Dark
Light

Cara Menghapus Delta Search di New Tab Mozilla Firefox

1 min read
July 10, 2013

Beberapa waktu lalu akhirnya saya merasakan pengalaman tidak mengenakkan karena menginstal aplikasi sembarangan. Tanpa diinginkan, add-on toolbar Delta Search di peramban Firefox yang saya gunakan terpasang. Lalu bagaimana cara menghilangkannya, artikel ini akan menjelaskan tahap demi tahapnya.

Kejadian terpasangnya add-on ini berawal dari permintaan sebuah situs untuk menginstal add-on di peramban Firefox yang saya gunakan, tanpa pikir panjang saya ikuti rekomendasi situs tersebut. Tanpa sepengetahuan saya, atau mungkin saya yang ceroboh main klik saja, toolbar Delta Search tahu-tahu sudah terpajang di homepage Firefox menggantikan halaman default yang sebelumnya saya pilih, kemudian juga mengambil alih Google sebagai mesin pencari default.

Jika Anda seperti saya, mengalami kejadian yang sama, dan ingin menghilangkan add-on tersebut, sebenarnya dua masalah di atas mudah untuk diatasi, cukup buka Control Panel dan copot semua aplikasi yang berbau Delta Search, kemudian saya copot juga semua addon yang terinstal di Firefox dan mengembalikan tampilan home Firefox ke situs yang saya inginkan. Selesai? Ternyata belum.

Masalah yang belum terpecahkan adalah saat saya membuka tab baru Delta Search ternyata masih muncul sebagai halaman default, cukup lama ‘mengitak-atik’ tapi masalahnya tidak terselesaikan. Namun setelah rehat kemudian saya searching di internet dengan kata kunci cara menghapus Delta Search di new tab Firefox, akhirnya ketemu sebuah artikel di blog ini, thanks to owner Bellefort.

Nah, di artikel ini saya akan ulas kembali step by step yang saya lakukan untuk menghapus Delta Search di tab baru Mozila Fifefox.

  • Langkah pertama adalah jalankan Mozilla Firefox Anda dan ketikkan about:config ke address bar kemudian tekan Enter. Jika Anda temukan peringatan seperti ini, klik saja tombol I’ll be careful, I promise!

  • Di kotak Search: ketikkan browser.newtab.url
  • Sistem akan melakukan sortir dan menampilkan baris browser.newtab.url secara otomatis, pada kolom Value Anda akan menemukan Delta Search sebagai URL default, klik kanan pada baris browser.newtab.url dan klik menu Reset, secara instan Delta Search akan hilang dan berubah menjadi about:newtab.

  • Sampai di sini sebenarnya Anda sudah berhasil menghapus URL default di tab baru Firefox, tetapi mumpung ada di bagian ini, ada baiknya Anda hapus semua value yang berhubungan dengan Delta Search. Ketikkan Delta Search di kotak pencarian, sistem akan menampilkan semua string yang mengandung kata kunci Delta Search, kemudian reset semua baris kode hingga kembali ke pengaturan semula.

  • Sekarang tutup Firefox dan jalankan kembali, selanjutnya coba buka tab baru.

Bagaimana, sudah hilangkan? Semoga tips di atas bisa membantu Anda yang mengalami masalah serupa. Sampai jumpa di tips yang lain.

 

181 Comments

  1. Sebenarnya Tanpa Restart Firefox, Delta Search Sudah hilang jika Melakukan cara di atas dengan benar! saya sudah coba sendiri kok (gak berdua) Tanpa restart, caranya berhasil! DELTA SUDAH TERHAPUS!

