10 August 2023

by Daniel Hamiaz

Dota 2 Rilis Patch 7.34 sebagai Patch Terakhir Jelang The International

Banyak perubahan kemampuan hero yang menarik hingga aturan pick & ban yang berpotensi mengubah strategi secara drastis

Seperti yang telah dijanjikan sebelumnya, Valve akhirnya merilis patch 7.34 untuk Dota 2. Patch ini merupakan yang terakhir sebelum dimulainya The International yang akan diselenggarakan bulan Oktober nanti.

Banyak perubahan menarik yang dicantumkan, mulai dari perubahan dan penyeimbangan item, perubahan kemampuan hero, hingga urutan dan jatah waktu untuk drafting. Meski drafting tidak digunakan oleh kebanyakan pemain Dota 2, namun perubahan urutan pick dan ban yang diterapkan akan sangat berpengaruh terhadap strategi dari setiap tim pro Dota 2.

Beberapa jam sebelum merilis patch notes-nya, Valve sempat merilis 'bocoran' yang cukup mengherankan. Pasalnya, bocoran tersebut menjelaskan isi patch 7.34 menggunakan emoji sehingga cukup sulit untuk dimengerti. Bahkan ada sejumlah konten kreator yang mencoba menerjemahkannya.

Banyak hal menarik yang diterapkan di patch terbaru Dota 2, seperti stat baru yang disebut dengan Slow Resistance. Seperti namanya, stat ini akan mengurangi persentase dampak debuff Slow yang diterima. Stat Status Resistance yang sebelumnya mengurangi dampak dari berbagai macam debuff seperti Stun dan Silence, kini hanya mengurangi durasi Slow saja.

Ada juga sejumlah perubahan di map, seperti pemindahan letak Watcher dan Outpost hingga Scan yang kini memiliki 2 charge. Outpost yang berada di hutan Radiant dan Dire, kini dipindah ke masing-masing triangle. 

Untuk item dan neutral item, terdapat sejumlah perubahan dan penyesuaian. Perubahan yang paling menarik adalah penggunaan Smoke of Deceit atau SOD yang lebih baik. Hero satu tim yang mendekati hero pengguna SOD, kini akan mendapatkan SOD juga dalam radius tertentu. Mekanik baru ini mencegah SOD yang tidak mencakup hero yang diinginkan secara tidak sengaja.

Ada juga Hand of Midas yang kini memiliki 2 charges, Linken's Sphere yang tidak bisa ditumpuk, Maelstrom dan item sejenisnya yang memberikan 150% damage lebih banyak terhadap ilusi, dan Rod of Atos (RoA) yang tidak lagi memberikan stat. RoA sebelumnya merupakan item andalan yang sangat sering digunakan oleh hero-hero Universal, karena efeknya yang kuat dan statnya yang sangat berguna.

Untuk perubahan hero, yang paling mencolok adalah Invoker yang berubah dari hero Intelligence menjadi hero Universal. Untuk menyesuaikan statnya, Quas Wex dan Exort juga mendapatkan perubahan drastis.

Untuk detail lengkap dari patch 7.34 Dota 2, Anda bisa cek di sini.