auditorium yang memberikan nuansa begitu unik,” tambahnya lagi. ESL One Los Angeles 2020 ini memang merupakan pertama kalinya turnamen Dota 2 Major hadir di kota Los Angeles.

Shrine Auditorium memiliki kapasitas 6.300 penonton | Sumber: ESL

ESL One Los Angeles 2020 alias L.A. Major akan menjadi turnamen Dota 2 Major ketiga di Dota Pro Circuit (DPC) musim 2019-2020. Turnamen Major pertama digelar di kota Chengdu, Tiongkok dengan nama MDL Chengdu Major. Sementara turnamen kedua adalah DreamLeague Season 13 di kota Leipzig, Jerman.

Di samping turnamen Dota 2 yang merupakan menu utama, ESL One Los Angeles 2020 juga menghadirkan sejumlah aktivitas menarik untuk para pengunjung. Mulai dari ESL Shop tempat di mana gamer bisa membeli merchandise resmi dari Valve dan ESL, kompetisi cosplay, tato airbrush untuk menunjukkan dukungan pada tim favorit, hingga sesi tanda tangan untuk seluruh 16 tim yang tampil di L.A. Major.

Babak kualifikasi turnamen ini akan dimulai pada tanggal 9 Februari 2020. Tim manakah yang akan menunjukkan dominasinya di Dota Pro Circuit musim ini?

Sumber: ESL, Esports Insider