  2. terimakasih sudah menyebutkan blog saya di blog ini, pdhl blog saya nggak ada apa2nya dibanding blog agan, krn saya kurang pandai dan kurang ada waktu ngeblog

  3. makasih banyak mas, tipsnya top markotop 100% berhasil…tadinya saya frustasi ampun2an gara2 delta keparat ini, untung nemu juga cara basminya disini…sukses terus utk situsnya,,,

  4. ane tadi coba2 mozilla>options>general>restore to default trs di restart tetep aja ada embel2 delta search, thanks gan artikelnya sangat membantu

  5. mbak Erfita, apakah semua step di atas sudah dilakukan?
    jika sudah 99% hilang, jika belum mungkin ada step yang missed mbak, coba dirunut lagi ya…
    feel free to reply kalo masih kejedot problem 🙂

  6. rasanya beda mas @Obin, karena avg itu sepertinya hanya mengganti mesin pencari default dan bisa di atasi dengan cara mas klik dropdown di bar “search” posisinya di sebelah URL address bar, nah mas klik “manage search engine” kemudian ganti dari AVG ke mesin pencari lain misalnya Google atau Yahoo, atau mas juga bisa menghapus opsi AVG jika dirasa perlu. step ini untuk mozilla 23.0.1.
    semoga membantu

  7. thanks infonya gan, mantap. Tab baru kembali normal. Cuma yg jadi penasaran darimana asalnya tuh bisa ngerubah settingan. Biar ga kejadian ama yg belum kena. thanks gan.

  8. biasanya dia nyisip di aplikasi yang bersifat online instaler, biasanya kita next, next, next terus tanpa ngeliat ada request instal itu addon.
    cara nyegahnya; ati-ati aja, kalo mau instal liat dulu bundle yang ditawarin.

  9. untuk mas @arya dan teman yang delta masih muncul:, coba buka control panel – uninstal program, kemudian cari aplikasi2 yang berbau “delta”
    kalau sudah uninstal/tidak ditemukan, kemudian mas bro buka firefoxnya, buka addon dan copot semua addon yang berbau delta.
    kemudian klik jarum kecil di sebelah bar mesin pencari klik manage search engine kemudian hapus yang berbau “delta” dan jadikan google/yahoo sebagai default.
    kalau sudah sekarang mas bro ke option – general dan klik tombol restore to default.
    terakhir baru lakukan tips artikel saya di atas, semoga membantu

  10. untuk mas @arya, @gembgel2090 dan teman yang delta masih muncul:, coba buka control panel – uninstal program, kemudian cari aplikasi2 yang berbau “delta”
    kalau sudah uninstal/tidak ditemukan, kemudian mas bro buka firefoxnya, buka addon dan copot semua addon yang berbau delta.
    kemudian klik jarum kecil di sebelah bar mesin pencari klik manage search engine kemudian hapus yang berbau “delta” dan jadikan google/yahoo sebagai default.
    kalau sudah sekarang mas bro ke option – general dan klik tombol restore to default.
    terakhir baru lakukan tips artikel saya di atas, semoga membantu

  11. makasih banyak bro setelah beberapa hari puyeng mikirinnya finally beres jg masalah yg satu ini, skali lg makasih ya…

  12. cara mengatasi tab baru yang sering muncul globalpromotions.pictuer.co.uk/home.html.. sangant mengganggu gan. tolong dibantu mks

  13. Mas, punya saya setelah saya praktekkan, memang sudah hilang dari firefox, termasuk jika membuka new-tab.
    Namun jika saya ketik di pencarian google, trus hasilnya adalaha hasil pencariannya DELTA lagi. mohon pencerahan mas.

  14. mas @budi, terima kasih sudah berkunjung ke TRL ya.
    untuk kasus mas Budi, berarti default mesin pencarinya masih Delta
    mas budi, silahkan klik jarum kecil di sebelah bar mesin pencari klik manage search engine kemudian hapus yang berbau “delta” dan jadikan google/yahoo sebagai default.
    semoga bisa mengatasi masalah mas Budi
    lain kali nanti akan saya angkat cara mengganti mesin pencari di firefox, stay tune.

