Eksklusifitas serta kustomisasi suatu barang adalah salah satu cara dalam penawaran pembelian yang cukup diminati oleh konsumen tertentu, iming-iming tidak ada produk yang sama yang digunakan oleh orang lain bisa jadi ampuh untuk menarik minat konsumen.
Peluang inilah yang sepertinya ingin diambil oleh Gravira Studio atau Gravira.com, sebuah situs yang menyediakan pembuatan kaos yang terkustomisasi secara online. Di Gravira.com pengguna bisa membuat kaos dalam jumlah satuan dengan desain yang mereka kreasikan sendiri. Pengguna bisa mengunggah dan menggunakan desain mereka sendiri atau mendesain dengan menggunakan berbagai fitur yang ada di Gravira.com.
Setelah mendaftarkan menjadi anggota, pengguna bisa mulai membuat karya desain mereka dan setelah selesai, Anda bisa memproduksi kaos tersebut. Seperti yang dijelaskan di situs mereka Gravira akan memproduksi dengan menggunakan sistem print kaos, “Gravira menggunakan teknologi direct to garment dimana gambar atau desain yang dipesan akan langsung dicetak di atas kaos dengan mesin yang semacam printer dan berkualitas, cetak yang didapat juga sangat baik”.
Untuk memulai mendesain, Anda tinggak masuk ke menu Create, disana akan ada pilihan untuk mulai mendesain kaos, ada pilihan untuk menambahkan teks, mengunggah gambar dari komputer atau mendesain dengan menggunakan clipart yang telah disediakan oleh Gravira. Untuk warna kaos ada 8 warna yang bisa dipilih sesuai keinginan pengguna serta terdapat juga model jahitan kaos untuk laki-laki dan perempuan. Pilihan ukuran kaos juga tersedia, tapi ukuran XS atau XL dan ukuran yang lebih besar tidak tersedia.
Ketika Anda mendesain akan muncul juga secara realtime harga produksi untuk kaos tersebut, misalnya jika Anda mendesain dengan menempatkan teks, maka harga akan bertambah sesuai dengan ukuran teks yang dibuat. Setelah desain selesai, Anda bisa langsung melakukan pemesanan, Gravira juga akan menyimpan hasil karya Anda. Setelah Anda melakukan pembayaran dengan sistem transfer antar bank, maka Gravira akan mengirimkan kaos pesanan dengan menggunakan jasa kurir.
Gravira juga menyediakan fasilitas jual karya bagi pengguna yang tertarik untuk menjual karya desain mereka, klik pilihan Sell, buat atau unggah karya desain lalu submit, maka nantinya pengguna lain bisa melakukan pembelian atas hasil karya Anda dan desainer atau mereka yang karya desainnya dibeli akan mendapatkan royalti sebesar Rp 10.000.
Idenya menarik, meski Gravira harus bersaing dengan berbagai layanan serupa, minimal dari jasa pesanan kaos limited dan ekslusif lain, Kaskus menyediakan banyak sekali daftar tukang produksi yang bisa menyediakan layanan serupa, namun Gravira punya kelebihan dimana desain bisa dilakukan secara langsung di situs mereka.
Sayangnya untuk produk populer seperti kaos, dimana tren desain sangat berperan penting, tampilan situs mereka, bagi saya agak kurang menjanjikan, selain itu ada beberapa faktor lain, yang pertama adalah komunitas, agak sulit untuk menarik para desainer berkulalitas untuk masuk dalam komunitas tertentu, salah satu yang berhasil menurut saya adalah GantiBaju.com, kecuali Gravira memang menyasar konsumen kebanyakan bukan para desainer grafis.
Fasilitas jual desain sebenarnya menarik, namun ini juga akan bergantung dari hasil karya desain yang ada di Gravira serta besarnya komunitas yang mereka bentuk, tanpa desain kaos yang menarik dan tanpa ada komunitas pengguna yang besar, penjualan tentu akan sulit. Royalti yang sebesar Rp 10.000 memang cukup menarik, minimal flat bukan berdasarkan persentase, jadi kalau ada harga baju yang dibawah Rp 100.000 maka desainer tetap mendapatkan jumlah yang sama.
Dan masalah koneksi internet juga akan memberikan persoalan tersendiri, saya sendiri mencoba mendesain kaos dan melakukan submit untuk di jual, namun koneksi yang kurang baik membuat proses unggah karya gagal beberapa kali. Tentang teknik printing di kaos juga memberi celah persoalan, sejauh yang saya tahu, hasil akhir desain dengan menggunakan teknik sablon akan lebih baik dari teknik printing, apalagi jika sablon tersebut dilakukan oleh tukang sablon yang berpengalaman, tapi keunggulannya teknik printing bisa memproduksi dalam jumlah paling minimal dan prosesnya cepat.
