Penjualan Nintendo Switch Turun, Terjual 107 Juta Unit

Nintendo menghadapi masalah di produksi, namun menang di jumlah pemain konsolnya.

Dominasi Nintendo Switch di pasar konsol dunia ternyata masih terus berlanjut hingga tahun ini. Karena melalui laporan tahun fiskal 2021 mereka, Nintendo melaporkan bahwa kombinasi penjualan Nintendo Switch, Nintendo Switch Lite, dan Nintendo Switch - OLED hingga sekarang telah mencapai 107,65 juta unit.

Dari jumlah penjualan yang menakjubkan tersebut, tahun ini Nintendo berhasil menjual sebanyak 23,06 juta unit. Varian paling laris ternyata masih dipegang oleh Switch standar dengan 13,56 juta unit. Diikuti dengan Switch OLED (5,8 juta unit), dan Switch Lite (3,7 juta unit).

Meskipun Nintendo kini telah semakin dekat dengan target pencapaian 110 juta unit Switch-nya, namun ternyata angka tersebut turun dibandingkan tahun sebelumnya. Dibandingkan tahun fiskal 2020 lalu, penjualan konsol Switch untuk tahun ini menurun sebanyak 20%.

Image Credit: Nintendo

Penurunan ini sebenarnya bukan dikarenakan karena faktor eksternal atau minat para pemain yang menurun. Tetapi dikarenakan adanya kelangkaan semikonduktor dan komponen lainnya yang membuat produksi konsol mereka terhambat dibandingkan tahun lalu.

Selain itu, tingginya penjualan Animal Crossing: New Horizon pada 2020 silam disebut sebagai faktor pendorong tingginya penjualan konsol Nintendo Switch pada tahun tersebut. Nintendo bahkan mengakui bahwa mereka tidak memiliki game baru dengan popularitas setingkat Animal Crossing: New Horizon dalam beberapa bulan terakhir.

Untuk tahun 2021 silam, game paling populer yang hadir di konsol Switch adalah Pokémon Brilliant Diamond and Shining Pearl yang berhasil terjual hingga 14,65 juta unit. Diikuti dengan Pokémon Legends: Arceus dengan 12,64 juta kopi dalam waktu kurang dari 3 bulan. Dan game terbaru Kirby and the Forgotten Land berhasil mencapai 2,65 juta kopi dalam 6 hari  saja.

Image Credit: Nintendo

Angka penjualan game yang fantastis tersebut juga ternyata mencetak rekor baru bagi Nintendo. Dengan 2021 disebut sebagai tahun penjualan software di satu perangkat gaming tertinggi yang pernah dicapai Nintendo.

Untuk ke depannya, Nintendo juga masih memiliki beberapa judul-judul populer yang sudah ditunggu lama oleh para fans seperti Bayonetta 3, Xenoblade Chronicles 3, dan juga Pokémon Scarlet and Violet.

Terakhir, meskipun mengalami penurunan dalam penjualan unitnya, namun jumlah pemain Nintendo Switch di seluruh dunia naik sebenyak 17% dibandingkan tahun sebelumnya. Sehingga total pemain Nintendo Switch pada tahun ini berhasil menembus angka 102 juta dari yang sebelumnya 87 juta pemain.