Agustus lalu, Tencent telah merilis sejumlah game mobile untuk berbagai platform, salah satunya adalah Tian Tian Ai Xiau Chu yang diperuntukkan bagi sistem operasi iOS. Selain Tian Tian Ai Xiau Chu ada 4 game mobile lainnya yang diperuntukkan bagi pasar Cina atau secara khusus untuk aplikasi Weixin, atau versi globalnya dikenal dengan nama WeChat.
Meskipun kelima game mobile milik Tencent diperuntukkan bagi pasar Cina, namun hebatnya baru 3 bulan rilis kelima game buatan mereka jika digabungkan sudah diunduh lebih dari 570 kali.
Weixin atau kita kenal dengan WeChat mempunyai 270 juta pengguna aktif di seluruh dunia, 50% lebih sedikit dibandingkan jumlah unduhan kelima game mereka yang mencapai 570 juta lebih, hebatnya angka ini hanya dari unduhan pengguna di Cina. Angka ini bisa naik dua kali lipat pasca meledaknya penjualan smartphone milik Xiaomi, kondisi tersebut tentu membuat Tencent punya kans besar untuk kembali mencatatkan rekor yang lebih spektakuler, tidak hanya di Cina tapi di pasar global. Sekaligus memperbesar kans mereka untuk menambah jumlah pengguna WeChat atau Weixin.
Angka ini merupakan satu gambaran yang jelas bagaimana besarnya potensi pasar yang dimiliki oleh Cina terutama di sektor mobile, sebagaimana Baidu juga merilis sejumlah data pengguna aktif Android kuartal ketiga 2013 di Cina yang menunjukkan peningkatan sebesar 13% dibandingkan kuartal kedua tahun 2013.
Tencent tak berhenti di 5 game yang sudah mereka rilis di bulan Agustus lalu, kemarin waktu setempat, Tencent mengumumkan segera merilis game mobile terbaru bernama Daily for Speed yang rencananya rilis pada 3 Desember 2013 nanti.
Di Indonesia sendiri aplikasi WeChat baru masuk awal Maret lalu dan langsung menyita perhatian publik tanah air, di awal peluncurannya saja tercatat ada 90 ribu unduhan yang terjadi setiap hari. Jika game-game Tencent dihadirkan di Indonesia, bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi negara terbesar berikutnya yang menggunakan game-game mereka.
Sumber berita TheNextWeb.