Gaming News
for SEO
Gaming News

Gandeng Epic Games, NASA ‘Terbangkan’ Pemain ke Planet Mars Lewat Metaverse VR

10 May 2022Sean Edbert

NASA juga siapkan lebih dari Rp1 milliar untuk 20 pengembang yang dapat menciptakan skenario untuk sistem MarsXR OS.

Baru-baru ini, NASA dikabarkan sedang merancang pengalaman virtual reality yang dapat membawa pemain ke planet Mars. Tidak sendirian, NASA meminta bantuan Epic Games untuk mewujudkan proyek mereka itu. Proyek kerja sama ini diharapkan dapat menjadi alat yang berguna bagi badan antariksa dalam merencanakan ekspedisi manusia pertama di planet Mars.

Image Credit: Buendea – Epic Games

Untuk membuat pengalaman VR semakin nyata, NASA juga menggandeng HeroX untuk menghadirkan “MarsXR”. MarsXR Operations Support System merupakan sebuah simulasi lingkungan dengan sejumlah tugas yang mungkin akan dihadapi oleh astronaut saat menjelajahi Mars. Tugas-tugas ini terbagi dalam lima kategori; mendirikan perkemahan, penelitian ilmiah, pemeliharaan, penjelajahan, dan “Blow Our Minds” (kejutkan kami).

Menariknya, NASA membuat sebuah sayembara untuk menentukan apa saja tugas di dalam sistem MarsXR itu. Pengembang di atas 18 tahun bebas mendaftar dan memberikan ide tentang skenario apa yang sekiranya akan ditemukan saat berada di Mars.

Image Credit: Epic Games Store

Tidak hanya itu, NASA juga menyiapkan hadiah sebesar US$70 ribu atau sekitar Rp1 milliar untuk 20 developer yang skenario tugasnya terpilih. Untuk merancang skenario tersebut, Epic Games telah menyediakan aplikasi editor yang dapat ditemukan di Epic Games Store.

Saat mengembangkan skenario-skenario petualangan di Mars, para pengembang harus menggunakan aset sendiri serta membuat proses skenario yang dapat diikuti oleh astronaut dengan mulus menggunakan perangkat VR. Contoh skenario yang akan dihadapi oleh astronaut dapat berkisar dari memperbaiki tenda hingga berlindung dari badai debu. Skenario yang diciptakan juga boleh melibatkan kerja sama astronaut lain secara multiplayer.

Image Credit: Buendea – Epic Games

Para pengembang yang berkontribusi dalam sayembara tersebut akan menjadi ‘astronaut’ pertama yang mencicipi pengalaman VR di planet merah itu. MarsXR OS System dibuat menggunakan Unreal Engine 5 besutan Epic Games. Jadi, grafisnya pasti telah terjamin akan tajam dan realistik.

“Pengembang dapat menggunakan Unreal Engine untuk membangun skenario simulasi realistis demi membantu mempersiapkan NASA untuk misi di masa depan, baik itu ke Bulan maupun ke Mars,” ucap Seb Loze, selaku direktur bisnis Unreal Engine untuk simulasi di Epic Games.

“Entah Anda seorang perancang game, arsitek, hobbyist, atau ilmuan roket, siapa pun dapat menggunakan UE5 (Unreal Engine 5) untuk membangun, dan kami tidak sabar untuk melihat simulasi realistik yang dihasilkan oleh komunitas.” Lanjut Seb, dikutip dari The Sun.

Selain kolaborasinya dengan NASA, Epic Games juga sering membagikan game gratis kepada para pemain lho! Anda dapat membaca informasi tentang game gratis Epic Games Store teranyar di sini.

Feat image credit: Epic Games – Buendea

Play video

4 July 2022

Ini Alasan realme Rilis Banyak Varian realme GT Neo 3 #quickquery

realme belum lama ini hadirkan smartphone terbaru realme GT Neo 3. Ponsel ini hadir dalam beberapa varian. Simak alasan ...

Others from #HybridTV