3 February 2023

by Glenn Kaonang

Cool Cats Ungkap Identitas Baru, Bakal Rilis NFT Dinamis yang Customizable

Cool Cats bakal mengembangkan IP-nya hingga merambah lebih banyak medium seperti komik, serial kartun, dan game

2023 sepertinya bakal menjadi tahun yang menarik bagi komunitas NFT. Pasalnya, baru sebulan berselang, kita sudah mendengar kabar mengenai inisiatif baru yang sangat menarik dari tiga proyek NFT populer. Yang pertama datang dari kreator Bored Ape, kedua dari Doodles, dan yang ketiga sekaligus terbaru datang dari Cool Cats.

Cool Cats, buat yang kurang familier, adalah salah satu koleksi NFT terpopuler yang diluncurkan pada Juli 2021. Koleksinya sejauh ini sudah mencatatkan volume perdagangan senilai $378 juta menurut data dari CryptoSlam, sekaligus melahirkan koleksi spin-off bernama Cool Pets. Namun tim pengembangnya rupanya punya visi yang lebih luas lagi.

Lewat sebuah livestream di YouTube, tim Cool Cats menyingkap roadmap barunya, dengan agenda utama menjadi sebuah brand hiburan terkemuka yang berfokus pada aspek storytelling dan inovasi. Visi semacam ini tentu bukan lagi hal yang asing di dunia Web3, dan sejauh ini sudah ada beberapa yang berhasil membuktikannya. Singkat cerita, kita tidak perlu kaget seandainya nanti IP Cool Cats berhasil menembus medium-medium baru seperti komik, serial kartun, maupun video game.

Terkait produk baru, tim Cool Cats sudah menyiapkan beberapa. Yang pertama adalah koleksi NFT baru bernama Fracture yang sudah dibagikan secara gratis ke semua pemilik NFT Cool Cats maupun Cool Pets. Fracture dideskripsikan sebagai NFT dinamis yang akan berevolusi seiring pemiliknya menyelesaikan beragam pengalaman interaktif yang disebut dengan istilah Journey.

Kemudian dalam beberapa bulan ke depan, tim Cool Cats akan merilis koleksi NFT baru bernama Explorer dengan tujuan untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Kabarnya, NFT Explorer ini akan menawarkan kustomisasi satu bodi penuh, sekaligus bakal tersedia di beberapa blockchain yang berbeda, termasuk yang tidak kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) sekalipun.

Detail lebih lengkapnya masih dirahasiakan, namun sepintas arahan yang diambil tim Cool Cats untuk proyek NFT Explorer ini mirip seperti proyek NFT Doodles 2 yang belum lama ini diperkenalkan. Dalam kasus Doodles 2, kolektor disebut bakal bisa melakukan kustomisasi pakaian dan aksesori karakternya sebanyak mungkin.

Sumber: Decrypt dan Cool Cats.