Dark
Light

Drag Gambar di Gmail dan Unlisted Video di YouTube

1 min read
May 14, 2010

Masih ingat fitur drag n drop di Gmail yang memungkinkan anda untuk menghilangkan proses attachment standar? Untuk mengingatnya anda bisa melihat artikel DailySocial di sini. Intinya anda kini tidak perlu lagi melakukan attachment dengan proses standar dengan meng-klik pilihan ‘attach a file’, tapi cukup melakukan drag file yang akan dilampirkan kemudian drop file itu ke Gmail dan attachment file akan dilakukan secara otomatis.

Kini fungsi yang sama bisa anda lakukan untuk manambahkan image ke body e-mail. Seperti yang dituliskan di blog mereka, fungsi ini merupakan semacam gabungan dari inserting image yang merupakan produk dari Google labs dengan fitur drag n drop file ke Gmail.

Caranya hampir saya dengan fitur drag n drop untuk attachment, ketika anda telah menemukan image yang ingin ditambahkan di e-mail, pilihah gambar tersebut kemudian drag ke body e-mail, tunggu sebentar dan image telah siap dikirimkan, anda bisa menambahkan teks atau link seperti jika menyusun e-mail biasa.

Mekipun telah mencoba untuk melakukan perubahan ukuran gambar tapi saya masih belum bisa melakukannya, namun dari pengumuman resmi di blognya, Google menjelaskan bahwa user bisa melakukan perubahan ukuran sebelum mengirimkannya. Tapi untuk fungsi lain seperti menggeser gambar untuk diletakan di bawah, di sebelah atau di atas teks tertentu bisa dilakukan.

Fitur ini, seperti juga fitur drag n drop untuk attacment bisa menjadi semacam shortcut untuk mempercepat pengiriman gambar lewat email, meski tergantung ukurang file gambar juga, semakin besar, proses loading-nya semakin lama.

Informasi lain datang dari YouTube, yang meluncurkan pilihan baru bagi user pada layanan pilihan privacy mereka. fitur ini dinamakan ‘unlisted video’ yang memungkinkan user untuk melakukan upload video ke YouTube tapi video tersebut tidak akan muncul di public pages, search result, personal channel maupun di halaman hasil
pencarian.

Video yang di upload ini menjadi video pribadi, namun anda tetap bisa membagikannya ke orang tertentu, tentu saya hanya mereka yang anda inginkan, dengan cara memberitahukan link video yang akan anda dapatkan ketika melakukan proses upload, kemudian membagikan link ini (secara manual) pada user lain yang anda pilih. YouTube juga tidak membatasi jumlah orang yang bisa melihat video anda dari link tersebut.

Jadi misalnya anda melakukan upload video presentasi, tapi hanya ingin dilihat oleh 10 relasi anda saja, maka setelah mendapatkan link video tersebut, anda tinggal memberikan link video ini pada relasi anda. Satu hal yang menjadi catatan yang dikatakan oleh YouTube, link ini bisa dibuka oleh siapa saja yang memiliki data alamat link video tersebut, artinya jika relasi anda memberikan link video ini pada orang lain tanpa sepengatuhan anda, maka orang tersebut tetap bisa mengakses video anda, jadi tidak ada proteksi total atas video anda, YouTube hanya memberikan link khusus dan memproteksi video dari hasil pencarian YouTube serta public pages di YouTube, itu kenapa nama fitur ini ‘unlisted video’.

Dari pengumuman YouTube yang telah di update, fitur ini sudah bisa dijalankan oleh user, untuk melihat informasi, terutama tentang keamanan dari link yang dibagikan, anda bisa melihatnya di link ini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

2 Comments

  1. yup .. banyak sekali fitur di GMail yang sangat mengesankan ..
    drag and drop will makes writing email so much easier and fun 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Google Translate Via SMS?

Next Story

Poligami ala Augmented Reality

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan