Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Epic Games Kucurkan Dana US$444 Juta untuk Hak Eksklusif Epic Games Store di 2020

12 April 2021Yabes Elia

Dengan pengeluaran dana tadi, Epic Games dikatakan merugi hingga US$179 juta.

Untuk melawan dominasi Steam, Epic Games Store mencatatkan lebih dari 100 hak distribusi eksklusif dan membagi-bagikan game gratis setiap minggunya. Semua orang yang mengamati usaha Epic Games tadi mungkin memang sudah tahu bahwa mereka memang mengucurkan banyak dana namun kita tidak tahu berapa persisnya yang dikeluarkan oleh Epic Games.

Namun, berkat pertarungan antara Epic Games dan Apple di meja hijau, kita jadi tahu jika Epic Games menggelontorkan dana sampai US$444 juta untuk kesepakatan distribusi eksklusif lewat Epic Games Store hanya untuk tahun 2020 saja. Lebih tepatnya, nominal tadi digunakan untuk menjamin pendapatan minimal bagi gamegame yang dirilis di Epic Games Store namun baru setahun kemudian dirilis di Steam. Hal tersebut berarti Epic akan menjamin sejumlah uang yang bisa didapat para publisher, terlepas dari penjualan game-nya mencapai angka tadi atau tidak. Sebagai contoh, Epic menaruh angka U$10,45 juta untuk Control.

Dalam laporan akhir tahunnya, Epic Games mengatakan jika pemain mereka mengeluarkan uang sebesar US$700 juta di Epic Games Store di 2020. Namun penjualan game dari pihak ketiga hanya mencapai US$265 juta. Hal tersebut berarti Epic Games harus merugi US$179 juta (US$444 juta dikurangi US$265 juta). Bahkan menurut analisa dari Apple, Epic Games juga harus menelan kerugian setidaknya US$330 juta dari jaminan pendapatan tadi, jika menghitung juga kesepakatan tahun 2019.


Proyeksinya, Epic Games Store juga akan mengalami kerugian sampai dengan US$ 600 juta (termasuk semua pengeluarannya) di akhir tahun 2021.

Menariknya, angka-angka tadi dijadikan argumen oleh Apple bahwa Epic Games Store memang tak bisa dibandingkan dengan iOS App Store karena melihat kerugian besar yang harus ditelan. Berdasarkan dari deposisi dari Epic Games Store VP dan GM (Steve Allison) serta Epic VP of Business Development (Joe Kreiner), Apple pun mengatakan jika kerugian Epic Games Store sebesar US$181 juta di 2019 memproyeksikan kerugian sebesar US$273 juta tahun kemarin dan kerugian lagi sebesar US$139 juta tahun ini. Berarti, menurut Apple, Epic Games baru bisa meraih laba setelah 2027.

Bagaimanakah kelanjutan drama persidangan antara Apple dan Epic Games? Jika Anda penasaran dengan sejarah Epic Games, kami pernah menuliskannya lengkap beberapa waktu yang lalu.

Play video

7 May 2021

HYBRID CUP Tarkam Series - PUBG Mobile Squad

NGABUBURIT sambil main PUBG Mobile buat dapetin uang tunai sebesar Rp. 500000! Kira-kira siapa yang akan menjadi pemenangnya ya? . . . Follow IG: ...

Others from #HybridTV