Dark
Light

Cast Lokal : Viva Konten Lokal!!

1 min read
February 11, 2009

Posting ini saya dedikasikan untuk para cast-ers sejati dari ranah nasional yang beberapa juga kebetulan ada rekan-rekan seperjuangan dengan saya. Dengan misi yang kurang lebih sama, memajukan konten lokal untuk konsumsi lokal 😉

Cast-ers disini ada beberapa jenis juga, ada Video Casters seperti Not So Geeky yang beberapa waktu lalu memulai edisi perdananya dengan bintang tamu yang spektakuler *exaggerated* yaitu (silahkan isi sendiri, saya malu) dan beberapa hari lalu merilis episode kedua yang menampilkan wawancara dengan sang founder dari WordPress, Matt Mullenweg. Hebat ya, mereka bisa dapat wawancara eksklusif dengan Matt! Mantaps. Selain itu dalam sebuah jaringan video yang sama, Webicara.com juga sedang ancang-ancang untuk merilis episode videocast-nya yang ke-5. Webicara adalah sebuah videocast yang bersifat lebih santai daripada Not So Geeky, dan mengulas tema mengenai dunia internet dari sudut pandang end-user. Dengan bahasa yang lebih in-formal disertai reaksi-reaksi lucu didalamnya membuat video cast ini menarik untuk diikuti.

Not So Geeky adalah video podcast yang khusus mengulas interview dengan praktisi internet di setiap episodenya, bisa dari startup founder, web developer / web designer atau juga blogger.

Selain videocast, tentu saja juga ada Podcast! Chris Prakoso a.k.a Mahadewa adalah seorang penggiat podcasting dan blogging yang juga menyediakan hosting untuk DailySocial 😉 Chris bersama dengan Aulia Masna, seorang Mac-geek dari majalah Mac World bekerjasama dalam sebuah padcast yang diberinama Pasar Malem Podcast. PMP adalah sebuah podcast yang membahas masalah teknologi dan event-event penting dengan konten yang relatif santai, dan tentu saja anda juga bisa bergabung di dalamnya. Anda cukup terkoneksi dengan menggunakan headset yang memadai (which i don’t have) atau bergabung menggunkan Skype.

Selain Pasar Malem, Chris juga membuat podcast lain yang paling menarik buat saya pribadi yaitu Warung Senggol. Edisi perdananya ditemani oleh Enda Nasution (Chairman Pesta Blogger 2007). Perbincangan yang sangat menarik, highly recommended!

Warung Senggol berisikan bincang-bincang santai dengan pakar, pelaku dan pemerhati Internet atau Teknologi Informasi dari Indonesia.  Di setiap edition, kami biasanya melakukan wawancara dengan bintang tamu yang kami rasa memenuhi kriteria-kriteria diatas.  Kami menanyakan bagaimana mereka bisa sampai dimana mereka berada sekarang, dan juga apa pendapat mereka dengan situasi dunia Internet dan Teknologi Informasi di Indonesia secara khusus atau di dunia secara umum.  Kami juga meminta mereka untuk bercerita tentang pengalaman-pengalaman yang mereka punya, dan untuk berbagi saran atau ‘tips/tricks’ yang mungkin bisa berguna untuk teman-teman pendengar semua.

Jika anda belum mampir ke semua situs diatas, buruan deh! Great stuff! Atau anda mempunyai pad/video cast favorit anda, atau buatan anda sendiri? Jika ya, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar supaya bisa ditambahkan kesini 😉

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Adobe Luncurkan Kembali Marketplace Untuk Aplikasi Air

Next Story

Facebook Incar Pasar Mobile

Latest from Blog

Don't Miss

Dektos Digital Corbuzier x Flux Creative Universe

Dektos Digital Corbuzier Berkolaborasi dengan Flux Creative Universe

Sepak terjang Deddy Corbuzier di dunia hiburan memang terus berkembang.
Noice

Platform Streaming Audio Lokal Noice Gandeng MoEngage, Dorong Pendekatan Keterlibatan Berbasis Wawasan

Growth mindset atau pola pikir yang terus berkembang perlu dimiliki