1. Startup

Caffeine dari Google Telah Tiba

Google akhirnya mengumumkan sistem web indexing mereka yang baru, setelah ditunggu sejak bulan Agustus tahun lalu, akhirnya sistem yang diberi nama Caffeine ini bisa dinikmati oleh para pengguna mesin pencari Google.

Kita memang tidak bisa benar-benar menikmati atau melihat secara langsung bagaimana Caffeine ini bekerja, kita hanya bisa merasakan efek dari Caffeine ini atas hasil pencarian yang kita lakukan.

Dari pengumuman resmi mereka, Google menjelaskan bahwa dengan sistem ini, Google akan mennyediakan 50% hasil pencarian yang lebih 'segar' dari sistem indexing mereka yang lama, juga merupakan koleksi konten web terbesar yang pernah Google tawarkan. Jadi konten apapun yang sedang anda cari, berita, blog, forum post, Google akan menemukan link yang relevan atas pencarian ini secara lebih cepat sejak konten-konten tersebut diterbitkan.

Sistem yang baru ini, dijelaskan Google lewat blog mereka juga merupakan salah satu cara untuk menjawab kebutuhan pengguna yang memiliki ekspektasi atas hasil pencarian yang terus meninggi, artinya user ingin selalu mendapatkan hasil pencarian secara cepat dan relevan, selain itu perkembangan internet yang pesat juga menyebabkan berbagai konten tumbuh, baik dari segi ukuran maupun jumlahnya dan menjadi semakin kompleks.

Dengan sistem web indexing Caffeine ini memungkinkan Google untuk menjawab keinginan tinggi para pengguna Google Search atas kecepatan dan relevansi hasil pencarian. Caffeine bekerja dengan cara yang berbeda dari sistem indexing Google terdahulu, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menemukan halaman dan menyajikannya dihasil pencarian mereka.

Berikut penjelasan dari Google tentang Caffeine yang saya kutip langsung dari blog mereka:

With Caffeine, we analyze the web in small portions and update our search index on a continuous basis, globally. As we find new pages, or new information on existing pages, we can add these straight to the index. That means you can find fresher information than ever before—no matter when or where it was published.

Google juga tentunya tidak akan berhenti untuk terus memperbaharui mesin pencari mereka, apalagi tingkat persaingan di mesin pencari juga tetap menjadi ladang pertarungan seru dari berbagai pemain, seperti Bing, Yahoo!, Ask dan lain-lain.

Bagi pengguna Google, perkembangan ini tentunya akan berguna, dan kita tunggu apa lagi yang akan Google lakukan untuk tetap membuat layanan mesin pencari mereka menjadi yang terbaik di dunia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again