Guide
for SEO
Guide

Build Kujou Sara Genshin Impact Terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

14 May 2022Daniel Hamiaz

"On my watch, Inazuma will always be defended, and the will of the Shogun will always be done!" - Kujou Sara.

Masih bingung dengan karakter ini? Jangan khawatir, inilah build Kujou Sara Genshin Impact terbaik.

Dirilis pada versi 2.1, Kujou Sara memiliki peran yang cukup unik di Genshin Impact. Ia merupakan karakter pertama yang didesain untuk melengkapi permainan dan kebutuhan sebuah karakter lain, baik secara gameplay maupun lore. Dalam kasus ini, karakter yang dimaksud adalah Raiden Shogun.

Dengan demikian, sebagus apakah Kujou Sara? Apakah ia hanya kuat bersama Raiden Shogun saja? atau apakah ia bisa digunakan dengan karakter lain?

Build Kujou Sara Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Kujou Sara

Kujou Sara adalah karakter B4 Electro dengan senjata bow. Ia digunakkan sebagai buffer dan Burst DPS. Ia memiliki kemampuan meningkatkan stat ATK sebuah karakter yang mendapatkan buff-nya.

Elemental Burst-nya memiliki multiplier yang tinggi, sehingga damage yang dihasilkan juga tidak dapat diabaikan. Selain damage, Burst Kujou Sara juga akan meninggalkan buff dan memberikan energi kepada anggota tim.

Benar bahwa Kujou Sara memiliki kemampuan unik namun hal itu diikuti dengan penggunaannya yang kurang praktis. Tetapi dengan pengetahuan yang tepat, pemakaian Kujou Sara bisa meningkatkan damage karakter secara signifikan, khususnya untuk karakter Electro seperti Raiden Shogun, Beidou, Yae Miko, Keqing, dll. Value Sara akan meningkat secara drastis saat Anda memiliki C6-nya.

Elemental Skill – Tengu Stormcall

Kujou Sara akan berpindah ke belakang saat skill ini diaktifkan. Setelah itu, serangan Charged Attack Kujou Sara selanjutnya akan meninggalkan Crowfeather di lokasi target.

Crowfeather yang tercipta ini akan meledak setelah beberapa saat. Jika terkena musuh, maka musuh akan menerima damage Electro, sedangkan jika terkena karakter aktif, maka karakter tersebut akan mendapatkan bonus ATK. Bonus ATK ini akan dihitung berdasarkan dari base ATK Kujou Sara.

Sebagai informasi, base ATK di Genshin Impact merupakan stat ATK yang dihitung berdasarkan ATK awal dari karakter dan senjata. Stat base ATK tertulis dengan warna putih, dan bonus ATK dengan warna hijau. Jadi, setiap efek yang akan meningkatkan ATK Kujou Sara tidak akan meningkatkan buff ATK-nya, melainkan hanya meningkatkan damage personal dari Kujou Sara saja.

Elemental Burst – Subjugation: Koukou Sendou

Saat dipakai, Kujou Sara akan memanggil sebuah ledakan listrik yang akan memberikan Electro damage yang besar. Setelah itu, akan ada sejumlah ledakan petir susulan yang akan memberikan Electro damage pula.

Jika karakter aktif berada di dekat petir susulan, maka karakter tersebut akan mendapatkan bonus ATK yang sama seperti buff dari Elemental Skill. Buff ini tidak dapat ditumpuk, namun durasinya bisa diperpanjang berdasarkan durasi buff terakhir.

Talenta Pasif 1: Immovable Will

Selama Kujou Sara berada pada status Crowfeather Cover (efek Elemental Skill yang mengakibatkan serangan Charged Attack selanjutnya meninggalkan buff) kecepatan membidik Kujou Sara akan meningkat drastis.

Talenta Pasif 2: Decorum

Saat Elemental Burst mengenai musuh, Kujou Sara akan memberikan 0,012 energi kepada satu anggota tim, untuk setiap 1% Energy Recharge yang ia miliki. Kemampuan ini hanya bisa terpicu setiap 3 detik sekali.

