13 April 2023

by Daniel Hamiaz

E3 Batal, Nintendo Gelar Acara Mereka Sendiri: Nintendo Live 2023

Acara in-person eksklusif Nintendo ini bakal digelar di Seattle, Amerika Serikat, pada bulan September mendatang

Absennya Electronic Entertainment Expo atau E3 di tahun ini menjadi kesempatan bagi perusahaan game ternama untuk mencoba mengadakan acara mereka sendiri, salah satunya ialah Nintendo.

Nintendo baru saja mengumumkan acara Nintendo Live 2023 melalui akun resmi Twitter mereka. Acara ini dideskripsikan sebagai sebuah acara in-person yang berisikan sejumlah kegiatan, seperti turnamen, kesempatan mencoba langsung Nintendo Switch, pertunjukan panggung secara live, foto bersama, dan masih banyak lagi.

Secara tema, Nintendo jelas ingin menggelar acara mirip E3 dengan versi mereka sendiri. Namun, sepertinya pengumuman dan presentasi game baru yang biasanya dilakukan di E3, tidak akan menjadi fokus dalam acara Nintendo kali ini.

Nintendo Live 2023 akan digelar di Seattle, Amerika Serikat pada September 2023, dengan tanggal pasti yang masih belum diumumkan.

?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1645773704939405315%7Ctwgr%5Eb06874cc478cf0e507d30def8cebd3cb47e04874%7Ctwcon%5Es1_&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.dualshockers.com%2Fnintendo-in-person-event-e3-cancelation%2F

Pengumuman ini menjadi momentum juga bagi Nintendo, mengingat suksesnya film Super Mario Bros yang tayang perdana pada 5 April lalu. Bahkan beberapa hari setelah rilis, film ini menjadi film animasi dengan pembukaan tertinggi sepanjang masa, mengalahkan Frozen 2 (2019). Keuntungan yang diperoleh mencapai USD377 juta atau sekitar Rp5,6 triliun untuk pasar global.

Dengan acara ini, mungkin saja ke depannya Nintendo berniat untuk membangkitkan kembali semangat penggemar untuk live event di luar E3. Apalagi belum ada kepastian juga apakah batalnya E3 di tahun ini akan bersifat permanen atau tidak.

Pembatalan E3 sendiri disebabkan oleh sejumlah faktor, mulai dari mundurnya sejumlah perusahaan besar seperti Nintendo, Sony, Microsoft, dan Ubisoft dari acara, hingga perubahan dan penyesuaian rencana dari masing-masing perusahaan akibat pandemi. Hal ini diungkapkan langsung oleh Entertainment Software Association (ESA) selaku penyelenggara.

Dalam acara pameran game tahunan bergengsi itu juga, Nintendo kerap membawakan Nintendo Direct untuk mempromosikan game mereka. Namun hingga sekarang, belum ada kepastian apakah Nintendo Direct di tahun ini akan diadakan secara terpisah, diselipkan di Nintendo Live 2023, atau bahkan tidak akan ada Nintendo Direct di tahun ini — meski yang satu ini agak mustahil.

Dalam Nintendo Live 2023, Nintendo mungkin akan menghadirkan berbagai tokoh dan maskot dari beragam seri game mereka, seperti Pikachu dari Pokemon, Kirby, Link dari seri The Legend of Zelda, dan tentunya karakter-karakter dari dunia Super Mario Bros. Apalagi, dengan adanya acara photo op, penggemar yang membawa keluarganya dapat mengabadikan momen bersama dengan karakter ikonik Nintendo.