8 March 2023

by Daniel Hamiaz

Cities: Skylines 2 Diumumkan, Bakal Rilis Tahun Ini Juga

Paradox Interactive mengklaim game ini akan menjadi simulator pembangunan kota paling realistis yang pernah mereka buat

Untuk merayakan ulang tahun Cities: Skylines yang ke-8, Paradox memberikan kejutan bagi komunitasnya dengan mengumumkan sekuelnya, Cities: Skylines 2.

Pengumuman ini disampaikan di akhir acara Paradox Annoncement Show 2023, yang juga menampilkan game-game mereka yang lain. Cities: Skylines 2 direncanakan rilis di tahun 2023, dan akan tersedia untuk platform PlayStation 5, Xbox Series X/S, PC via Steam, dan Xbox Game Pass.

Cities: Skyline merupakan salah satu game simulator yang paling populer di genre-nya. Game yang dirilis pada 2015 ini berhasil terjual sebanyak 12 juta kopi di seluruh dunia dan dari berbagai platform. CEO Paradox Interactive, Frederik Wesker, bahkan mengklaim bahwa Cities: Skyline berhasil menjangkau 5,5 juta pemain hanya dalam satu tahun terakhir saja.

Dengan kesuksesan tersebut, ia berharap Cities: Skyline 2 akan mencetak kesuksesan yang lebih besar lagi.

Selain video trailer, sayangnya masih belum ada penjabaran lebih detail mengenai bagaimana gameplay, fitur-fitur, dan harga yang dipatok untuk Cities: Skylines 2. Mereka hanya memberikan sedikit gambaran mengenai apa yang akan pemain dapatkan pada laman Steam resminya.

Dari deskripsi tersebut, pemain dapat menikmati sebuah simulasi yang lengkap dengan sistem ekonomi dan transportasi yang lebih hidup dan realistis. Cities: Skylines 2 akan menguji keterampilan pemain dalam membangun kota yang mereka idamkan. Melalui keputusan yang tepat, pemain bisa mengembangkan kota metropolis yang nyaman ditempati oleh penduduk, turis, hingga perusahaan dan bisnis.

"Cities: Skylines telah menetapkan ulang standar untuk sebuah game simulasi pembangunan kota ketika dirilis 8 tahun lalu, dan kami sangat bangga dengan dampak yang diberikan. Kami telah membangun komunitas yang kuat dan juga memperkenalkan banyak pemain baru ke dunia pembangunan kota untuk pertama kalinya. Sekarang, dengan pengalaman kami selama bertahun-tahun membangun game tersebut, kami melangkah maju untuk membuat lagi sebuah game ber-genre pembangunan kota yang lebih baik bagi komunitas dan para pemain baru," kata Mariina Hallikainen, CEO Colossal Order selaku developer seri Cities: Skylines.

Tim developer optimistis bahwa Cities: Skylines 2 akan melampaui pendahulunya, dan menjadi game city-building paling realistis yang pernah ada.