Diluar itu semua Gravira, yang masih dalam taraf beta ini punya peluang yang cukup besar. Kini tergantung pendekatan yang mereka lakukan untuk mendapatkan pengguna. Kaos dan desain adalah elemen yang masuk dalam tren, dan tren itu sangat tergantung dari popularitas, banyak tidaknya yang membicarakan produk Gravira.com, semakin banyak yang menggunakan dan membicarakan, kemungkinan berkembang akan semakin besar.
Well, itu pendapat saya, bagaimana dengan pembaca DailySocial, apakah Anda sudah mencoba layanan dari Gravira.com? Bagaimana pendapat Anda tentang peluang layanan yang mereka berikan? Anda punya saran, kritik atau komentar tentang Gravira?
Berikut penjelasan video dari Gravira.com tentang layanan mereka.
wah kok mirip dengan yang mau gw bikin ya.. 😛
cuman yang gw kagak pake fitur jualan, belum berani klo harus saingan dengan gantibaju.com.. 😛
adopsi dari http://www.custom-tshirts.eu/…
beberapa waktu yang lalu saya sound ide ini ke mahasiswa saya, sayang nggak ada yang eksekusi…
congrats tuk gravira…
wow… dari menu generalnya sampe gambar image baju di sizing nya sama persis.
website buat designer kok plagiat kelas berat gini…
niru konsep gpp tapi paling nggak desainnya hasil karya sendiri dong. masa bikin websitenya gambarnya nyomot dari website yg ditiru sih…
-_-
gantibaju.com juga plagiat dari threadless.com …
FAQ nya mereka aja kaya FAQ nya threadless, cuma ditranslate ke bahasa Indonesia doang aja bedanya hueheueuhehe…
ya udah sihhh.. nothing new under the sun dude
ya udah kenapa ga action mas bro kalo udah pernah kepikiran? IMHO ide sama, eksekusi beda, yang ngejalanin beda tentu beda hasilnya. terus ada apa sama gantibaju.com kok sampe jadi ga berani action hehehe.. semangat donk aw!! 😀
memang nothing new under the sun dude… tapi niru kan juga ada tata krama nya bro.
kalo ada yg niru konsep nudie jeans, masa iya desain kantong belakangnya mau sama kaya nudie bro hahaha…
wahhh… gile muantebs…,
ini yang gw cari dari dolo, desain online… 😀
itu nudie KW berarti karena sama persis. sah ga kalo gwa bikin aga sama terus gwa kasi nama “mudie”? terus berarti kalo dibandingin lagi sama emptees gimana? siapa yang ngikut2?
kalo diliat gantibaju sama threadless konsep bisnisnya yang sama, tampilan beda. kalo analogi mas bro itu kantong belakang nudie *which is itu refer to design, which is lagi itu refer to tampilan* berarti itu unique-ness dan unique-ness itu cuma bagian dari konsep bisnis.
kalo konsep bisnis belum tentu unik. dan sah aja sama. ga masuk ah analoginya.. btw kenapa harus nudie ya? ga samurai sekalian? ; p
ah.. gw kan alesan aja untuk membangun antisipasi massa untuk saat gw rilis yang versi gw nya.. :))
ama gantibaju.com ga berani soalnya yang punya temen yang suka ngasih project.. hehe.. *udangdibalikkaos* 😛
hahaha no comment deh kalo gitu..
cara ngedesignnya gimana ?
wah ini mirip http://bluecotton.com pie kyk’a bguzan ini 🙂 coba ah XD
gimana dengan kasus Supermi-Indomie-Miesedap…dan mie instan lainnya,tampilan mie nya sama persis semuanya keriting, warnanya juga sama kuning (gada yg biru ato item)….nah klo begini siapa niru siapa?
sorry….! design2nya sama ga ? klo sama anda boleh gugat designernya ! klo tidak sama…ya memang harus begitu ! klo konsep bisnisnya yg anda pertanyakan antara gantibaju.com sama threadless.com…anda juga harus pertanyakan warung tegal “mari mampir” sama warung tegal “sudi mampir”…coz semua warung tegal yo konsep dagangnya sama. Naah lho !!!
gmna cara nya desain kog nggak bisa ?
w mw disain gmne yha cara’a .,.,
gmnana nui caranya