ECHO Juarai M4 World Championship 2022 Usai Taklukkan Blacklist International

Kemenangan 4-0 tanpa balas ini menjadi kian manis karena ECHO merangkak dari lower bracket

Memulai pertandingan M4 World Championship 2022 sejak Minggu, 1 Januari 2023, kini ECHO resmi dinobatkan sebagai juara. ECHO juga menyandang gelar tim Mobile Legends: Bang Bang terkuat di dunia untuk sekarang.

Kemenangan ECHO sendiri menjadi cerita menarik, apalagi Yawi dkk. sempat ditaklukkan oleh Blacklist International di upper bracket final. Kemenangan di grand final juga menunjukkan permainan yang sangat baik oleh ECHO dengan kemenangan 4-0.

Sumber: Instagram @mlbbesports_official

Laga grand final ini menjadi yang tercepat sekaligus paling mengejutkan, apalagi hasil akhir dengan istilah clean sweep atau tanpa balas. Apa yang membuat Blacklist International gagal meraih satu poin di laga puncak M4 Worlds?

ECHO Super Kuat dengan 'Respect Ban'

ECHO dan Blacklist International memang menjadi tim favorit juara sejak pertama kali dimulainya gelaran M4 Worlds. Selain memiliki roster yang kuat, memang Filipina menjadi negara kuat untuk skena esports Mobile Legends: Bang Bang.

ECHO sendiri mengalahkan banyak pemenang selama M4, sebut saja ONIC Esports, Team HAQ, hingga RRQ Hoshi. Para juara di MPL Indonesia dan Malaysia tersebut tidak mampu mengalahkan ECHO.

Blacklist International sendiri justru sempat mengalahkan ECHO dengan skor 3-2, sebelum kembali bertemu di babak grand final.

Menggunakan format best-of-seven, maka kedua tim harus menang setidaknya 4 kali. Laga ini diprediksi menjadi sengit, namun kejutan ECHO membuat prediksi meleset mengingat kemenangan telak 4-0 tanpa balas.

Satu hal yang bisa ditarik dari kemenangan ini adalah cara ECHO melakukan respect ban dari signature hero milik OhMyV33nus, yaitu Estes. Hero tersebut memang sangat berbahaya di tangan Blacklist, apalagi dalam pertarungan jangka panjang.

Maka dari itu, ECHO menyingkirkan Estes dan memanfaatkan beberapa signature hero milik pemain ECHO, seperti duet Sanji dan Sanford yang mematikan.

Selain itu, Bennyqt menjadi goldlaner yang mampu memaksimalkan teamfight dan ruang kosong. Dengan Brody, Bennyqt bahkan mampu meraih kemenangan lewat backdoor saat pemain Blacklist sibuk di area Lord.

Sumber: Instagram @mlbbesports_official

Puncaknya, permainan apik ECHO dengan kombinasi Lunox, Gloo, Hilda, Xavier, dan Fredrinn menutup kemenangan 4-0 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Bennyqt keluar sebagai Finals MVP di M4 Worlds 2022 berkat aksi memukaunya di grand final.

Berikut detail hadiah 4 besar pada M4 Worlds, yaitu:

Juara 1: ECHO - US$300.000 + Trofi M4 Worlds Runner-up: Blacklist International - US$120.000 Posisi 3: RRQ Hoshi - US$80.000 Posisi 4: ONIC Esports - US$55.000

Sumber: Instagram @mlbbesports_official

Setelah selesai menggelar M4 Worlds 2022, pihak Moonton juga mengumumkan tuan rumah berikutnya untuk M5 Worlds yaitu Filipina. Sesudah Singapura, Malaysia, dan Indonesia, akhirnya Filipina mendapatkan giliran sebagai tuan rumah.

Pastinya akan sangat menarik melihat kiprah tim-tim yang bertanding di tengah tingginya animo fans Mobile Legends di Filipina.