Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Build Terbaik Aloy Genshin Impact: Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

19 September 2021Daniel Hamiaz

Survival requires perfection. – Aloy, Horizon Zero Dawn.

Aloy merupakan salah satu karakter yang dirilis di Genshin Impact sebagai kolaborasi antara miHoYo dan Horizon Zero Dawn. Tidak ada yang pernah mengira bahwa kedua game ini akan melakukan sebuah crossover.

Aloy bisa didapatkan oleh pemain secara gratis, hanya dengan melakukan login pada waktu yang ditentukan. Pemain PlayStation dapat mengakses Aloy di versi 2.1, sedangkan untuk pemain PC, mobile, dan iOS pada versi 2.2. Walaupun didapatkan secara gratis, seberapa kuatkah dirinya?

Overview

Aloy diperkenalkan dengan predikat Burst DPS. Ia memakai senjata bow dan berelemen Cryo. Ia memiliki skillset yang sederhana dan dapat mengisi beberapa role, mulai dari main DPS, sub DPS, atau baterai Cryo.

Saat memakai Elemental Skill-nya, Aloy akan melempar sebuah bom ke arah musuh. Saat meledak, bom itu akan memberikan damage Cryo. Setelah itu, bom tersebut akan menjadi serpihan-serpihan yang tersebar.

Bila serpihan tersebut mengenai musuh, maka Aloy akan mendapatkan satu stack. Bila stack mencapai empat buah, maka serangan Aloy akan infused dengan Cryo selama 10 detik.

Skill ini akan menghasilkan partikel energi yang cukup banyak, yakni sebanyak 5 energi, dengan cooldown 20 detik. Skill ini sangat cocok dipakai sebagai baterai untuk karakter Cryo lain, seperti Eula dan Ayaka.

Aloy akan melempar sebuah bom secara cepat saat memakai Elemental Burst, yang mengakibatkan damage Cryo di area sekitar. Serangan ini memiliki area yang cukup besar dengan energy cost yang rendah.

Artefak

Artefak yang dipakai Aloy bergantung pada role dan gameplay yang Anda inginkan.

Sebagai main DPS, Anda dapat memakai 4 Blizzard Strayer. Artefak ini sangat cocok dipakai saat bermain dalam komposisi tim Freeze, karena Cryo infusion-nya yang dapat membekukan musuh, dan meningkatkan Crit rate secara signifikan.

Sebagai sub DPS atau baterai, Aloy dapat memakai 4 Noblesse Oblige. Dengan memanfaatkan cooldown Elemental Burst-nya yang singkat, Aloy dengan mudah dapat mengakses buff ATK dari artefak ini secara konstan. Untuk artefak alternatifnya, Anda dapat memakai 2 Noblesse Oblige, 2 Blizzard Strayer, dan 2 Gladiator’s Finale/Shimenawa’s Reminiscence.

Main stat yang dicari: ATK%, Cryo Damage Bonus, Crit rate/DMG.

Prioritas sub stat: Crit rate/DMG > ATK% > Energy Recharge > Elemental Mastery.

Senjata

Senjata akan dibagi menjadi dua kategori, yakni senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Untuk Senjata terbaik, Anda dapat memakan senjata bintang 5, seperti Thundering Pulse, Skyward Harp, Amos Bow, dan Elegy for The End, karena memiliki base Attack yang tinggi dan efek pasif yang bagus. Anda bisa juga memakai The Viridescent Hunt dari Battle Pass.

Untuk Senjata F2P, bila Anda ingin memainkan Aloy sebagai sub DPS, Anda dapat memakai The Stringless, Alley Hunter, dan Windblume Ode. Sedangkan untuk baterai, Anda dapat memakai Favonius Warbow atau Sacrifical Bow.

Dan untuk main DPS, anda bisa memakai Rust, Hamayumi, atau Blackcliff Warbow. Anda dapat memakai Prototype Crescent, namun membutuhkan waktu lebih untuk memanfaatkan efek pasifnya.

Komposisi Tim

Seperti karakter Cryo lainnya, Aloy bisa dimainkan pada tim Freeze. Sebagai sub DPS, ia dapat menggantikan beberapa karakter Cryo lain, yang memiliki role serupa, seperti Rosaria, Kaeya, atau bahkan Diona. Yang membedakan Aloy dari karakter-karakter tersebut pada tim Freeze adalah partikel energi yang diberikan dan damage-nya yang bersifat Burst.

Komposisi Reverse Melt akan bertumpu pada penghasilan damage Melt dari karakter Cryo. Komposisi ini akan memastikan bahwa karakter Cryo yang akan mengakibatkan damage Melt tersebut. Gameplay dari komposisi tim ini akan berfokus kepada penggunaan Elemental Skill dan Burst yang terus menerus (Quickswap).

Sebagai baterai, Anda bisa memasukkan Aloy ke dalam tim yang Anda inginkan, seperti tim Eula, Ayaka, atau Ganyu. Karakter baterai Cryo terbaik saat ini dipegang oleh Diona, Jika Anda tidak memiliki Diona, atau mungkin membutuhkan baterai Cryo di kedua tim saat bermain Spiral Abyss, Aloy dapat mengisi role tersebut.

sumber: Genshin Impact

Tips

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

– Saat memakai Elemental Skill dan saat mengumpulkan stack, stack tidak akan hilang saat Aloy meninggalkan arena. Hal ini akan sangat memudahkan rotasi tim, karena tidak perlu khawatir stack yang hilang. Mekanik ini mirip dengan Elemental Burst milik Noelle.

– Stack Aloy memiliki internal cooldown selama 0,1 detik, oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengumpulkan serpihan bom menggunakan karakter seperti Kazuha, Jean, dan Sucrose, karena hanya akan dihitung satu stack saja.

– Predator, senjata Aloy untuk pemain PlayStation, tidak lebih baik, bila dibandingkan dengan senjata yang sudah ada. Selain base Attack-nya yang rendah, efek pasifnya juga memberikan bonus yang relatif kecil dan juga flat Attack. Anda bisa memakainya, apabila Anda tidak memiliki senjata lain.

sumber: Genshin Impact

Penutup

Walaupun didapatkan secara cuma-cuma, Aloy tidak bisa dianggap remeh. Ia dapat ditaruh di berbagai role. Karakter gratis lainnya seperti Xiangling dan Kaeya juga mampu memberikan performa yang baik, yang tidak kalah dengan karakter lain, bahkan mampu bersaing dengan karakter bintang 5 sekalipun.

Dengan masuknya Aloy ke Genshin Impact, hal ini dapat membuka pintu kolaborasi lainnya. Siapa tahu di masa yang akan datang, ada karakter-karakter ikonik dari game lain, seperti Kratos dari God of War, Wolf dari Sekiro: Shadows Die Twice atau mungkin Tifa Lockhart dari Final Fantasy.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV