Dark
Light

Earphone Nirkabel Ini Dibekali Teknologi Noise Cancelling Unik untuk Memanipulasi Suara di Sekitar

1 min read
May 10, 2016

Dalam beberapa tahun ke belakang, tren headphone atau earphone berteknologi noise cancelling naik daun. Hal ini bukanlah tanpa alasan, karena memang noise cancelling terbukti sanggup meminimalisir suara luar ketika pengguna tengah memanjakan telinganya dengan alunan lagu dari Spotify.

Lalu bagaimana jadinya kalau teknologi serupa bisa diaplikasikan ke percakapan tatap muka? Jadi saat tengah asyik ngerumpi dengan sahabat dari masa SMA di sebuah kafe, Anda tidak akan terganggu oleh suara segerombolan pengunjung lain yang tengah bersenda gurau sambil tertawa terbahak-bahak.

Kira-kira seperti itu ide di balik pengembangan IQbuds, sebuah earphone nirkabel unik dari startup bernama Nuheara. IQbuds istimewa karena teknologi noise cancelling-nya tak hanya bisa diaplikasikan ke musik, tetapi juga ke percakapan tatap muka seperti skenario yang saya gambarkan di atas.

Secara garis besar, IQbuds merupakan earphone yang benar-benar nirkabel, yang berarti sama sekali tidak ada kabel yang menyambungkan masing-masing earpiece-nya. Ia dibekali Bluetooth, plus mikrofon sehingga pengguna bisa melakukan panggilan telepon maupun berinteraksi dengan Siri atau asisten virtual lain.

Saat ada panggilan masuk, pengguna cukup menyentuh panel terluarnya untuk menerima, dan sentuh lagi untuk mematikan, demikian pula untuk musik. Namun ini semua baru sebagian cerita dari IQbuds.

Nuheara IQbuds masih terlihat ringkas meski mengemas sederet komponen canggih / Nuheara
Nuheara IQbuds masih terlihat ringkas meski mengemas sederet komponen canggih / Nuheara

Teknologi noise cancelling-nya bisa diatur sesuai selera pengguna. Jadi pada dasarnya pengguna bisa memanipulasi suara di sekitarnya secara langsung, ibaratnya seperti memiliki equalizer untuk sepasang telinga kita.

Ini sebenarnya bukan pertama kali ada perangkat berteknologi serupa. Jauh sebelumnya sudah ada Here Active Listening dari Doppler Labs, namun Here pada dasarnya hanyalah sebuah penutup telinga, bukan earphone yang fungsional seperti IQbuds.

Lebih dari itu, IQbuds juga sanggup berperan sebagai alat bantu dengar jika diperlukan. Semuanya bisa diatur lewat aplikasi pendampingnya di smartphone, dan pengguna dapat memakainya secara konstan hingga 4 jam.

Sama seperti Here, Nuheara IQbuds juga dipasarkan lewat situs crowdfunding. Mereka yang tertarik menjadi backer bisa mengunjungi laman Indiegogo-nya dan memesan seharga $199, sudah termasuk 3 set eartip dan charging case.

Previous Story

Samsung Boyong Galaxy J5 dan J7 Seri 2016 ke India

Next Story

DScussion #49: Mediatrac dan Industri Big Data Analytics di Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

5 Earbud TWS JBL Terbaru, Dari Endurance Race Hingga Live Pro 2

5 Earbud TWS JBL Terbaru, Dari Endurance Race Hingga Live Pro 2

JBL telah meluncurkan lima earbud TWS terbarunya di Indonesia, mereka

CES 2022; Jabra Elite 4 Active Hadirkan Active Noise Cancellation di Harga Kurang dari 2 Juta

Setiap orang pasti memiliki resolusi tahun barunya sendiri-sendiri, namun salah