Dark
Light

Bulan Depan, NSIApay Ubah Nama Menjadi Doku

2 mins read
November 9, 2010

Salah satu berita datang dari layanan payment gateway lokal, NSIApay. Setelah sebelumnya saya mendengar bahwa NSIApay akan berubah nama, salah satu post dari Ronald Ishak di mailling list StartupLokal, memperjelas berita tentang perubahan nama NSIApay.

Dari posting di milis tersebut salah satunya menyebutkan tentang rencana perubahan nama NSIApay menjadi Doku secara resmi, yang akan dilakukan bulan depan. Keterangan ‘chasing soon’ juga bisa ditemukan jika Anda mengunjungi situs Doku.com. Dengan tagline ‘the better way to pay online’, Doku bisa jadi akan memberikan beberapa kelebihan dari layanan yang telah ada di NSIApay.

Saya mau memperkenalkan Online Payment Gateway pertama di Indonesia. The company is called NSIApay (bulan depan namanya officially diganti ke Doku). Basically kita bisa bantu kalian untuk terima kartu kredit di website kalian dan bisa dalam Rupiah (bukan US Dollar seperti PayPal).

Namun dari tulisan Ronald di milis tersebut sepertinya tidak atau belum ada perbedaan yang signifikan dari layanan NSIApay sebelumnya, beberapa poin seperti rate serta biaya yang dikenakan masih sama dengan layanan NSIApay (tulisan tentang NSIApay bisa di lihat di tautan ini). Sayangnya, saat tulisan ini dibuat, saya tidak bisa membuka situs NSIApay untuk melihat apakah ada perkembangan terbaru atau tidak.

Layanan yang diberikan adalah mempermudah para pemilik website untuk menerima pembayaran dengan kartu kredit dan bisa dalam mata uang rupiah, jadi untuk para penjual online atau mereka yang memiliki proses pembayaran di situs mereka, NSIApay/Doku akan menjadi payment gateway dari pembayaran yang menggunakan kartu kredit.

Pada tulisan DailySocial sebelumnya dijelaskan bahwa ada beberapa layanan lain yang disediakan oleh NSIApay, antara lain Mobile Payment (Mobile EDC yang menggunakan ponsel sebagai media, untuk keperluan pembelian dengan COD) serta Recurring Billing (Autodebet). Apakah layanan ini juga akan tersedia di Doku atau tidak, sepertinya kita harus melihat bulan depan setelah situs Doku resmi dirilis.

Ratenya juga gampang banget, untuk Kartu Kredit (All Countries): 3% + fee, Fee disini mulai di Rp 5000 dan turun terus sesuai volume transaksi. Untuk Debit Card (non MC or Visa) itu flat fee of Rp 7500.

Beberapa hal yang dijelaskan Ronald juga termasuk kerja sama mereka dengan penyedia layanan internet banking seperti Mandiri, KlikBCA, BNI, Citibank dan beberapa merchant atau klien yang telah menggunakan layanan NSIApay/Doku, antara lain Garuda, Batavia, Citilink, Merpati, Sriwijaya, Kemana.com, Belibarang.com, Unicef, Dompet Duafa, Kidzania, Java Productions, Java Musik Indo, Sparks Hotel, Horizon Hotel, Harvest Cakes, Dapur Cokelat, First Media, Sitra WiMax, Sinarmas Insurance, AXA Insurance, Indomog dan Domikado.

Well, payment gateway serta layanan yang pembayaran lain memang ‘harus’ menjadi next big thing, layanan seperti ini juga mungkin, menjadi layanan yang banyak dan terus dinanti dalam ekosistem internet di Indonesia, karena tidak hanya mereka yang menjual barang online saja yang membutuhkan layanan pembayaran online namun, penyedia game serta aplikasi perangkat bergerak berbayar juga membutuhkanya, beberapa developer yang sedang mengembangkan startup atau produk mereka juga sempat mengatakan bahwa mereka menanti payment gateway yang pas untuk layanan mereka.

Beberapa layanan pembayaran seperti KasPay juga terus berkembang dan menambah partner yang menggunakan layanan mereka, serta berbagai kerja sama yang berhubungan dengan pembayaran online, seperti untuk game yang dilakukan oleh Indomog beberapa waktu yang lalu.

Kita tunggu rilis resmi Doku.com serta perkembangan dari payment gateway yang satu ini, bagi Anda yang ingin melihat pengumuman lengkap dari Mas Ronald Ishak, bisa menuju ke mailling list Startuplokal di tautan ini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Jobs @DailySocial: Web Application Developer & 3D Environment/Character Artist

Next Story

NsiaPay Rebranded Into Doku

Latest from Blog

Don't Miss

DOKU Secures 458 Billion Rupiah Funding from Apis Growth Fund II

DOKU announces $32 million (over 458 billion Rupiah) funding round
Pendanaan Doku 2021

DOKU Tutup Pendanaan 458 Miliar Rupiah dari Apis Growth Fund II

DOKU mengumumkan perolehan pendanaan sebesar $32 juta (lebih dari 458