  15. Siip tenan gan…
    Terima kasih buanyak atas tipsnya, Kejadian ente sama dengan kejadian ane.

    Go Blogger…
    Semangat terus… merdeka akan datang.

  16. makasih,, tadi smpt bingung, aplikasinya udah di uninstall tp pas buka new tab malah ttp muncul… sekarang udah beres dehh^^

  17. Trimakasih mas bambang, infonya sangat bermanfaat buat saya dan juga pengunjung blog ini,yg sedang tercari-cari cara untuk menghapus deltasearh dari new tab firefox,sudah lama saya mencari artikel yg mudah difahami, dan step-stepnya mudah saya ikuti, sebelum ini ada juga saya buka artikel lain, dan saya ikuti step-step cara menghapus delta search/gol search dari tab firefox, tapi belum berhasil juga, tapi alhamdulillah setelah baca artikel mas bambang…dan mengikuti petunjuk-petunjuk yg mas tulis, ahiiiiiiiirnyaaaaaa delta search bisa di buang dari new tab firefox, trimakasih mas, semoga ilmunya selalu bermanfaat…amiin.

  18. mas kok pas saya coba klik kanan Reset nya tidak bisa di klik tolong bang gimana cara nya supaya bisa di klik tolong pencerahan nya dong mas.,,. !!!!

  19. selain itu ada jg DO SEARCH, yg tidak bisa dihilangkan dari tampilan mozilla firefox. saya sudah mengikuti cara seperti menghilangkan DELTA SEARCH namun tetap tidak bisa. mohon petunjuknya mas..? thanks

  20. munculnya begitu kita buka mozilla firefox ditampilan utama yg keluar selalu DO SEARCHES duluan mas, jdi klo mo ke google harus klik Home dulu mas.

  21. Udah tak coba mas, cuman setelah nyampe di browser.newtab reset gak mau, padahal pop up udah dikonfirmasi, dah tak coba berkali2, tapi kok tetep aja ngeyel tuh si delta.

  22. resetnya gagal atau berhasil?
    berhasil tapi delta tetap muncul ya?
    coba tutup firefox, kemudian jalankan dengan cara klik kanan run as administrator, baru coba lagi dari awal mas.

  23. mas kalo punyaku gini kaya situs facebook dan youtube ga bisa dibuka karna avg ga menemukan ..gimana cara ngilangin avg itu ya?mohon bantuannya

  24. AVG biasanya lebih mudah sih, dia cuman masang di toolbar saja.
    klik kanan di bagian toolbar dan ilangin tanda centang untuk AVG-nya
    coba dulu ya, kalo gak berhasil, reply komen ane.
    thanks

  25. Makasih,tapi punya saya ask.com bukan delta search. cuma nyoba aja seperti yg dibilang. Sekali lagi terima kasih :))

  26. makaciiiihhhh….akhirnya terpecahkan juga sepele sich tapi kalau gak bisa mo gmn….??? kalau sy kena sama my online sakali deui hatur nuhun kang….keepp and spiritt..

  27. Thanks Bro….
    akhirnya hilang juga tuh web yang menggangu…
    kalo saya yang muncul searchgol tapi setelah mengikutin cara mas bro bisa juga….

  28. Ane mau tambahin dikir lagi nech, kl di kompie client ane, ada yg hrs di klik kanan di shortcut firefoxnya, biasanya ada tumpangan link lain di belakang firefox.exe -nya nach yg numpang dibelakangnya itu dapus aja

  29. maaf gan,saya mash belum bisa menghilangkan delta homes padahal cara agan udah saya pratekin smua…tolong dibantu tx.

  30. tetep ada gan,firefox dirstart udah,tampilan deltanya bukan dinewtab tp distart page,tlg solusinya gan..?? tx.

