Seberapa sering Anda pernah mendengar tentang mig33? Kami sudah beberapa kali mengulas tentang mig33, suatu platform yang diam-diam memiliki basis pengguna yang luar biasa besar di Indonesia, tapi sejujurnya Kami belum pernah menggunakannya sama sekali. Apakah sebenarnya yang menarik dari mig33 sehingga memiliki hampir 30 juta pengguna terdaftar di Indonesia -- kedua terbesar di sini setelah Facebook? Diluncurkan di tahun 2003, mig33 telah mendapatkan pendanaan dari sejumlah perusahaan investasi, termasuk yang berbasis di Silicon Valley seperti Accel Partners dan Redpoint Ventures.

Kami memperoleh kesempatan berbincang-bincang dengan Kiki Rizki (Indonesia Country Manager) dan Chris Chandler (VP Business Development, via Skype) di kantor mig33 di bilangan Kebon Sirih tentang hal yang menarik yang akan dilakukan oleh mig33 di tahun 2011 ini.

Pertanyaan pertama tentunya adalah bagaimana mig33 menarik saya, yang tidak memiliki teman di dunia nyata yang menggunakan mig33, untuk mau menggunakannya? Chris Chandler mengatakan bahwa konsep mig33 tidak melulu seperti messenger, hanya bercakap-cakap dengan sesama pengguna mig33 yang sudah Anda kenal. Coba perlakukan mig33 sebagai suatu chat room, di mana Anda bakal bertemu dengan orang-orang baru di sana. Carilah topik yang Anda sukai dan mengobrollah dengan orang-orang yang memiliki minat yang serupa. Hal ini persis seperti mIRC yang sempat populer di jaman dulu, Anda masih ingat masa-masa tersebut?

Berikutnya tentunya Anda tahu bahwa pengguna mig33 kebanyakan menggunakan feature phone. Untuk ranah ponsel pintar sendiri, mig33 telah merambah Android karena kita tahu produk buatan MTK dari Cina sudah mulai gencar memasuki pasar mid-to-low end di Indonesia. Tim mig33 tentunya memilih Android karena segmen yang biasa digarap oleh mereka sudah mulai mendapatkan exposure dari ponsel Android Cina tersebut. Bagaimana dengan pengguna platform yang lain? Karena pasar Indonesia adalah yang paling penting (60% dari pengguna mig33), tentunya berikutnya akan mencoba mengambil pasar lain yang sedang (dan masih) booming di sini, yaitu BlackBerry. mig33 akan hadir untuk platform BlackBerry tahun ini dan (mungkin) berikutnya menyusul ke platform yang lain, sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan perusahaan.

Selain chat, apalagi sih yang menarik di mig33? Kiki Rizki dengan lugas menjelaskan soal permainan (gaming) yang menjadi primadona baru. Saat ini, menurut catatan mig33, per sesi pengguna mig33 menghabiskan waktunya selama 45 menit, kebanyakan berkaitan juga dengan gaming. Tercatat pula bahwa menurut statistik, pengguna mig33 terdiri dari 63% laki-laki dan 37% perempuan, agak mengejutkan karena biasanya yang suka sekali menggunakan aplikasi chatting cenderung adalah perempuan. Bisa jadi faktor gaming adalah salah satu faktor kuncinya, selain faktor nature chatroom yang cenderung anonim sehingga perempuan cenderung lebih enggan untuk berkenalan dan berbicara dengan orang lain (orang asing) dibandingkan dengan laki-laki. Karena pentingnya gaming sebagai nilai tambah, mig33 akan menghadirkan kejutan bagi pengembang di bulan Juli. Apa itu? Mari kita tunggu bersama.

Jadi apa yang dibutuhkan oleh mig33 untuk terus tumbuh di Indonesia? mig33 akan menambah sejumlah personel senior sebagai bagian dari "tentara" untuk menguasai pasar Indonesia. Mereka akan mengatur urusan pengembangan bisnis, pemasaran, penjualan, komunitas dan urusan teknis. mig33 juga akan meningkatkan personel tim teknis di Indonesia, karena selama ini kebanyakan tim teknis berada di pusat mig33 di Singapura, padahal ketersediaan tim teknis lokal sangat penting untuk mengenal local custom yang disukai oleh pengguna Indonesia.

Selain itu, mig33 juga berkeinginan untuk menambah target demografi yang lebih muda. Target usianya adalah 18-24 tahun, yaitu teman-teman kita yang masih duduk di bangku kuliah ataupun fresh graduates. Untuk itu, mig33 berencana menambah lagi jumlah permainannya dan  menambah partner perusahaan telekomunikasi dalam kerja samanya sebagai aplikasi pre-loaded. Jika semuanya berjalan lancar, bukan tidak mungkin mig33 akan memperkecil jarak jumlah penggunanya dengan Facebook di Indonesia dan semakin meninggalkan pesaingnya yang lain.

Saya pribadi cukup terkesan dengan paparan mig33 untuk ekspansinya di tahun 2011 ini. Betapa perusahaan regional ini telah memiliki basis yang sangat kuat di Indonesia. Tak hanya soal sebagai konsumen, ada cerita sukses tentang bagaimana virtual credit telah membantu sejumlah pengguna mig33 menjadi jutawan. Tapi itu layak mendapatkan cerita tersendiri. mig33 merupakan contoh perusahaan yang tidak melulu hanya fokus kepada pasar kelas atas belaka, tetapi juga memberikan bukti bahwa pasar menengah-ke-bawah memiliki potensi yang sangat masif.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again