17 December 2022

by Lukman Azis

Deretan Pemenang Gadget Champions 2022 Untuk Kategori Best for Traveller

Totalnya ada 14 pemenang Gadget Champions 2022 untuk Best for Traveller, termasuk 3 kamera mirrorless, 3 laptop, 3 smartphone, dan lainnya

Menjelang liburan akhir tahun, para traveller tentu sudah mempersiapkan itinerary atau jadwal kegiatan selama perjalanan dengan matang. Jika traveling nanti begitu spesial dan Anda sudah membulatkan tekad untuk mengabadikan momen berlibur semaksimal mungkin sekaligus bikin konten, tentunya Anda akan membutuhkan beberapa gadget canggih yang dapat menunjang kreasi konten.

Mulai dari kamera mirrorless dan laptop yang ringkas namun powerful. Smartphone yang dibawa juga harus bisa diandalkan dengan kamera bagus, daya tahan baterai panjang, dan performa gesit, hingga perangkat audio. Kami telah memilih produk dan layanan teknologi yang cukup beragam di berbagai segmen sebagai gadget terbaik untuk para traveller. Berikut pemenang Gadget Champions 2022 di kategori Best for Traveller.

1. Sony A7 Mark IV

Ini adalah penerus Sony A7 mark III, salah satu kamera mirrorless full-frame Sony paling serbaguna dan berfitur komplet, dapat diandalkan baik untuk kebutuhan foto maupun video. Dibanding pendahulunya, Sony A7 IV membawa banyak peningkatan, mulai dari sensor baru dengan resolusi lebih tinggi 33 MP dan prosesor BIONZ XR yang lebih cepat.

Untuk perekaman videonya, Sony A7 IV dapat merekam video 4K 30 fps tanpa crop dan 4K 50 fps dalam mode Super 35 atau APS-C. Selain itu, ada dukungan perekaman internal 4:2:2 10-bit, opsi codec XAVC HS, All-Intra Recording, S-Cinetone, dan kemampuan merekam video tanpa batas waktu.

2. Fujifilm X-T5

Banyak traveller memilih kamera Fujifilm karena fitur Film Simulation-nya yang sangat mempesona dan membuat pengguna tidak perlu mengedit terlalu banyak. Fujifilm X-T5 adalah kamera mirrorless Fujifilm X-T Series terbaru dengan sensor X-Trans CMOS HR generasi lima beresolusi 40 MP dan ditenagai prosesor gambar X-Processor 5.

Kombinasi spesifikasi tersebut membuatnya dapat menangkap foto hingga 20 frame per detik. Kemampuan videonya juga sangat baik, Fujifilm X-T5 dapat merekam video hingga resolusi 6,2K di 30fps dengan format 4:2:2 10-bit.

Sejak X-T3, Fujifilm memang mulai memboyong fitur-fitur video dan makin komplet di X-T4, bahkan dibekali layar dengan mekanisme fully articulated. Sekarang X-T5 kembali menggunakan mekanisme layar tilting dua arah dengan dimensi lebih ringkas sehingga lebih mudah dibawa-bawa selama perjalanan. Satu hal lagi, ekosistem lensa APS-C juga rata-rata cukup kecil dan ringan.

3. Canon EOS R10

Canon EOS R10 adalah kamera mirrorless dengan sistem EOS R, tetapi tidak menggunakan sensor berukuran full frame melainkan APS-C 24 MP dengan prosesor gambar DIGIC X. Hal itu membuat harganya lebih bersahabat, namun mewarisi teknologi autofocus (AF) milik EOS R3, yaitu EOS iTR AF X.

Kamera ini dapat memotret beruntun hingga 15 fps dalam mode mekanik dan 23 fps pada mode electronic shutter. Serta memiliki mode Burst RAW, untuk memotret gambar RAW resolusi penuh hingga 30 fps. Untuk video, EOS 10 dapat menghasilkan footage oversampled 4K/30p menggunakan lebar penuh sensor dan 4K/60p yang diambil dari crop 1,56x.

4. DJI Mini 3 Pro

Drone juga merupakan senjata andalan para traveller untuk mendapatkan aerial shot yang menakjubkan. Dengan desain lipat yang ringkas, DJI Mini 3 Pro akan mudah dibawa-bawa tanpa tas khusus. Bobotnya yang kurang dari 249 gram, membuatnya tidak perlu didaftarkan saat ingin digunakan di beberapa negara.

