Daftar Lengkap Juara Free Fire Master League (FFML), Siapa Tim dengan Gelar Terbanyak?

Turnamen liga esports Free Fire tertinggi di Indonesia memiliki sejarah yang panjang dari para juara

Daftar juara dari ajang Free Fire Master League (FFML) sangat beragam karena banyak tim-tim kuat yang ikut bertanding. Dari debutnya di musim pertama hingga sekarang memasuki FFML Season 7, panggung esports dari Free Fire tidak hilang di hati para penggemarnya.

Free Fire Master League (FFML) sendiri merupakan turnamen kelas tertinggi dari judul game Free Fire di Indonesia. Dalam turnamne tersebut nantinya diikuti oleh 18 tim (sebanyak 24 tim di FFML Season 1) kuat yang bertanding memperebutkan gelar sebagai tim Free Fire terbaik di Indonesia.

Sumber: Garena Free Fire

Memang dalam sejarahnya, FFML terus melakukan perombakan dari segi format, jumlah tim yang bertanding, dan daftar perolehan poin. Tidak lupa, tim-tim yang berhasil menjadi juara memiliki sosok pemain yang mendongkrak performa timnya hingga menjadi juara.

Daftar Juara FFML yang ada hingga saat ini memang terus berganti, rutin setiap musimnya karena berbagai faktor, baik perubahan strategi hingga pergantian pemain.

Sumber: Garena Free Fire

Lantas, tim-tim mana saja yang pernah menorehkan gelar juara di FFML dari musim perdana hingga musim terbarunya?

Panggung Para Juara, Tim Free Fire Kuat di Indonesia

Sumber: Garena Free Fire

Banyak perubahan yang terjadi dari susunan tim yang dulu 24 tim menuju 18 tim, hingga turnamen yang dulu berjalan 5 minggu kini bergulir hingga 6 minggu.

Tidak lupa perubahan format yang terbaru di FFML Season 7 yaitu perubahan/rotasi nama tim yang bertanding dari masing-masing grup.

Dari sejarah sendiri, FFML Season 1 hingga Season 4 menghadirkan format pertandingan sistem grup, dan pada FFML Season 5 tidak ada lagi sistem grup. Dengan kata lain, hanya ada 1 juara terhitung sejak bergulirnya turnamen di FFML Season 5.

Sumber: Garena Free Fire

Salah satu hal yang masih sama dari masing-masing turnamen adalah para juara akan mewakili Indonesia di turnamen level dunia dari skena esports Free Fire, seperti Free Fire World Series.

Penasaran siapa saja juara Free Fire Master League (FFML) dari musim ke musimnya?

Juara Free Fire Master League (FFML) Season 1

Sumber: Garena Free Fire

  • Juara Grup A: Rosugo Esports
  • Juara Grup B: RRQ Hades
  • Juara Grup C: AURA XCODE
  • Juara Grup D: EVOS Esports
  • Juara Grup E: Bigetron Magix
  • Juara Grup F: ONIC Olympus

Laga pembuka dari skena esports Free Fire menghadirkan total 6 juara yang diwakili oleh masing-masing grup. Pada laga kali ini, juaranya datang dari total 24 tim yang bertanding.

Turnamen satu ini membawa hadiah sebesar Rp5 miliar dengan pemenang grup mendapatkan hadiah sebesar Rp200 juta.

Juara Free Fire Master League (FFML) Season 2

  • Juara Grup A: ONIC Olympus
  • Juara Grup B: AURA Ignite
  • Juara Grup C: EVOS Divine

Pada turnamen musim berikutnya, FFML Season 2 menurunkan total tim yang bertanding menjadi 18 saja. Tim dibagi menjadi 3 grup yang berisikan masing-masing 6 tim.

Di tahun ini juga menjadi debut munculnya Predator leaderboard atau jajaran pemain dengan jumlah eliminasi terbanyak.

