Dark
Light

Bunda Gaul – Jejaring Sosial Khusus Untuk Para Ibu

4 mins read
July 27, 2010

Logo Bunda Gaul

Pertama kali anda mengunjungi situs BundaGaul.com, anda langsung disapa dengan banner yang bertuliskan sebagai berikut:

Area Khusus Bunda!
Bundagaul.com dikhususkan untuk para Bunda, Ayah dilarang masuk sini… hush… hush..

Dari banner ini sudah langsung bisa dimengerti apa tujuan dan untuk siapa situs ini didirikan. Saya tertarik dengan situs ini, karena pertama, kalau dilihat dari ‘ilmu’ strategi startup, BundaGaul sudah memenuhi salah satu kriteria-nya, yaitu ‘targetting the niche’. Kedua, ‘niche‘ yang menjadi sasaran adalah para ibu. Sebuah demografi yang menarik sekali menurut saya.

Lalu bagaimana ceritanya sampai BundaGaul ini didirikan? Kebetulan saya sempat berwawancara dengan salah satu pendirinya Nuniek Tirta Sari (@nuniek), yang sendirinya adalah ibu dari 2 anak.

Nuniek bilang dalam wawancaranya, bahwa BundaGaul ternyata sudah ada cukup lama. BundaGaul didirikan pada hari ibu tanggal 22 Desember 2008. Pendirinya adalah Nuniek sendiri (juga yang punya HamilCantik.com), dan Sanny Gaddafi (@sagad) yang juga pendiri Fupei.com (sudah sering nampang di DailySocial).

Nuniek mengatakan bahwa pada dasarnya BundaGaul adalah social network site khusus untuk para bunda Indonesia. “It’s Moms’ playground for sharing, caring, and networking”.
Lalu apa saja fitur-fitur yang ditawarkan?

  • Profile: Sebagai social network site, tentu saja profile itu wajib. Setiap user bisa tampil dengan profil dan fotonya masing2.
  • Album: Setiap user bisa bikin album dan mengisinya dengan foto2 mereka.
  • Blog: Bunda bisa bikin blog, topiknya bebas namun tetap kita buat peraturan supaya tidak mengganggu yang lain. Misalnya dilarang jualan melalui blog ini, dilarang memposting hal2 asusila, provokasi, dsb.
  • Polls: Sampai saat ini semua user bisa membuat polling versi mereka sendiri, untuk dipartisipasi oleh member-member lain.
  • Kids: Ini adalah profil khusus anak yg dibuat oleh para bunda. Bebas mau bikin profil anak 1, 2, 3, dst.
  • Events: Setiap member bebas mengumumkan event-event menarik yang akan datang, lengkap dengan kalender, host, tempat dll. Di events ini member lain juga bisa RSVP, jadi bisa dilihat siapa saja yg tertarik untuk datang. Bahkan bisa menambahkan foto2 juga.
  • Classified: Ini adalah tab khusus jualan. Jadi bunda bisa buka lapak di sini.
  • Groups: Bunda bisa membuat group apa saja sesuai minat/profesi/hobi dll. Jadi bunda bisa sharing sesuai group mereka. Contohnya group perempuan kepala rumah tangga, group perempuan bebas rokok, group KB, group ibu bekerja, dll.
  • Forum: Ini seperti forum pada umumnya yg menjadi ajang diskusi untuk sesama member.

Bunda Gaul Homepage

Kemudian saya menyambung dengan beberapa pertanyaan lain:

Apa yang menjadi inspirasi dalam mendirikan BundaGaul ini?

Inspirasi datang dari banyaknya blog ibu2 muda Indonesia yg membahas seputar kehamilan, bayi, dan tumbuh kembang anak. Banyak diantaranya yg bagus & berguna bagi sesama bunda. Tidak sedikit pula para bunda yang berjualan online memajang barang dagangannya di situs2 pertemanan seperti Facebook, multiply, dll. Kami pikir, mengapa tidak memberi wadah yg proper bagi mereka untuk itu semua, tanpa menganggu teman2 dalam friendlistnya? Maka kami buatlah BundaGaul agar semua kebutuhan bunda untuk bersosialisasi, saling curhat, bertukar informasi, bahkan berjualan, dapat terpenuhi.

Apa yang menjadi tujuan utama dari mendirikan BundaGaul?

Idealisme kami adalah memajukan para bunda Indonesia, tak peduli dari kalangan sosial mana, apapun profesinya, agar tetap dapat bersosialisasi dan mengaktualisasikan diri. Kami yakin, dari didikan bunda yang bahagia akan tumbuh anak2 yg bahagia pula. Kebanyakan wanita ketika sudah berumahtangga apalagi memiliki anak, akan mengalami euphoria dengan keluarga kecil bahagianya. Mereka jadi stagnan karena sudah merasa berada di zona nyaman, sehingga lupa mengaktualisasi diri. Padahal itu penting sekali untuk pengembangan diri. Maka itu, BundaGaul memposisikan diri sebagai Mom’s playground for sharing, caring & networking.

Apa yang menjadi ciri khas yang unik dari BundaGaul?