Meskipun mungil, drone ini dapat merekam video 1080p 120fps dan 4K 60fps. Jangkauannya juga cukup jauh, mencapai 18 km, dengan daya tahan baterai hingga 30 menit (dalam kondisi minim angin). Paket pembeliannya juga telah menyertakan remote yang membantu pengendalian drone dengan lebih presisi.

5. Insta360 ONE RS 1 Inch 360 Edition

Membawa kamera mirrorless tentu membutuhkan keahlian dan bobot tas Anda juga pasti bertambah beberapa kg, karena idealnya Anda harus membawa satu lensa zoom dan satu lensa fix. Ada alternatif yang lebih praktis untuk menangkap momen dengan cara yang unik dan kreatif dengan Insta360 One RS 1-inch 360 Edition.

Hadir dengan dua sensor gambar 1 inci dan dua lensa 360 derajat yang didesain oleh Leica, kamera ini bisa merekam video 360 derajat beresolusi 6K dan setara dengan hasil video 4K kamera normal saat diubah menjadi video biasa. Menggunakan aksesori yang khusus dibuat untuk kamera 360 derajat, Anda akan bisa menciptakan video unik yang biasanya membutuhkan gimbal dan drone.

6. ASUS Zenbook S13 OLED UM3502TA

Liburan bukan berarti tidak produktif, justru saat yang tepat untuk mengerjakan personal project Anda di sela-sela waktu menunggu dalam perjalanan. Zenbook S13 OLED (UM3502TA) adalah laptop ultrathin yang mudah diajak bepergian dengan bobot hanya 1,1 kg.

Walau bentuknya ringkas, laptop ultrathin ini dibekali AMD Ryzen 6000 Series Processor yang tergolong kencang. Didukung dengan panel ASUS OLED yang kaya warna dan akurat, Anda bisa langsung mengedit foto dan video dengan optimal. Baterainya cukup awet dan chargernya pun ringkas meski punya daya 65W.

7. Lenovo Yoga Slim 7i Carbon

Dengan bobot 988 gram, Lenovo Yoga Slim 7i Carbon menjadi salah satu laptop paling ringan yang diluncurkan di tahun 2022. Walau begitu, laptop ini tetap memiliki daya tahan yang kuat. Rahasianya terletak pada bahan serat karbon yang lebih ringan hingga 40% dengan tingkat kekakuan 25% lebih tinggi.

Dipadukan dengan bahan magnesium, Yoga Slim 7i Carbon sukses hadir sebagai sebuah laptop convertible yang kuat sekaligus amat ringan. Laptop 13,3 inci ini juga hadir dengan performa yang mumpuni dengan prosesor Intel Core i5-1240P yang siap memenuhi kebutuhan para traveller.

8. HP Spectre x360 14-ef0005TU (2022)

Selain dari ASUS dan Lenovo, ada juga laptop convertible dari HP yang meneruskan tradisi kemewahan seri Spectre. HP menerapkan desain dengan sudut unik dan skema warna yang elegan, bobotnya 1,38 kg dan ditambah charger Type-C 65 Watt 198 gram, totalnya menjadi 1,57 kg.

Di balik desainnya yang premium, HP Spectre x360 14 (2022) memiliki performa yang bisa diandalkan berkat prosesor Intel Core i7-1255U. Kombinasi desain yang menawan, performa gegas, dan layar 13,5 inci berkualitas tinggi menjadikannya cocok digunakan traveller yang ingin selalu tampil modis.

9. Sony WH-1000XM5

Bagi audiophiles tentu wajib membawa perangkat audio berkualitas tinggi Sony WH-1000XM5. Headphone wireless dengan fitur noise cancelling canggih ini yang dapat melenyapkan suara di latar belakang, misalnya keramaian celotehan penumpang di perjalanan.

Selain memiliki empat mikrofon di tiap earcup untuk menangkap suara sekitar, Sony WH-1000XM5 punya fitur yang disebut Auto NC Optimizer yang dapat mengoptimalkan noise cancelling berdasarkan kondisi dan lingkungan pemakaian. Headphone ini juga sudah mendukung Hi-Res Audio dan Hi-Res Audio Wireless dengan LDAC. Daya tahan baterainya mencapai 30 jam dalam keadaan terisi penuh.

10. Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

Sekarang kami akan membahas beberapa smartphone pilihan terbaik untuk para traveller, mulai dari smartphone flagship Samsung tahun ini. Adalah Galaxy S22 Ultra 5G yang menawarkan layar berukuran ekstra lega 6,8 inci Dynamic AMOLED 2X, performa kencang Snapdragon 8 Gen 1, kemampuan kamera yang amat baik, dan S Pen yang responsif.

Ada empat kamera belakang yang semuanya hebat, kamera utamanya 108 MP dengan OIS. Bersama kamera 10 MP dengan OIS dan lensa periscope telephoto 230mm untuk 10x optical zoom. Lalu 10 MP dengan OIS dan lensa telephoto 70mm untuk 3x optical zoom, dan satu lagi kamera 12 MP dengan lensa ultrawide 13mm 120 derajat dan mendukung Super Steady video.

11. OPPO Reno8 Pro 5G

Beralih ke OPPO, smartphone semi flagship Reno8 Pro 5G terpilih sebagai pemenang Gadget Champions 2022. Salah satu faktornya karena model tertinggi dari Reno8 Series ini dibekali chip NPU pencitraan MariSilicon X yang ada di OPPO Find X5 Pro.

Dipadukan dengan sensor gambar Sony IMX766 beresolusi 50 MP, Reno8 Pro 5G pun dapat menghasilkan foto dan video setara dengan smartphone flagship. Fitur penting lainnya adalah pengisian baterai SuperVOOC 80 watt yang ekstra cepat, Anda bisa mengisi baterai hingga 50 persen hanya dalam waktu sekitar 11 menit saja.

12. vivo V25 5G

Smartphone 5G kelas menengah dari vivo juga tak bisa diremehkan. Selain punya mengusung desain UV color-changing yang dapat berubah warna, vivo V25 5G memiliki kamera utama 64 MP dilengkapi OIS dan dapat merekam video 4K 30fps.

Tak diragukan lagi, vivo V25 5G smartphone kelas menengah yang berkualitas dan fiturnya lumayan komplet untuk diajak jalan-jalan. Meski tak banyak peningkatan yang dibawa dari vivo V23 5G dan fitur vivo V25 5G ada yang ditambah dan ada pula yang dikurangi.

13. Dyson Airwrap Multi-styler

Traveling sambil bikin konten, terlebih gaya vlog tentu harus menjaga penampilan dan rambut yang kusut bisa membuat tampang berantakan. Anda mungkin membutuhkan Dyson Airwrap Multi-Styler, perangkat rambut yang memiliki enam tool yang bisa diganti-ganti ke perangkat utamanya.

Alat styling ini menjanjikan rambut bertekstur, bervolume, keriting, dan tertata rapi tanpa merusak rambut. Dyson Airwrap Multi-styler terbaru ini hadir dalam kotak mewah yang mudah dibawa. Salah satu kelebihannya adalah hembusan angin dengan temperatur yang pas dan tetap membuat kepala nyaman saat rambut ditata.

14. Telkomsel RoaMax

Terakhir tetapi tak kalah penting, akses internet saat bepergian bisa mengandalkan Telkomsel RoaMax yang menawarkan paket roaming dengan cakupan terluas saat ini (mencapai 103 negara). Terdapat banyak pilihan paket internet untuk berbagai area atau tujuan khusus seperti Umroh, serta paket kombo Internet, telpon dan SMS yang mencakup satu benua atau seluruh negara yang dijangkau Telkomsel RoaMax.

Hal yang menarik, Anda bisa membeli dulu paket RoaMax dan mengaktifkannya saat dibutuhkan. Fitur yang berguna jika Anda bepergian jauh dan ingin mengaktifkan paket internet setelah sampai di tujuan. Dengan keunggulannya ini, Telkomsel RoaMax bisa jadi andalan bagi para traveller yang ingin bepergian baik untuk waktu yang singkat maupun lama.

Mekanisme Pemilihan Gadget Champions 2022:

Sama seperti tahun lalu, Gadget Champions 2022 dipilih dengan mekanisme tertutup. Pertama, tim redaksi Hybrid.co.id, YANGCANGGIH.COM, dan Gizmologi.id menentukan nominasi dari perangkat dan layanan teknologi terbaik yang keluar di tahun 2022.

Setelah menentukan nominasi, kami kemudian memilih pemenangnya berdasarkan kategori yang telah ditentukan. Syarat menjadi salah satu nominasi Gadget Champions adalah gadget tersebut harus resmi dijual di Indonesia melalui distributor resmi yang ditunjuk merk tersebut.