Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Data Penonton dari GAMERS GALAXY: Invitational Series Dubai 2022

23 March 2022Ellavie Ichlasa Amalia

Pertandingan yang menarik paling banyak penonton adalah pertandingan antara BOOM Esports dan Nigma Galaxy

Di skena esports Dota 2, The International selalu jadi sorotan utama. Namun, hal itu bukan berarti kompetisi yang diadakan oleh pihak ketiga tidak menarik minat para fans. Buktinya, jumlah penonton dari GAMERS GALAY: Invitational Series Dubai 2022 tidak kalah dari babak kualifikasi untuk TI10 di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur.

GAMERS GALAXY: Invitational Series Dubai 2022 adalah kompetisi Dota 2 yang diselenggarakan secara offline oleh Galaxy Racer, penyelenggara turnamen asal Middle East and North Africa (MENA). Kompetisi itu diadakan pada 2-6 Maret 2022 dan menawarkan total hadiah sebesar AED1 juta atau sekitar Rp3,9 miliar.

Pada awalnya, GALAXY GAMERS mengundang 10 tim Dota 2. Namun, karena Rusia menginvasi Ukraina, Virtus.pro dari Rusia pun akhirnya dilarang untuk ikut serta. Alhasil, hanya ada sembilan tim yang berlaga di GALAXY GAMERS. Sembilan tim tersebut antara lain:

1. BOOM Esports
2. Fnatic
3. Nigma Galaxy
4. Nigma Galaxy SEA
5. OG
6. Team Spirit
7. Team Secret
8. TSM
9. Tundra Esports

Viewership dari GALAXY GAMERS: Invitational Series Dubai 2022

Berlangsung selama 5 hari, GAMERS GALAXY: Invitational Series Dubai 2022 memiliki total airtime selama 48 jam. Dari siaran tersebut, GAMERS GALAXY dapat mengumpulkan 13,6 juta views dan 5,2 juta hours watched, menurut data dari Esports Charts. Jumlah penonton rata-rata dari kompetisi itu adalah 110 ribu orang. Sementara pada puncaknya, jumlah penonton mencapai 244,6 ribu orang.

Viewership dari GAMERS GALAXY: Invitational Series Dubai 2022. | Sumber: Esports Charts

Menariknya, peak viewers tertinggi tidak tercapai pada babak final, tapi pada Lower Bracket Final yang mempertemukan Nigma Galaxy dengan BOOM Esports. Walau memang, babak final antara BOOM Esports dan Tundra Esports tetap menjadi pertandingan paling populer ke-2, dengan total peak viewers sebanyak 202,7 ribu orang.

BOOM Esports keluar sebagai juara dari GAMERS GALAXY setelah mereka mengalahkan Tundra Esports dengan skor 3-2 dalam pertandingan Best-of-5. Padahal, pada awal kompetisi, BOOM sempat kalah dari Tundra dengan skor 2-1 dan terlempar ke Lower Bracket. Meskipun begitu, tim asal Indonesia itu berhasil pulih dan justru membawa pulang trofi juara.

Tak hanya itu, BOOM juga berhasil menyabet gelar tim terpopuler di GAMERS GALAXY. Buktinya, BOOM mendapatkan viewership tertinggi, baik dari segi hours watched maupun average viewers. Jumlah hours watched yang didapatkan oleh BOOM adalah 2,7 juta jam, sementara jumlah penonton rata-rata dari tim itu mencapai 121,43 ribu orang. Setelah BOOM, Tundra menjadi tim favorit ke-2, diikuti oleh Nigma Galaxy. Tundra berhasil mendapatkan total hours watched sebanyak 1,86 juta jam, sementara Nigma Galaxy 1,48 juta jam. Dari segi jumlah average viewers, Tundra memiliki 107,62 ribu penonton dan Nigma Galaxy 103,53 ribu orang.

Tim-tim terpopuler di GAMERS GALAXY: Invitational Series Dubai 2022. | Sumber: Esports Charts

GAMERS GALAXY: Invitational Series Dubai 2022 disiarkan di lima platform streaming game, yaitu Twitch, YouTube, Facebook, Dota TV Match, dan Trovo. Dengan jumlah peak viewers mencapai 141,7 ribu orang, Twitch merupakan platform streaming favorit untuk menonton GAMERS GALAXY. Di Twitch, GAMERS GALAXY ditayangkan di 31 channels dan berhasil mendapatkan 5,8 juta views serta 148 ribu follows. Sementara itu, YouTube menjadi platform streaming game favorit kedua untuk menonton GAMERS GALAXY. Jumlah peak viewers yang didapat YouTube mencapai 83 ribu orang. Secara keseluruhan, GAMERS GALAXY mendapatkan 4,6 juta views dan 88,3 ribu likes di YouTube.

Sebagai kompetisi internasional, GAMERS GALAXY ditayangkan dalam belasan bahasa, mulai dari Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Jerman, sampai Bahasa Tamil. Sudah bisa diduga, siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran dengan jumlah peak viewers tertinggi, mencapai 177,9 ribu orang. Menariknya, siaran dalam Bahasa Rusia merupakan siaran terpopuler ke-2 setelah siaran dalam Bahasa Inggris. Jumlah peak viewers dari siaran dalam Bahasa Rusia adalah 23 ribu orang. Sementara itu, siaran dalam Bahasa Indonesia ada di peringkat 10, dengan jumlah peak viewers sebanyak 2,7 ribu orang.


GAMERS GALAXY: Invitational Series Dubai 2022 merupakan turnamen offline Dota 2 pertama yang mengundang sejumlah tim-tim Dota 2 terbaik sejak The International 10, yang diadakan pada Oktober 2021. Menurut Esports Charts, hasil viewership dari GAMERS GALAXY tidak kalah dengan babak kualifikasi TI10 untuk kawasan Asia Tenggara atau Eropa Timur. Suksesnya GAMERS GALAXY membuat sebagian fans Dota 2 terdorong untuk meminta Valve mengubah sistem di Dota Pro Circuit (DPC). Tujuannya, agar para pemain profesional bisa ikut serta dalam kompetisi Dota 2 yang digelar oleh pihak ketiga, seperti GAMERS GALAXY.

Play video

27 June 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Ledger umumkan markteplace NFT. Berita lengkap ...

Others from #HybridTV