  31. coba cek diregistry, biasanya ada disana juga
    kalau sy mau apus addons yg bandel biasanya cek registry kalau ada delete terus filenya juga delete cari foldernya biasanya pake cara begini ampuh, karena logikanya kalau ff udah pake cara diatas terus ff di restart tapi masih muncul berarti masih aktif tu addons, semoga membantu

  32. sewaktu diminta konfirmasi, sudah pencet Yes mbak Vanka?
    dicoba dari awal ya…

  33. tangkyu gan… akhirnyaaa…. bisa bernapas lega sekarang… gak darah tinggi lagi gara” tuh delta sialan… hehe

  34. halo Rafik
    tidak berfungsinya seperti apa ya? apakah halaman blank ato opsi mesin pencarinya yg tidak ada?

  35. mas kalo yahoo search yang muncul terus di tab mozilla gimana mas, udah pake cara diatas tetep ga bisa…..

  36. saya gak ada delta-homes di about:config itu, tapi kok delta homesnya tetap nongol dan terus nongol aja?

  37. Coba temukan semua yg berkaitan dengan delta, kemudian hapus mas. Jangan lupa hapus juga di search engine-nya. Semoga menjawab pertanyaan anda

  38. mozilla saya versi 34.0.5 setiap membuka halaman awal selalu muncul delta holme, masalah yang sukar pada address bar saat di ketik url tidak bisa di tekan enter atau tanda go. jadi di ketik about:config tidak bisa dibuka (enter/go atau refresh).

  39. klo tab baru d buka emng gk muncul delta homes nya lagi,
    tpi waktu pertama buka mozlia pasti muncul lagi tuh delta homes… udh d search dah ilang semua yg berhubungan sama delta homes tpi y kek gitu lagi …
    gmna tuh?

  40. coba ganti default home screen untuk FF nya ya.
    baca lagi beberap komentar saya di atas 🙂

  41. Mas Bambang terimakasih banget massss hehe kalo ga nemu jenengan mungkin ga bakalan bisa ngilangin itu penyakit hehe tapi saya ada sedikit masalah mas ketika baru nyalakan laptop ehhh ga taunya udah langsung masuk ke mozilla firework aja mas. gimana ya biar ga masuk langsung gitu mas. sedikit ganggu soalnya kan apalagi waktu ga da koneksi internet. terimakasih banget mas Bambang. (y)

  42. Thank you so much Bro` ^_^
    a lil thing that brought big annoying can solved by this info 🙂

  43. Terima kasih mas,

    tapi masih ada masalah mas, ketika masuk firefox selalu delta homes yang muncul tp kalau buka tap baru di firefox sudah tidak muncul mohon bantuanya

    salam

  44. Alhamdulilah gan bisa, saya coba barusan berhasil. makasih banyak atas infonya

  45. sudah masuk ke about:confing ikutin caranya.. trus udah di search “browser.newtab.url” tp kok ga ketemu browser.newtab.url nya??

  46. eh udah ketemu mas “browser.newtab.url” ketika di search.. tp kenapa ga bisa di reset ya?

  47. mas bambang…blognya berguna banget….gol search sama delta search nya sudah hilang….tapi setiap saya buka website pasti keluar link yg disuruh ke website lain dan tulisannya adv by babylon search…itu cara hilanginnya gimana yah mas….terima kasih….

  48. Terima kasih juragan udah berbulan-bulan ane nyari artikel ini
    akhirnya ketemu

    Sekali lagi makasih Juragan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Tiket Tutup Akses API untuk Penjualan Tiket Bioskop, Perbarui Akses Penjualan Kereta Api dan Pesawat

Next Story

Komentar di Path Bisa Pakai Stiker

Latest from Blog

Don't Miss

Berkat Mozilla Rally, Aktivitas Browsing Kita Bisa Memberi Kontribusi ke Studi Ilmiah

Sudah menjadi rahasia umum kalau kemudahan mengakses informasi di internet

[Panduan Pemula] Cara Convert Dokumen Word ke PDF Langsung dari Microsoft Word 2007

Di artikel cara convert dokumen word ke PDF sebelumnya (ini