Dark
Light

CitiesUp Adalah Perpaduan Formula SimCity Dengan Game Tabletop

1 min read
January 4, 2016

SimCity-lah yang berjasa mendirikan city-building, sebuah sub-genre populer di ekosistem video game strategi. Ia terbukti sangat adiktif, dan meski belakangan tim pencipta SimCity tampak kehilangan arah, banyak developer baru berhasil meneruskan semangat serta esensi dari city-building. Dan melihat kuatnya antusiasme gamer, tim Jerman menerapkan twist ke dalam genre tersebut.

Dengan memadukan beberapa pendekatan berbeda, kreasi developer Spectacled Bear Games sangat menjanjikan. Mereka memperkenalkan CitiesUp, sebuah kombinasi dari permainan city-building dan tabletop, dipadu elemen multiplayer kompetitif. CitiesUp mungkin bukanlah board game pertama berformula simulasi pembangunan kota, tapi ada banyak hal yang membuat permainan tabletop ini begitu unik.

Kekurangan dari mayoritas permainan tabletop sejenis ialah tidak adanya interaksi serta ketiadaan rasa ‘pembangunan’. Aspek ini malah menjadi senjata andalan di CitiesUp: Anda melihat langsung perkembangan kota miniatur tersebut dari sisi luas serta tinggi layaknya video game, merepresentasikan kesuksesan pemain sebagai sang investor. Bedanya, kita benar-benar dapat menyentuh ‘balok-balok’ kota di sana.

CitiesUp 02

Pecinta city-building sudah pasti akan segera merasa familier. Anda diminta mengelola tiga tipe bangunan, yaitu residential, commercial dan industrial, serta menopangnya dengan air, listrik dan layanan pendukung. Uang bisa terkumpul melalui pajak yang dihasilkan gedung – syaratnya, gedung tersebut harus cukup mendapatkan pasokan (air, listrik dan servis). Besarnya pembangunan menunjukkan tingginya skor pemain.

Tiap bangunan terhubung ke kartu, menampilkan informasi kebutuhan serta output-nya. Tiap jenis mempunyai spesifikasi berbeda, dan semakin besar ukuran, kian besar pula tuntutannya. Kita juga tidak bisa membangun sembarangan karena tiap gedung harus didirikan dalam pola tertentu supaya menghasilkan bonus. Perputaran uang memungkinkan Anda untuk ekspansi kota serta membayar upah pemeliharaan.

CitiesUp 03

Perkembangan kota juga dipengaruhi event dinamis serta langkah strategis lawan main Anda. CitiesUp dirancang sebagai permainan tabletop multiplayer, mendukung dua sampai empat pemain.

Satu paket permainan berisi 27 building token berbentuk kubus dengan lebar dan tinggi berbeda. Kubus tersebut mempunyai ukuran satuan 2x2x2cm, dibuat dari kayu ek dan dicat secara teliti menggunakan tangan. Pernak-pernik lainnya juga diracik apik, meliputi board, buku petunjuk, stiker, kartu, dan lain-lain.

Di Kickstarter, bundel CitiesUp ditawarkan seharga mulai dari € 55 atau US$ 60. Sayangnya untuk sekarang, ia baru bisa dipesan oleh konsumen asal Jerman, Amerika dan Eropa saja.

Previous Story

Kamera Ini Dirancang Secara Khusus untuk Kegiatan Livestreaming

Next Story

Ramaikan CES 2016, Alcatel Siapkan Tablet OneTouch PIXI 3 Bersistem Windows 10 Mobile

Latest from Blog

Don't Miss

AI banyak dipakai dalam pembuatan game Firmament

AI Banyak Dipakai dalam Pembuatan Game Ini, Sejumlah Pemainnya Kecewa

Penggunaan generative AI di industri video game terus menuai kontroversi.
Squid Game Board Game

Stranger Things dan Squid Game Dapatkan Adaptasi Board Game

Netflix memberikan kesempatan buat fans-fans beratnya untuk terus menikmati serialnya