10 March 2022

by Lukman Azis

Clipchamp Merupakan Aplikasi Edit Video Baru Microsoft Untuk Windows 11

Alat pengeditan yang ditawarkan oleh Clipchamp cukup lengkap tetapi perlu berlangganan

Masih ingat dengan aplikasi edit video Windows Movie Maker? Software editingvideo yang merupakan bagian dari Windows Essentials ini menawarkan kemampuan untuk membuat dan mengedit video dengan alat dasar dan pengoperasian yang mudah. Sayangnya Microsoft secara resmi menghentikan Windows Movie Maker pada tahun 2017.

Bagi yang masih berharap Microsoft untuk menghidupkan kembali Windows Movie Maker, Clipchamp akan menjadi jawabannya jika Anda yang mencari aplikasi edit video di Windows. Setelah mengakuisisi Clipchamp tahun lalu, Microsoft akan membawanya ke sistem operasi Windows 11.

Clipchamp adalah aplikasi edit video di Windows berbasis browser yang menawarkan alat pengeditan video cukup lengkap, termasuk trimming, splitting, transition, dan screen recorder. Bahkan Clipchamp memiliki timeline seperti yang terdapat pada aplikasi edit video pro macam Adobe Premiere Pro untuk pengeditan multi-layer.

Yang juga amat menarik ialah ketersediaan template dan beragam koleksi filter, transition, stock media, dan styles. Microsoft juga telah mengintegrasikannya dalam generator text-to-speech bertenaga Azure yang memungkinkan para content creator menggunakan voice over dalam 70 bahasa dan OneDrive juga terintegrasi untuk penyimpanan file di cloud.

Microsoft mengatakan Clipchamp sekarang menjadi aplikasi "inbox" di Windows 11, yang berarti itu akan diinstal sebelumnya pada semua perangkat berbasis Windows 11 terbaru. Namun meski fitur-fiturnya cukup lengkap, saat ini untuk menikmati semuanya pengguna harus berlangganan.

Saat saya coba, totalnya ada empat paket yang tersedia. Mulai dari paket basic yang gratis tetapi hanya bisa export video pada resolusi 480p. Creator dengan harga US$9 per bulan dengan dukungan export 720p, Business US$19 per bulan, dan Business Platinum US$39 per bulan yang mendukung export video 1080p dengan sejumlah fasilitas tambahan lainnya.

Bersamaan dengan pembaruan aplikasi ini, Microsoft sekarang mulai menguji beberapa perubahan pada pengalaman pencarian di Windows 11. "Mulai awal minggu depan, kami akan mulai meluncurkan pembaruan untuk pencarian di Windows 11 yang menyoroti momen-momen menarik. Kotak pencarian di Start dan Search akan diperbarui secara berkala dengan konten, termasuk ilustrasi yang membantu menemukan lebih banyak, terhubung, dan tetap produktif," jelas Amanda Langowski, head of Microsoft Windows Insider program.

Sorotan pencarian ini akan mencakup momen seperti liburan, peringatan, dan momen lainnya. Hasil pencarian terbaru akan ditempatkan di samping, dan jika Anda masuk dengan akun kerja, maka file dan kontak melalui Microsoft Search akan ditampilkan. Seperti biasa, beberapa perubahan ini mungkin akan muncul secara bertahap di Windows 11 dalam beberapa bulan mendatang.

Sumber: TheVerge