8 March 2023

by Daniel Hamiaz

Dota 2 Rilis Muerta, Hero Carry Spesialis Ethereal Form

Muerta dirilis bersama dengan patch 7.32e yang berisikan sejumlah buff dan nerf untuk Hero dan Item

Setelah Gaimin Gladiators memenangkan Lima Major, Valve menepati janji mereka dengan merilis Muerta, Hero terbaru Dota 2 yang terinspirasi dari budaya Amerika Latin. Ia dirilis bersama dengan sejumlah konten lain, seperti treasure, minigame, dan tentunya patch baru yang sudah ditunggu-tunggu oleh komunitas Dota 2. Semuanya tertuang dalam blog resmi yang berjudul "Dead Reckoning".

Muerta merupakan Hero Intelligence yang dideskripsikan sebagai Hero ranged carry, nuker, dan disabler. Ia menggunakan senjata dua pistol, yang bisa menyerang 2 musuh sekaligus. Ia juga mampu menyerang musuh yang berada di dalam Ethereal Form, yang biasanya tidak bisa ditembus oleh serangan auto-attack.

Berikut penjelasan singkat mengenai kemampuan Muerta:

Q - Dead Shot

Muerta akan mengarahkan sebuah tembakan yang bisa diarahkan ke arah musuh atau pohon. Setelah mengenai target, tembakan tersebut akan memantul. Musuh yang terkena akan menerima damage serta slow selama beberapa detik. Sedangkan pantulan tembakannya yang mengenai Hero musuh, akan membuat musuh tersebut terkena fear. 

Debuff fear membuat Hero tidak bisa dikendalikan dan berjalan ke arah base mereka berada. Namun fear milik Muerta ini akan menyebabkan Hero yang terkena, berjalan searah dengan pantulan tembakan. Mekanik targetting skill ini mirip sekali dengan Rebound milik Marci.

W - The Calling

Muerta akan memanggil sejumlah arwah yang akan mengelilingi sebuah area. Musuh yang berada pada area tersebut akan menerima damage dan slow. Jika Hero musuh mengenai arwah yang mengitari area tersebut, mereka juga akan mendapatkan efek silence hingga durasinya habis atau keluar dari area tersebut.

E - Gunslinger

Skill pasif ini memungkinkan auto-attack Muerta untuk menyerang dua musuh sekaligus.

R - Pierce the Veil

Ketika diaktifkan, Muerta akan kebal terhadap physical damage, dan semua auto-attack-nya akan berubah menjadi magical. Dalam mode ini, Muerta akan mendapat basic dispel, bonus damage, phased movement, dan dapat menyerang musuh yang berada dalam Ethereal Form.

Walaupun ia bisa menembus Ghost Scepter dan skill serupa lainnya, serangan Muerta tidak akan melukai musuh yang memiliki magic immunity, misalnya seperti dari BKB.

Walaupun Valve sudah merilis sebuah patch 7.32e, mereka berjanji untuk merilis patch 7.33 di bulan April yang lebih besar dan game-changing.