Untuk total hadiah FFML Season 2 membawa uang sebesar Rp5,5 miliar, pemenang masing-masing grup mendapatkan Rp250 juta.

Juara Free Fire Master League (FFML) Season 3

  • Juara Grup A: ONICOlympus
  • Juara Grup B: RedBullRebellion
  • Juara Grup C: Island of Gods

Turnamen di FFML Season 3 menjadi debut munculnya lini kelas yaitu Divisi 1 dan Divisi 2. Keduanya menerapkan sistem kualifikasi, promosi, dan degradasi bila mendapatkan tempat di klasemen tertentu.

Untuk hadiah, turnamen FFML Season 3 masih membawa prizepool yang sama yaitu Rp5,5 miliar dan para juara dari masing-masing grup mendapatkan Rp250 juta.

Juara Free Fire Master League (FFML) Season 4

Sumber: Garena Free Fire

  • Juara Grup A: SES Alfaink
  • Juara Grup B: ONICOlympus
  • Juara Grup C: Island of Gods

Untuk musim FFML Season IV sebenarnya tidak ada perubahan signifikan dibanding musim-musim sebelumnya, masing-masing tim bermain selama 6 minggu dan 2 hari di setiap minggunya.

Untuk prizepool masih sama sebesar Rp5,5 miliar dengan juara dari masing-masing grup mendapatkan hadiah Rp250 juta. Untuk setiap tim yang ikut di rangkaian FFML Season 1 hingga FFML Season 4, masing-masing juga mendapatkan hadiah partisipasi sebesar Rp239 juta di setiap musimnya.

Juara Free Fire Master League (FFML) Season 5

Sumber: Garena Free Fire

  • Juara FFML Season 5: EVOS Divine

Perubahan paling besar terjadi di FFML Season 5 karena hanya ada satu juara sekarang dan tentunya hadiah yang lebih besar. Pemenang juga akan bermain di FFWS untuk mewakili Indonesia di ajang tersebut.

EVOS Divine berhasil menjadi juara dan mendapatkan hadiah terbesar dengan nilai Rp764 juta. FFML Season V juga masih membawa total prizepool yang sama yaitu Rp5,5 miliar.

Juara Free Fire Master League (FFML) Season 6

Sumber: Garena Free Fire

  • Juara FFML Season 6: SES Alfaink

Hasil terbaru dari skena esports FFML tepatnya di musim ke-6 dengan SES Alfaink sebagai juara. Tim tersebut mendapatkan hadiah terbesar dari porsi prizepool di FFML Season 6 dengan Rp5,5 miliar.

SES Alfaink berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp764 juta, tiket kualifikasi ke FFWS Bangkok 2022 dan Piala Presiden Esports 2022.


Tim Peraih Gelar FFML Terbanyak

Sumber: Garena Free Fire

Hingga saat ini, ONIC Olympus menjadi tim dengan raihan gelar juara FFML terbanyak selama 6 musim lamanya. Tercatat, tim ONIC Olympus menjadi juara pada beberapa seri turnamen seperti FFML Season 1, 2, 3, dan 4.

Namun gelar juara tersebut sebelum hilangnya sistem juara dari masing-masing grup. Lantas, mampukah ONIC Olympus menjadi juara utama di seri FFML Season 7?

Sumber: Garena Free Fire

FFML Season 7 sendiri sedang bergulir dan membawa total 18 tim yang bertanding dengan format yang berbeda. Setiap tim akan bermain selama 2 hari dari total 3 hari di setiap minggunya, tentunya dengan sistem rotasi tim dari masing-masing grup.

Tentunya perjalanan mencari sang juara masih berlanjut. Tertarik menonton keseruannya?

Ikuti terus rangkaian turnamen FFML Season 7 yang ditayangkan melalui kanal YouTube, Facebook, dan TikTok Free Fire Esports ID di setiap akhir pekan sepanjang 3 Maret 2023 hingga 2 April 2023 pada pukul 16:00 WIB.