FFML Season 7 Resmi Dimulai, Momentum Perebutan Gelar Tim Free Fire Terbaik

Turnamen besutan Garena kali ini membawa total 18 tim Free Fire terbaik dari Indonesia

Turnamen Free Fire Master League (FFML) Season 7 besutan Garena yang disponsori oleh Sukro dan KFC resmi dimulai hari Jumat (3/3) kemarin. Setelah melangsungkan berbagai macam kualifikasi, akhirnya perebutan gelar juara tim Free Fire terbaik resmi dilaksanakan.

FFML Season 7 sendiri merupakan rangkaian dari roadmapesports Free Fire di tahun 2023. Meski hanya tim Indonesia, namun 18 tim esports Free Fire terbaik akan bertarung dalam kompetisi esports kasta tertinggi di Indonesia dengan skema dan tantangan baru.

Tim terbaik di FFML Season 7 akan mendapatkan hadiah utama dari total prize pool sebesar Rp1,2 miliar dan berhak untuk mewakili Indonesia di turnamen Free Fire SEA Invitational (FFSI).

Sumber: Garena Free Fire

Memiliki tujuan untuk membangun kompetisi yang setara, kini FFML Season 7 dimulai melalui babak Qualifier yang melibatkan Region Qualifier dan In-game Qualifier.

Hal ini merupakan bagian dari komitmen Garena untuk menghadirkan sistem turnamen esports yang berkelanjutan dan lebih terbuka.

Perubahan skema atau format yang dilakukan di tahun 2023 juga diharapkan mampu mendorong level kompetisi sekaligus meningkatkan kualitas talenta esports Free Fire di Indonesia.

League Phase FFML Season 7

Sumber: Garena Free Fire

Turnamen FFML Season 7 akan dimulai dengan League Phase dengan pertandingan pada Jumat, 3 Maret 2023. Pada fase ini, sebanyak 18 tim akan dibagi ke dalam tiga grup yang masing-masing berisikan 6 tim.

Sebanyak dua grup akan saling berhadapan di setiap match day menggunakan skema best-of-six (Bo6). Setiap pekannya, akan ada 3 match day sepanjang Jumat, Sabtu, dan Minggu. Setiap match day sepanjang League Phase akan digelar secara langsung di Studio Sepat 72.

Bertanding selama 5 pekan hingga 2 April 2023 mendatang, nantinya 18 tim akan saling beradu untuk menjadi yang terbaik dan mengamankan posisi 12 besar untuk berhak melaju ke babak Grand Final.

Sumber: ESL

Lalu semua tim juga siap memperebutkan total prize pool sebesar Rp960 juta untuk di babak Grand Final. Di sisi lain, pemuncak klasemen pada akhir League Phase berhak mendapatkan bagian hadiah terbesar dengan nilai Rp400 juta.

Berikut 18 tim yang akan bertanding di FFML Season 7:

  • Lolos dari FFML Season VI Divisi 1 (11 Tim):

SES Alfaink, EVOS Divine, ECHO Esports, ONIC Olympus, Team RRQ, First Raiders Eclipse, G-Arsy Aphrodite, Bulls Esports, MBR Epsilon, Morph Team, MPO Esports

  • Lolos dari FFML Season VI Divisi 2 (3 Tim):

Bigetron Delta, First Raiders Storm, Tiger Wong Esports

  • Lolos dari Babak Qualifier (4 Tim):

Kagendra, Dewa United Esports, Genesis Dogma SF, OPI Griffin

Grand Finals FFML Season 7

Sumber: Garena Free Fire

Nantinya dari 18 tim akan tersisa 12 tim terbaik dari babak League Phase yang berhak melaju ke babak Grand Finals pada pertengahan April 2023.

Di pertandingan puncak tersebut semua tim akan bertanding pada 1 match day, dengan skema pertandingan best-of-six (Bo6). Tim yang mampu memuncaki klasemen di babak kali ini akan dinobatkan sebagai juara dari FFML Season 7.

Sang juara dari Grand Finals akan mendapatkan bagian terbesar dari total prize pool senilai Rp240 juta. Selain itu, tim juara dengan tim lain di 4 besar juga akan berpartisipasi di Free Fire SEA Invitational 2023 pada Mei 2023.

Di kompetisi tersebut, mereka akan bertarung melawan tim dari wilayah MCPS 1, Vietnam, Thailand, Eropa, MEA 2, Taiwan, dan Pakistan di turnamen Free Fire SEA Invitational (FFSI) pada Mei 2023.

Free Fire Master League (FFML) Season 7 mendapatkan dukungan penuh dari Sukro dan KFC sebagai brand yang memiliki komitmen terhadap pengembangan talenta anak muda, termasuk dalam bidang esports.

Sumber: Garena Free Fire

Kedua brand juga berkolaborasi dengan Free Fire untuk meluncurkan produk co-branding eksklusif.

Sukro merilis serangkaian produk dengan desain co-branding yang memuat logo dan karakter populer di Free Fire. Sementara itu, KFC akan segera merilis kejutan kolaborasi dengan Free Fire.

Rangkaian kompetisi FFML Season 7 akan ditayangkan melalui kanal YouTube, Facebook, dan TikTok Free Fire Esports ID di setiap akhir pekan sepanjang 3 Maret 2023 hingga 2 April 2023 pada pukul 16:00 WIB.