Ciri khas yg paling menonjol tentu saja seluruh membernya adalah wanita, khususnya para ibu. Jika ada user yg dicurigai laki2 atau membuat tidak nyaman user lain, mereka bisa melapor ke admin untuk “ditendang” dari BundaGaul. Jadi privasi para bunda tetap terjaga di sini. Bunda juga bisa menset siapa saja yg dapat melihat profil / blog / album mereka.

Apakah ada kompetisi dari website lain, dan kalau ada bagaimana BundaGaul mengatasinya?

Kompetisi tentu ada, namun kebanyakan bentuknya portal dan forum. Kelemahan portal biasanya adalah kurangnya interaktivitas antar user. Kelemahan forum adalah kurangnya fasilitas / fitur. Sedangkan BundaGaul selain mengedepankan interaktivitas, juga cukup lengkap di fasilitas.

Ada rencana untuk monetasi BundaGaul?

Dari segi monetasi, BundaGaul ini sangat bagus untuk para advertiser karena sangat niche, target marketnya jelas yaitu ibu Indonesia. 37% member BundaGaul berusia 26–30thn, 33% usia 31-35thn. Kita tau, usia tsb adalah usia produktif dan biasanya sudah cukup stabil/mapan. Dan berdasarkan survey The Marketeers, 84,2% wanita mengelola keuangan keluarga. Itu berarti sebagian besar keputusan belanja ada di tangan ibu. Makanya ini sebenarnya bisa jadi potential market yg besar sekali untuk brands. Sejauh ini monetasi BundaGaul baru sebatas iklan banner, yg kerjasama juga dengan MediaXasia. Ke depannya kita akan optimize monetasi baik berupa sponsored features, sponsored events, sponsored gathering, sponsored groups, dll.

Apa rencana kedepan?

Rencana jangka pendek adalah me-relaunch site, karena saat ini kita sedang akan redevelop & redesign. U-req-nya udah ada lengkap, sudah dibuat apa2 aja yg harus diubah, segala macam plan nya sudah ada. Sekarang tinggal bagaimana mendapatkan investor yg bersedia membiayai operasional BundaGaul setidaknya untuk 1 tahun ke depan. Jika ada brand yg mau mensponsori penuh juga kita sangat terbuka, selama brand tsb sejalan dengan Bundagaul.

Rencana jangka menengah adalah go mobile, termasuk aplikasi Android. Kita juga sudah dapat ajakan untuk mengisi konten hape lokal Nexian.

Rencana jangka panjang, memiliki icon / brand ambassador BundaGaul, yang mampu menjadikan BundaGaul sebagai situs wajib bagi para bunda Indonesia.

Sebagai pertanyaan terakhir, saya bertanya apa pendapat Nuniek tentang perkembangan Startup di Indonesia yang sekarang sedang mencapai taraf Fever ini, dan apa nasehat-nasehat atau kiat-kiat yang bisa diberikan Nuniek untuk para pemula yang sedang mulai merintis startup mereka:

Perkembangan startup di Indonesia saat ini saya lihat cukup pesat ya, bahkan pak Antonny kemarin di tweetnya bilang, we have startup fever here in Indonesia! hahaha.. Dan untungnya startups saat ini sangat didukung untuk maju dengan adanya SparxUp (udah pada daftar belum?) sebagai ajang kompetisi web bagi para digital startups, dan SwaStartup sebagai program inkubator untuk startups terpilih di Indonesia, juga Indigo oleh Telkom yg sudah mulai melirik digital startups, setelah lama “bermain” di UKM. Dengan semakin banyaknya eksposure dari media untuk para startups, semoga teman2 semakin terpacu. Mudah2an pula semakin banyak investor yg terjun ke digital business agar dapat mensupport perkembangan digital startups di Indonesia.

Wah, saya bukan siapa2 untuk kasih nasehat/kiat2. Tapi saya ingin mengajak teman2 yg baru mulai merintis startup untuk rajin2 memperluas networking di pertemuan2 semacam @StartupLokal di Jakarta, @fowab di bandung, @bancakan di yogya, @suwec di surabaya. Di sana, 1001 peluang dapat tercipta. Sudah terbukti banyak sesama pelaku startups yg awalnya bertemu di pertemuan2 tsb akhirnya berkolaborasi, bekerjasama, dan saling support.

Seperti yang saya bilang diatas, situs ini sangat menarik, karena kalau dilihat dari sasaran demografi, BundaGaul memberikan proposisi yang unik dan belum ada tandingannya di Indonesia. Dan kalau Bunda Gaul bisa berhasil menggaet partner yang cocok, ada kemungkinan untuk menjadi jejaring sosial yang mempunyai pangsa pasar yang dominan di Indonesia.

Sambil nulis ini, saya berpikir, ada nggak ya yang mau bikin AyahGaul? 🙂
Anyway, kalau sementara belum ada, gimana kalau para Ayah kasih tau Bunda-nya untuk bergabung dengan BundaGaul.com.

Chris Prakoso

Chris Prakoso is a Software Analyst Programmer and Web Developer, who mainly codes in .NET, Ruby on Rails, and the myriads of other Web Frameworks. He is also a Tech Geek, Seasonal Podcaster and a Coffee drinker, who recently converted to Mac. You can find him haunting the Social Media scenes whenever he has spare-time.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

BundaGaul, A Local Social Network for Moms

Next Story

Bukalapak.com, Cara Mudah Untuk Mencari dan Menjual Barang

Latest from Blog