Dark
Light

CAKRA Jalin Kerja Sama dengan True Axion Interactive Tingkatkan Kualitas Pengembang Game Lokal

1 min read
July 27, 2017
Penandatanganan kerja sama antara CAKRA dengan True Axion Interactive / CAKRA

CAKRA (Cipta Kreasi Indonesia) adalah asosiasi yang berfokus di berbagai aspek perkembangan intellectual property di Indonesia. Salah satu konsentrasi asosiasi ini adalah pada peningkatan keterlibatan pengembang lokal pada pasar game. Di pasar industri kreatif digital, game menjadi salah satu yang paling dominan pertumbuhannya di Indonesia.

Menurut hasil riset yang dilakukan Newzoo, pasar game di Indonesia pada tahun 2015 mencetak pendapatan $321 juta dan naik secara cepat menjadi $704 juta pada tahun 2016. Pada awal tahun 2017 ini sendiri, pasar game di Indonesia sudah hampir menyentuh angka $900 juta dengan CAGR (Compound Annual Growth Rate) atau naik 200 persen setiap tahunnya.

Konsumsinya besar, tetapi porsi penguasaan pengembang lokal sangat minim. Porsi produk lokal dalam pasar game di Indonesia masih sangat miris, tidak lebih dari 1 persen. Kecilnya persentase tersebut dinilai disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kualitas SDM, daya saing industri hingga skema program pemerintah yang masih berada di wilayah abu-abu.

Inisiasi kerja sama dengan True Axion Interactive

Salah satu langkah yang dilakukan CAKRA untuk meningkatkan porsi pengembang lokal pada pasar game di Indonesia, pihaknya menginisiasi kerja sama dengan True Axion Interactive. True Axion Interactive akan membawa program Akademi dan Studio mereka untuk melakukan transfer manajemen produksi dan teknologi hingga daya saing dan kompetensi nasional meningkat.

Kerja sama antara kedua pihak ditandai dengan penandatanganan MoU pada hari ini. Diharapkan kolaborasi ini mampu membuka luas kesempatan transfer teknologi dan proses manajemen selain tentunya membuka akses ke pasar internasional.

“Kami bermaksud membentuk suatu ekosistem positif dengan membangun kolaborasi lintas sektor ekonomi kreatif dan melibatkan berbagai pihak terkait hingga dapat mempercepat akselerasi industri kreatif Indonesia. Pada akhirnya inisiasi ini kami harapkan dapat mendukung program pemerintah mencapai 50% kontribusi pengembang lokal di industri pasar game dan kreatif Indonesia pada tahun 2020,” sambut Kepala Bidang Games CAKRA Ivan Chen.

True Axion Interactive dianggap menjadi mitra strategis, karena studio miliknya Axion Games telah menjadi pilihan outsourcing untuk nama-nama besar pengembang game global seperti EA, Blizzard hingga Activision dan sukses menghasilkan berbagai IP (intellectual properties) yang mendunia.

“Kami memiliki pengalaman selama 11 tahun terakhir di Axion Games melatih talent lokal melalui program akademi intensif hingga secara teknis menjadi pengembang game terbaik di China dan Thailand, program ini akan kami bawa serta ke Indonesia dengan target menghasilkan IP bertaraf global,” ungkap CEO True Axion Interactive Jessie Boonyawattanapisut.

Akademi dan studio direncanakan juga akan masuk ke renah edukasi melalui universitas di Indonesia. Akan ada banyak program lainnya seperti inkubasi, akselerasi, co-development, internship dan masih banyak lagi, bahkan tidak tertutup kemungkinan para intern berpartisipasi dalam proyek kolaboratif bersama EA atau Activision.

Previous Story

HTC Luncurkan Vive Standalone di Tiongkok

Next Story

Menyimak Prediksi dan Analisis Masa Depan Teknologi dari Futurist Gerd Leonhard

Latest from Blog

Don't Miss

H3RO Land dari Bima+, Teman Mabar Anak Esports

Salah satu bentuk dukungan untuk perkembangan esports di tanah air

Pentingnya Industri Telekomunikasi untuk Kembangkan Industri Game dan Esports

Nilai dari industri game meroket selama pandemi COVID-19. Bahkan setelah