Talenta Pasif 3: Land Survey

Waktu yang dibutuhkan saat Kujou Sara dikirim untuk melakukan ekspedisi di daerah Inazuma berkurang sebanyak 25%.

Prioritas Talenta: Elemental Skill > Elemental Burst.

Konstelasi

Secara sederhana, konstelasi Kujou Sara dapat dijelaskan seperti berikut:

Konstelasi Penting: C2 & C6

C1: Saat Kujou Sara memberikan buff atau memberikan damage melalui skill, cooldown Elemental Burst-nya akan berkurang 1 detik. Efek ini dapat terpicu setiap 3 detik sekali.

C2: Saat Elemental Skill digunakan, Kujou Sara akan meninggalkan Crowfeather di lokasi sebelumnya. Crowfeather yang tercipta dari cara ini memiliki damage yang lebih kecil daripada Crowfeather normal.

Perlu diingat bahwa untuk Crowfeather dari C2 tidak akan mengeluarkan partikel Electro. Sehningga jika Anda memerlukan partikel ini, Anda masih perlu melakukan Charged Attack. Namun sebaliknya, jika Anda tidak membutuhkan partikel, maka konstelasi ini akan melewati proses Charged Attack yang merepotkan.

Konstelasi ini merupakan salah satu konstelasi yang penting, karena akan sangat menyederhanakan cara bermain Kujou Sara.

C3: Elemental Burst bertambah 3 level.

C4: Jumlah petir susulan dari Elemental Burst akan bertambah sebanyak 6 petir.

C5: Elemental Skill bertambah 3 level.

C6: Electro damage yang dihasilkan oleh sebuah karakter yang mendapatkan buff Kujou Sara, akan mendapatkan tambahan Crit DMG sebanyak 60%.

Konstelasi inilah yang meningkatkan derajat Kujou Sara sebagai buffer Electro yang kuat. Sebagai gambaran, buff yang diberikan hampir setara dengan sebuah Circlet dengan level maksimum.

Artefak

Sebagai buffer, artefak yang paling tepat adalah 4 Noblesse Oblige. Artefak ini akan memberikan tambahan bonus ATK, serta tambahan damage Elemental Burst-nya.

Apabila terdapat karakter lain yang telah memakai 4 Noblesse Oblige, maka Anda bisa memakai 4 Emblem of Severed Fate. Artefak ini akan memberikan 20% Energy Recharge dan juga meningkatkan Elemental Burst Kujou Sara berdasarkan Energy Recharge-nya.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan antara 2 Noblesse Oblige, 2 Emblem of Severed Fate, atau 2 Gladiator’s Finale/Shimenawa Reminiscence.

Main stat yang dicari:

  • Sands: Energy Recharge% / ATK% (Jika kebutuhan ER telah tercukupi).
  • Goblet: Electro DMG Bonus%
  • Circlet: Crit rate/DMG%.

Anjuran Energy Recharge: 180-200%.

Prioritas sub stat:  Energy Recharge% > Crit Rate/DMG% > ATK% > flat ATK.

Senjata

Untuk bagian senjata akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Karena buff-nya yang berasal dari base ATK, Kujou Sara menginginkan sebuah senjata dengan base ATK yang tinggi. Dengan demikian, Anda tingal menggunakan bow dengan base ATK tertinggi yang Anda miliki.

Rekomendasi bow terbaik untuk Sara adalah Skyward Harp. Selain base ATK tinggi, senjata ini juga memberikan stat Crit Rate dan Crit DMG, sehingga stat yang Anda dapatkan cukup seimbang melalui senjata ini.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan Elegy for the End, Mouun’s Moon, Alley Hunter, atau The Viridescent Hunt dari Battlepass. Elegy for the End cocok untuk Sara karena memiliki base ATK yang tinggi, substat Energy Recharge yang berguna, serta efek pasif yang bagus untuk anggota satu tim.

