25 February 2022

by Galih

Elden Ring Resmi Jadi Salah Satu Game dengan Review Terbaik

Elden Ring juga menjadi game FromSoftware dengan skor rating tertinggi

Beberapa hari menuju perilisannya, FromSoftware akhirnya mengangkat embargo review untuk Elden Ring. Dan siapa yang menyangka bahwa game open-world RPG soulsborne ini langsung menjadi game dengan review terbaik di 2022 ini.

Antusiasme terhadap Elden Ring memang sudah tinggi sejak FromSoftware memperkenalkan game-nya di gelaran E3 2019 silam. Hype terhadap game ini bahkan terus meningkat setelah pengarang novel Game of Thrones, George R.R. Martin dipastikan ikut membangun pondasi cerita untuk game ini.

Kembali ke 2022, berbagai media yang telah mendapatkan review access langsung menghujani Elden Ring dengan berbagai pujian dan tidak sedikit yang berani memberikan nilai sempurna.

Image Credit: FromSoftware

Alhasil di beberapa website kompilasi review dan rating seperti OpenCritic yang memberikan Elden Ring nilai rata-rata untuk semua platform-nya 96. Skor tadi membuat Elden Ring meroket ke posisi 2 sebagai game dengan nilai rata-rata tertinggi di OpenCritic.

Sudah ada 112 review dari media seluruh dunia yang berhasil dihimpun oleh OpenCritic dan mayoritas media bahkan berani memberikan nilai di atas 9/10 dan bahkan banyak yang berani memberikan nilai 10/10.

Mayoritas media memuji langkah berani FromSoftware untuk membawa seri game-nya kini menjadi open-world. Elden Ring juga disebut sebagai penyempurnaan semua formula game yang telah dibuat FromSoftware sejak Dark Souls pertama hingga Sekiro, dan menyempurnakannya dalam game ini.

Hal serupa juga terlihat di websiteMetacritic, Elden Ring langsung mendapat nilai rata-rata 97 untuk versi PlayStation 5 dari 45 media. Sedangkan versi PC dan Xbox Series X|S mendapat nilai rata-rata 95 dari 36 media.

Semua penilaian positif kepada Elden Ring ini kelihatannya berpotensi besar untuk membawakan tahta Game of the Year kembali ke FromSoftware untuk kedua kali berturut-turut.

Game FromSoftware sebelumnya yaitu Sekiro: Shadows Die Twice telah berhasil mendapatkan predikat Game of the Year 2019 silam. Dan menjadi game soulsborne pertama yang berhasil memenangkan penghargaan bergengsi tersebut.

Namun tentunya semua kembali kepada pembuktian Elden Ring saat dirilis global pada tanggal 25 Februari nanti. Karena bagaimanapun juga, Elden Ring tetap memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Meskipun sang Presiden dari FromSoftware, Hidetaka Miyazaki yakin bahwa akan lebih banyak pemain yang mampu menamatkan Elden Ring nantinya.