Esports Ecosystem

Cloud9 Gandeng Uconnect Esports untuk Kembangkan Ekosistem Esports Mahasiswa

07 Aug 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Cloud9 menjadi organisasi esports besar pertama yang bekerja sama dengan Uconnect Esports

Dalam industri esports, regenerasi pemain profesional masih menjadi masalah. Untungnya, sekarang, semakin banyak pihak yang tertarik untuk mengadakan turnamen esports di tingkat SMA atau universitas. Di Amerika Serikat, Ubisoft mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan Rainbow Six Collegiate. Sementara itu, di Indonesia, juga ada beberapa turnamen khusus mahasiswa, seperti Mobile Legends Campus Championship dan PUBG Mobile Campus Championship.

Sekarang, Cloud9 baru saja mengumumkan kerja samanya dengan Uconnect Esports. Melalui kerja sama ini, keduanya akan berusaha untuk mengembangkan ekosistem esports mahasiswa sepanjang 2020. Dalam semester ganjil 2020, Cloud9 akan mengadakan berbagai kegiatan online bersama komunitas. Tujuannya adalah untuk mendukung organisasi esports tingkat universitas selama pandemi COVID-19. Cloud9 juga telah memulai kegiatan pertama mereka. Acara tersebut diikuti oleh 16 komunitas esports dan gaming mahasiswa di Amerika Utara.

cloud9 gandeng uconnect
Bersama dengan Uconnect, Cloud9 akan membuat berbagai kegiatan esports tingkat mahasiswa. | Sumber: Dot Esports

Esports tingkat mahasiswa kini tengah berkembang pesat,” kata CEO dan Co-founder Cloud9, Jack Etienne, menurut laporan Esports Insider. “Kami di Cloud9 menyadari potensi itu. Dan kami ingin mendukung para mahasiswa dengan memberikan mereka kesempatan untuk masuk ke dunia esports. Kami senang melihat perkembangan dari generasi muda pelaku esports.”

Cloud9 adalah salah satu organisasi esports terpopuler asal Amerika Utara. Sementara Uconnect Esports merupakan marketplace yang mempertemukan perusahaan sponsor dengan organisasi esports. Dalam jaringan mereka, terdapat lebih dari 150 organisasi esports dan gaming mahasiswa di Amerika Utara. Cloud9 menjadi organisasi esports pertama yang bekerja smaa dengan Uconnect Esports. Selain itu, Cloud9 juga merupakan salah satu organisasi esports besar pertama yang meluncurkan program esports untuk mahasiswa.

“Tim Uconnect sangat senang dapat bekerja sama dengan salah satu organisasi paling populer dan paling bergengsi di dunia esports,” kata CEO dan Pendiri Uconnect Esports, Dylan Liu, menurut laporan InvenGlobal. “Dalam beberapa minggu belakangan, beragai organisasi esports mahasiswa menunjukkan antusiasme tinggi akan kerja sama kami dengan Cloud9. Kami akan terus mencari cara baru dan inovatif untuk bisa bekerja sama dengan organisasi esports besar demi mengembangkan ekosistem esports mahasiswa.”