19 December 2022

by Lukman Azis

Desain Laptop Berkelanjutan Dell, Concept Luna Mendapat Beberapa Kemajuan

Fitur telemetri yang ditambahkan Dell Technologies membuat Concept Luna bisa mendiagnosis kesehatan setiap komponen

Masih ingat dengan Concept Luna yang dikembangkan oleh Dell Technologies? Sebuah desain laptop berkelanjutan yang dapat diperbaiki dan di-upgrade sepenuhnya untuk mengurangi limbah dan emisi, menggunakan kembali sejumlah material hingga batas maksimum.

Ya, sudah setahun sejak Concept Luna diungkap dan masih belum jelas kapan inovasi tersebut tersedia di pasaran. Meski begitu, Dell mengklaim telah membuat beberapa kemajuan. Dalam satu tahun terakhir, para insinyur yang tergabung dalam tim Experience Innovation Group Dell Technologies telah bekerja untuk menyempurnakan desain modular Concept Luna dengan meniadakan lem dan kabel, serta meminimalisir penggunaan sekrup.

Hal tersebut membuat pembongkaran dan perbaikan sebuah sistem PC menjadi lebih mudah. Concept Luna dapat mempermudah dan mempercepat proses perbaikan dan pembongkaran, membuat akses ke berbagai komponen PC jadi lebih mudah dan memperluas peluang untuk penggunaan ulang.

Dengan teknologi yang ada saat ini, perlu waktu lebih dari satu jam untuk membongkar sebuah PC yang dibuat menggunakan sekrup, lem dan berbagai komponen yang disolder. Dengan desain inovatif Concept Luna, waktu pembongkaran berkurang menjadi hanya beberapa menit.

Dell bahkan menunjuk sebuah pabrikan kecil untuk memandu tim desain Dell, hasilnya adalah sebuah perangkat yang dapat dibongkar robot dengan mudah dan cepat. Paduan desain keberlanjutan Concept Luna dengan fitur telemetri pintar serta otomasi robotik, Dell menciptakan sesuatu yang berpotensi memicu perubahan yang sangat besar di industri TI dan mendorong sirkularitas dalam skala besar.

Bisa membuat sebuah perangkat yang berkelanjutan tentunya merupakan sebuah terobosan. Namun peluang sebenarnya adalah potensi dampaknya terhadap jutaan perangkat teknologi yang terjual setiap tahun, dan mengoptimalkan bahan baku di semua perangkat tersebut untuk digunakan kembali, diperbaiki, atau didaur ulang di masa yang akan datang.

Fitur telemetri yang ditambahkan Dell membuat Concept Luna bisa mendiagnosis kesehatan setiap komponen dan memastikan tidak ada yang terbuang percuma. Contohnya, orang yang bekerja dari rumah mungkin akan lebih banyak menggunakan keyboard dan monitor eksternal, jadi meski saat motherboard di laptop di laptop tersebut sudah waktunya diganti, keyboard dan monitor laptop itu sendiri masih berfungsi dengan baik karena jarang digunakan.

Concept Luna menunjukkan bahwa masa depan di mana semakin banyak perangkat yang dirancang dengan desain modular mungkin akan terwujud dalam waktu dekat. Penambahan fitur robotik dan otomasi menjadi katalis untuk mempercepat pembongkaran perangkat secara efisien, memeriksa kesehatan komponen dan sisa masa penggunaan, serta bisa mengetahui komponen mana saja yang bisa digunakan kembali, diperbaiki, atau didaur ulang.

Visi ini memiliki implikasi yang luas bagi Dell, para pelanggannya, dan industri TI pada umumnya, sebagai upaya bersama untuk mengurangi limbah elektronik. Meski saat ini “hanya sebuah konsep”, Concept Luna adalah visi jangka panjang perusahaan untuk mewujudkan dampak bisnis dan sosial yang lebih besar melalui praktik desain sirkular.