Mouun’s Moon dan Alley Hunter sama-sama memiliki base ATK yang tinggi untuk ukuran senjata B4, serta efek pasif yang akan meningkatkan damage personal Kujou Sara. The Viridescent Hunt merupakan senjata yang lumayan oke, karena memiliki stat Crit Rate, walaupun dengan efek pasif yang sulit dimanfaatkan Sara.

Untuk pilihan senjata F2P, Anda bisa menggunakan antara Sacrificial Bow, The Stringless, Prototype Crescent, Windblume Ode, dan Favonius Warbow.

Secara base ATK, Sacrificial Bow lah pemenangnya. Khusus untuk Favonius Warbow, Anda perlu memberikan perhatian lebih tinggi untuk stat Crit Rate Kujou Sara untuk mengakses efek pasif senjata ini. Prototype Crescent dapat Anda gunakan sebagai senjata sementara, jika Anda tidak memiliki senjata yang telah disebutkan.

Komposisi Tim

Sebagai buffer, sebenarnya Kujou Sara bisa ditempatkan di tim apa saja. Hanya saja perlu diperhatikan, bahwa durasi buff Sara cukup pendek. Kekurangan ini tidak akan berlaku bagi karakter yang memiliki skill yang bersifat Snapshot.

Dirilis secara bersamaan pada versi 2.1, dapat dikatakan bahwa Kujou Sara merupakan pelengkap dari Raiden Shogun. Komposisi tim Raiden Hypercarry merupakan tim yang berfokus untuk menumpuk buff sebanyak-banyaknya untuk Raiden Shogun, yang akan menghasilkan damage Burst yang setinggi-tingginya dalam tebasan Raiden.

Kujou Sara sebenarnya bisa dimainkan dalam tim Taser bersama Childe dan Beidou. Hanya saja karena cara bermainnya yang berkelit-kelit, tim ini memerlukan sedikit penyesuaian rotasi, dibandingkan dengan komposisi tim Taser pada umumnya. Contoh rotasi tim ini dapat Anda tonton pada video di bawah ini:

Jika Anda memiliki C6 Kujou Sara, Anda dapat memanfaatkan konstelasi tersebut dengan tim Mono Electro. Tim ini akan memaksimalkan buff Sara, karena isi tim ini mengandung banyak karakter Electro.

Idealnya, komposisi tim ini memiliki 3 karakter Electro, dan 1 karakter Anemo. Jika Anda membutuhkan healer, Anda bisa menggunakan Jean atau Sayu. Jika tidak, Anda bisa menggunakan Kazuha atau Sucrose. Perlu diingat bahwa Beidou dan Raiden Shogun jangan digabungkan, karena Burst keduanya tidak akan berjalan di saat yang bersamaan.

Tips Kujou Sara Genshin Impact

sumber: Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

1.Walaupun durasi buff-nya pendek, namun durasi meletakkan Crowfeather dari Charged Attack memiliki durasi yang sangat panjang. Dengan begitu, Anda tidak perlu tergesa-gesa menembakkan Crowfeather tersebut.

2.Elemental Skill Kujou Sara memiliki mekanik yang jarang dimiliki oleh karakter lain. Ia akan berpindah tempat ke belakang saat Elemental Skill-nya diaktifkan. Anda bisa memanfaatkannya pergerakan ini saat menghadapi musuh dan kondisi tertentu, seperti perangkap dari Mirror Maiden, atau Ice Cage dari Ley Line Disorder.

Penutup

sumber: Genshin Impact

Sebagai jendral dari Raiden Shogun, Kujou Sara bisa dikatakan sebagai sebuah karaket yang didesain khusus untuk Archon Electro ini. Cara pemberian buff yang memiliki delay tersebut sangatlah pas, jika disandingkan dengan animasi dan durasi Elemental Burst Raiden Ei.

Walaupun demikian, buff yang diberikan Kujou Sara sebenarnya sangatlah kuat, namun terkunci pada konstelasi dan cara bermain yang aneh, menjadikannya sebagai alternatif Bennet yang niche.

Play video

26 May 2022

#shorts Redmi Note 11 Pro

Sekilas tentang smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro.

Others from #HybridTV