Esports Ecosystem

Pemilik Tim Overwatch League Umumkan Hasil Laporan Keuangan untuk Q2 2020

12 Aug 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Enthusiast Gaming, pemilik tim Vancouver Titans dan Seattle Surge, mengumumkan bahwa pemasukan mereka mencapai CA$ 7 juta

Enthusiast Gaming baru saja mengumumkan laporan keuangannya untuk periode Q2 2020. Mereka menyebutkan, pemasukan mereka mencapai CA$7 juta. Pendapatan mereka stabil jika dibandingkan dengan pendapatan pada Q1 2020, yang mencapai CA$7,1 juta. Salah satu pendorong pemasukan Enthusiast adalah divisi media mereka, yang lebih sukses dari  perkiraan selama pandemi.

Sayangnya, Enthusiast masih mengalami kerugian sebesar CA$5,2 juta pada periode Q2 2020. Kerugian ini berasal dari bunga, kenaikan nilai aset, amortisasi, depresiasi, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, kas Enthusiast masih berisi CA$8,4 juta.

Tak hanya itu, pada Q2 2020, Enthusiast juga mengungkap, mereka berhasil mendapatkan marjin laba kotor sebesar 46 persen, sama seperti Q1 2020. Pada Q4 2019, marjin laba kotor perusahaan hanya mencapai 34 persen. Dalam laporan keuangannya, Enthusiast menjelaskan bahwa marjin laba kotor naik berkat naiknya pemasukan perusahaan, menurut laporan GlobalNewswire.

enthusiast laporan keuangan
Vancouver Titans jadi salah satu tim esports di bawah Enthusiast Gaming.

Soal interaksi para fans, Enthusiast mengungkap, jumlah page view dari media mereka mencapai 3,1 miliar, naik 35 persen dari 2,3 miliar page view pada Q1 2020. Sepanjang pandemi, memang semakin banyak yang mengakses konten di media mereka.

Enthusiast Gaming merupakan perusahaan gaming dan esports di bawah konglomerasi Aquilini. Tujuan Enthusiast adalah menyediakan platform bagi fans game dan esports. Dari segi bisnis, mereka memiliki tiga divisi utama, yaitu media, hiburan, dan esports. Bisnis media Enthusiast mencakup 100 situs game dan 900 channel YouTube dengan jangkauan 160 juta orang setiap bulannya. Sementara Luminosity Gaming, divisi esports Enthusiast, bertanggung jawab atas tujuh tim profesional, termasuk tim Overwatch League, Vancouver Titans, dan tim Call of Duty League, Seattle Surge.

Dalam tiga bulan belakangan, Enthusiast juga aktif dalam menjalin kerja sama atau menyelenggarakan kegiatan terkait game dan esports. Pada Mei 2020, mereka mengadakan konferensi Pocket Gamer Connects. Di tengah pandemi, konferensi tersebut diadakan secara online. Pada bulan yang sama, Enthusiast juga menjalin kerja sama dengan DJ ZHU. Bersama Luminosity Gaming, DJ ZHU mengadakan konser virtual.

Masih pada bulan Mei, Vancouver Titans mengumumkan kerja samanya dengan Pizza Hut di Kanada. Satu bulan kemudian, pada bulan Juni, Vancouver Titans juga menjalin kerja sama dengan Circle K. Sementara pada minggu lalu, Enthusiast mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi Omnia Media, menjadikan mereka sebagai platform esports, media gaming, dan hiburan terbesar di Amerika Utara.