Dark
Light

Daftar Lengkap Fitur Galaxy AI yang Tersedia di Samsung Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6

by
2 mins read
August 28, 2024

Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 saat ini menjadi duo andalan Samsung untuk mencuri perhatian pecinta smartphone di Tanah Air. Nilai jual utama dari dua smartphone foldable Samsung ini bukan hanya pada bentuk lipatnya yang unik, tapi juga pada fitur-fitur eksklusif yang diusung.

Salah satu fitur eksklusif tersebut tidak lain adalah Galaxy AI dengan berbagai bantuan AI yang tersedia. Apalagi statusnya sebagai smartphone kelas atas terbaru Samsung membuat kedua smartphone ini mendapat keutamaan fitur-fitur paling baru dari Galaxy AI.

AI on Device

Perlu diketahui bahwa fitur Galaxy AI pada smartphone Samsung ternyata dikategorikan menjadi 2 kategori. Yang pertama adalah ‘AI On Device’ yang merupakan daftar fungsi-fungsi AI yang dapat digunakan tanpa memerlukan koneksi internet. Fitur-fitur AI On Device tersebut antara lain:

  • Live Translate (Aplikasi pihak ketiga)

Dengan fitur Live Translate ini, suara yang didengarkan dapat diterjemahkan secara real-time. Apalagi fitur ini kini dapat digunakan di aplikasi pihak ketiga yang membuatnya semakin fleksibel.

Fitur ini akan sangat berguna bagi para pengguna yang sering menerima dokumen PDF dalam bahasa asing. Karena Galaxy AI dapat langsung menerjemahkan sekaligus mengedit dokumen tersebut.

  • Listening Mode

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan Galaxy Z Fold6 atau Z Flip6 menjadi telinga pengguna, sehingga percakapan dalam bahasa asing dapat diterjemahkan menjadi transkrip secara real-time.

  • Voice Recording – Note Assist

Bagi para pengguna yang butuh mengubah percakapan dalam bahasa asing, menerjemahkannya, dan merangkumnya ke dalam catatan maka fitur ini dapat melakukannya secara langsung.

  • Suggested Replies

Dengan membaca pesan yang masuk ke smartphone, Galaxy Z Fold6 atau Z Flip6 dapat memberikan rekomendasi jawaban sesuai dengan percakapan yang sedang berlangsung.

Mengubah foto yang ada di Gallery menjadi video parallax yang memberikan efek 3 dimensi hanya dengan satu kali klik. Galaxy AI juga akan menyesuaikan efek 3D dengan foto yang di-edit.

  • Auto Zoom

Fitur baru di Galaxy Z Flip6 yang dapat mengenali orang, atau hewan peliharaan, dan secara otomatis menyesuaikan zoom optimal saat Anda mengambil foto dalam Flex Mode.

  • Energy Score

Membaca dan menghitung berbagai aspek dari kondisi tubuh pengguna lewat bantuan Galaxy Watch untuk memberikan skor serta rekomendasi kesehatan personal terhadap pengguna.

Cloud-Based AI

Sedangkan kategori yang kedua disebut sebagai fitur ‘Cloud-Based AI’, yang seperti namanya berisikan daftar fitur-fitur AI yang dapat digunakan di Galazy Z Series dengan wajib mengunakan koneksi internet. Daftar fitur-fitur yang masuk ke dalam ‘Cloud-Based AI’ ini adalah:

Mengembangkan teks skrip, presentasi ataupun pidato melalui perintah awal singkat. Pengguna dapat menyesuaikan format dan gaya bahasa untuk disesuaikan dengan keinginan.

  • Portrait Studio

Mengubah foto diri menjadi gambar generatif AI dengan berbagai style yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi pengguna. Nantinya foto portrait bergaya AI tersebut dapat digunakan dengan bebas oleh pengguna.

  • Sketch to Image at Gallery

Menghapus atau menambahkan objek ke dalam foto melalui perintah sketsa sederhana. Selanjutnya Galaxy AI akan mengubah sketsa tersebut menjadi gambar penuh yang menyatu dengan gambar aslinya.

  • Sketch to Image at Samsung Notes

Memvisualiasikan sketsa kasar di Samsung Notes, yang nantinya akan diproses oleh Galaxy AI menjadi satu gambar sempurna. Pengguna juga dapat memilih style gambar yang dikehendaki.

  • Smart Select to QR Code

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil/menyalin teks ataupun gambar dari konten apapun yang muncul di layar smartphone. Fitur ini juga dapat digunakan untuk memindai QR Code.

  • Create Profile Card

Bagi pengguna yang memiliki banyak kontak dapat melakukan kostumisasi profile untuk setiap kontak yang ada. Tidak hanya menambahkan foto, namun pengguna juga dapat menggunakan Galaxy AI untuk membuat foto kontak menjadi menarik.

Kemudahan AI di Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6

Dengan beragam fitur AI yang tersedia baik di Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6, Anda dapat memanfaatkan banyak hal untuk membantu Anda. Mulai dari sekadar bersenang-senang membuat gambar AI, hingga urusan profesional seperti mengubah PDF berbahasa asing.

Sebagai informasi tambahan, fitur Galaxy AI ini juga tersedia di beberapa model Samsung lainnya seperti Galaxy S21 Series, Galaxy S22 Series, Galaxy S23 Series, Galaxy S24 Series, Galaxy Z Fold4, Galaxy Z Flip4, Galaxy  Z Fold5, Galaxy Z Flip5, Galaxy  Tab S8 Series, dan Galaxy Tab S9 Series.

Kerja-Pakai-Tablet,-Mending-Pilih-Apple-iPad-Air-11-Atau-iPad-Pro-11-2024
Previous Story

Kerja Pakai Tablet, Mending Pilih Apple iPad Air 11 Atau iPad Pro 11 2024

Next Story

5 Alasan Mengapa AI on Device di Samsung Galaxy Z Series Penting untuk Produktivitas

Latest from Blog

Don't Miss

5 Alasan Samsung Galaxy S24 Ultra Jadikan Kamu Fotografer ‘Pro’

Selama bertahun-tahun foto berkualitas pro tentunya hanya dapat dihasilkan oleh

Samsung Bagikan Cerita di Balik Penciptaan Fitur AI Listening Mode

Galaxy AI masih menjadi salah satu daya tarik utama dari