Developer Pokemon Garap Game Action-Adventure Baru "Project Bloom"

IP terbaru dari Game Freak ini ditargetkan akan meluncur sekitar tahun 2025-2026

Siapa yang tak kenal seri PokemonGame dengan maskot Pikachu ini merupakan salah satu game yang paling berdampak dalam terbentuknya industri video game yang kita kenal sekarang ini. Meski umurnya sudah hampir mendekati 30 tahun, pengembangan seri game ini masih dipegang oleh studio yang sama, yaitu Game Freak.

Baru saja terdapat sebuah pengumuman dari Private Division, sebuah publisher di bawah naungan Take-Two Interactive, yang mengungkapkan sebuah game baru dengan codename "Project Bloom". Mereka bekerja sama dengan Game Freak untuk mewujudkan sebuah IP game baru, yang dari gambar ilustrasinya saja, sangat jauh berbeda dari Pokemon.

Director Game Freak, Kota Furushima, merasa tertantang untuk menciptakan IP ini dan merasa langkah yang diambil benar-benar berani dan berbeda dari game-game mereka sebelumnya.

"Private Division merupakan publisher yang tepat bagi kami untuk memulai game baru ini. Rekam jejak dan keahlian global mereka memberikan rasa percaya diri bagi kami untuk mengerjakan sebuah game action-adventure baru ini," katanya.

Private Division sebelumnya telah menangani sejumlah game seperti franchise  Kerbal Space Program, Ancestors: The Humankind Odyssey, The Outer Worlds, OlliOlli World, Rollerdrome, After Us, dan masih banyak lagi.

Dari gambar tersebut, tampak sosok yang berpakaian seperti seorang samurai, yang berdiri di tengah-tengah hutan rimbun yang kelam. Dari situ saja sudah menyiratkan kontras yang cukup tajam dibanding seri game Pokemon mereka yang lebih ceria dan colorful.

"Dalam tiga dekade terakhir, mungkin sulit untuk menemukan sebuah studio game seikonik Game Freak. Kami merasa terhormat, karena bisa menjadi publisher barat pertama yang bisa bekerja sama dengan Game Freak. Private Division siap membantu Game Freak untuk mengeluarkan potensi mereka dan memperkenalkan IP ini ke pasar nantinya," ungkap Michael Worosz selaku Chief Strategy Officer dari Take-Two Interactive dan kepala dari Private Division.

Selain pengumuman dan sedikit ilustrasi mengenai proyek ini, Private Division sayangnya belum mengumumkan tanggal rilisnya. Namun, mereka berencana dan memperkirakan bahwa Project Bloom akan meluncur pada tahun fiskal 2026, yang berlangsung sekitar 1 Oktober 2025 hingga 30 September 2026.

Berhubung Pokemon dari Game Freak sangat identik dengan Nintendo, sayangnya belum ada pula konfirmasi mengenai platform mana saja yang akan menjadi tempat Project Bloom dirilis.