31 October 2022

by Galih

Dalam 6 Bulan, Discord Ban hingga 55 Juta Akun dan 68 Ribu Server

Discord terus menjaga agar platform-nya aman dari berbagai serangan

Menyediakan sebuah platform yang memfasiltiasi berbagai macam kelompok yang aktif di dalamnya memang bukan hal yang mudah. Maka tidak mengherankan bila platform populer seperti Discord harus ekstra meningkatkan keamanannya.

Dalam laporannya, Discord menyebutkan bahwa mereka telah melakukan ban terhadap 55.573.411 akun dan menghapus 68.379 server yang melanggar. Jumlah super masif tersebut merupakan apa yang telah dieksekusi oleh Discord sejak Januari hingga Juni tahun ini.

Jumlah akun yang melebihi total populasi Korea Selatan tersebut di-ban dengan mayoritas alasan karena melakukan spam ataupun pelanggaran lain yang terkait dengan spam.

Selain masalah spam, banyak akun yang juga di-ban karena membagikan konten yang dilarang, memanipulasi platform, ataupun hal apapun yang berkaitan dengan aktivitas ilegal.

Discord pun membeberkan beberapa kategori atau topik yang akan langsung mereka hanguskan apabila dilakukan di Discord.ย Yang pertama adalah hal-hal yang berkaitan dengan eksploitasi topik terhadap anak di bawah umur.

Dalam pedoman komunitasnya Discord secara tegas tidak memberikan toleransi terhadap pengguna atau server yang membahayakan anak-anak. Discord bahkan telah bekerja dengan kolega industri, masyarakat, dan bahkan penegak hukum.

Discord terus berinvestasi dan mendorong edukasi kepada para orang tua bagaimana sistem layanan mereka bekerja. Terutama bagaimana Discord memiliki kontrol untuk terus membuat sebuah ruang digital yang positif dan aman bagi anak-anak.

Topik lain yang juga diburu oleh Discord adalah apapun yang berujung pada praktek penipuan. Hal ini juga termasuk untuk server atau pengguna yang menggunakan Discord untuk mendistribusikan malware, membagikan atau menjual cheat atau hack, dan juga pencurian otentikasi.

Image Credit: Discord

Selanjutnya ada juga topik-topik yang mengandung eksploitasi dan hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini bisa bermacam-macam seperti konten-konten orang lain tanpa persetujuan mereka. Kategori ini sendiri menjadi yang terbanyak kedua tentang penghapusan sebuah akun.

Hebatnya, Discord juga terus berusaha memburu akun dan juga server yang bersifat perundungan dan juga pelecehan. Komentar negatif yang berulang, ancaman terhadap pengguna lain, membagikan informasi pribadi orang lain (doxing), atau bahkan penyerangan ke server lain.

Selain poin-poin di atas, masih ada banyak topik dan kategori yang terus diperhatikan oleh Discord. Anda dapat membaca laporan lengkapnya melalui tautan berikut: Laporan Discord.

Pada akhirnya Discord menjelaskan bahwa mereka memiliki peraturan yang tegas dan juga moderator yang terus memantau. Namun memang mereka tidak akan memperhatikan semua server dan pengguna selama 24 jam.