Esports Ecosystem

Bermitra dengan Salim Group, ESL Akan Adakan National Championships di Indonesia

24 Sep 2018 | Ayyub Mustofa
Sebelumnya ESL National Championships sudah hadir di lebih dari 20 negara dari seluruh dunia

Penggemar dunia esports tentu kenal dengan nama ESL (Electronic Sports League). Perusahaan esports terbesar di dunia itu sudah lama menjadi event organizer untuk kompetisi-kompetisi paling bergengsi. Sejak pertama berdiri pada tahun 2000, ESL telah mendorong perkembangan berbagai judul game, termasuk Dota 2, Counter Strike, Overwatch, dan StarCraft.

Di tahun 2018, ESL akan semakin melebarkan sayapnya dengan cara menjalin kemitraan bersama salah satu grup konglomerat Indonesia, Salim Group. Grup inilah yang merupakan induk dari berbagai perusahaan lokal ternama, termasuk Indofood, Bogasari, serta aktif juga berinvestasi di startup lokal Indonesia . Kemitraan tersebut tentu saja bertujuan untuk mendorong iklim esports Indonesia agar lebih berkembang lagi.

ESL One: Belo Horizonte 2018
ESL One: Belo Horizonte 2018, turnamen Counter Strike | Sumber: ESL

Salah satu agenda ESL dalam kemitraan bersama Salim Group yaitu pengadaan kompetisi besar bertajuk ESL National Championships, liga esports besar yang sebelumnya sudah berlangsung di lebih dari 20 negara. Babak pertama ESL National Championships Indonesia akan dimulai pada tahun 2019 mendatang. Seperti banyak kompetisi lain, ESL National Championships dibuka dengan turnamen online terlebih dahulu, kemudian disusul dengan babak final secara offline.

Seperti yang diungkapkan dalam rilis, ESL bersama Salim Gorup ingin mengembangkan komunitas esports yang sehat dan berkesinambungan di Indonesia. Mereka memandang negara ini memiliki potensi yang sangat besar dalam industri game dan esports, terutama karena jumlah populasi mudanya yang tinggi. Salim Group yang sudah menaungi banyak bidang industri, kini menambahkan hiburan digital dan esports ke dalam portofolionya.

ESL | Cosplay
Cosplay kerap jadi bagian dari acara kompetisi gelaran ESL | Sumber: ESL

“Kami sangat senang telah menemukan mitra strategis yang tertarik dengan pertumbuhan esports di Indonesia,” ujar Nick Vanzetti, Wakil Presiden Senior ESL Asia Pasifik dan Jepang. “Salim Group, dengan reputasi yang mendunia dan sejarahnya yang kuat di Indonesia, sangat cocok untuk apa yang kami targetkan untuk membangun pasar di tahun-tahun mendatang.”

Saat ini belum ada informasi lebih mendetail tentang ESL National Championships Indonesia, termasuk judul game apa saja yang dipertandingkan, besaran hadiah, dan sebagainya. Berbagai pengumuman resmi nantinya akan diumumkan melalui jalur-jalur media sosial ESL Indonesia di Facebook, Twitter, maupun Instagram.